MEMAHAMI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARAKTER MANUSIA:

Manusia diciptakan dengan berbagai kelebihan sekaligus kekurangan dengan tujuan untuk saling melengkapi. Secara umum, Taylor Hartman membagi manusia menjadi empat macam karakter.
Yaitu :
Presentation1

(1) Karakter yang didorong oleh kekuasaan (api)
MERAH SI PENGGUNA KEKUASAAN:
Merah dan Biru menghabiskan hidup mereka
berusaha mengendalikan orang lain
Putih dan Kuning menghabiskan hidup mereka
menolak untuk dikendalikan

kepribadian manusia MERAH;
Madonna, berkepribadian merah. Yang saya bayangkan hanya Madonna memakai baju seksi, apalagi berwarna merah…bbbrrrrrr…!!

VISIONARIS;
Saya akan dengan senang hati mengikuti seorang merah yang sehat ke ujung bumi. Mereka sekalu memandang ke masa depan dan menyusun kepingan-kepingan teka-teki di pikiran mereka. Orang sering menuduh kepribadian merah hanya bertindak tanpa berpikir panjang. Kenyataanya, yang benar justru sebaliknya! Merah benci kegagalan. Karenanya, mereka selalu bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana kalau aku gagal ?” Merah secara naluriah mengembangkan rencana alternatif. Mereka berpikir dalam hati, “Sekarang, kalau rencana awal gagal, aku akan melakukan ini atau bahkan itu. “ Merah melihat jauh ke depan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membawa mereka ke sana dengan berhasil. Ketika orang lain berhenti karena takut, kepribadian ini mengimbangi ketakutan mereka dengan alternatif-alternatif rasional dan melakukan apa yang harus dilakukan.

AGRESIF;
Merah sangat berkomitmen pada tujuan, dan menemukan diri mereka bertekad untuk menyelesaikan apa pun yang disodorkan kehidupan di hadapan mereka. Tipe kepribadian ini mencari aksi dan hasil. Mereka haus akan produktivitas, mereka mengukur keberhasilan mereka melalui berapa banyak yang mereka capai. Singkatnya, Merah membuat sesuatu terselesaikan.

Seperti bisa diduga, tidak banyak orang yang ingin berkonfrontasi dengan mereka. Kekuatan ini memberi mereka status paling ditakuti dari semua kepribadian. Mereka adalah “Raja Rimba.” Ketika orang mencari nasihat dan petunjuk, mereka menemukan merah sangat membantu. Kepribadian ini bisa merasakan apa yang benar, dan seringkali mengungkapkan diri dalam cara yang sukar ditentang kebanyakan orang secara logis.

Orang yang berkepribadian merah tidak takut bahaya dan berani bertindak. Mungkin kata “tidak mau kalah” cocok dikenakan kepada mereka. Merah secara alami dianugerahi keunggulan argumen verbal. Kemampuan menyampaikan pikirannya melalui kata – kata yang logis dan sederhana membuat orang lain tidak mampu mendebatnya. Dan bagi merah sendiri, mereka sangat nyaman dengan gaya ekspresi verbal yang “to the point” ini.

Sekali merah menentukan target, ia akan mengejar yang mereka inginkan. Entah itu melalui cara sehat atau tidak sehat.

Dalam kepemimpinan, merah suka memerintah. Mereka sering mengharapkan bawahan mengingat tempat mereka dalam susunan hirarki dan memberi respons sesuai dengan hal itu. Seringkali sulit bekerja atau hidup bersama mereka. Jika mereka ditentang, mereka seringkali menjadi agresif, karena sifat alamiah mereka yang mengintimidasi dan arogan. Entah mereka berada dalam posisi pemimpin atau pengikut, merah cenderung menyatakan pendapatnya dengan agresif pada siapa saja yang merintangi jalan mereka. Mereka tidak malu diketahui umum memiliki sikap yang penuh tuntutan, malahan mereka mengharapkan semua orang tau siapa di sini yang “memegang kendali.”

PRODUKTIF;
Jika anda memerlukan agen, ketua penggalangan dana, atau kepala cabang, carilah tipe kepribadian merah ini. Tidak seorangpun seproduktif mereka, langsung ke inti masalah dan bergerak. Jika sudah memegang teguh sebuah konsep, merah tidak memiliki tandingan. Mereka sukar diyakinkan, tetapi sama sukarnya untuk ditahan begitu mereka merasa yakin.

Secara alami, kepribadian merah ini memiliki banyak akal. Bagi mereka, hidup adalah aksi. Tidak ada situasi yang menaklukan mereka sampai mereka kehabisan semua kemungkinan pemecahan. Merah tidak mudah menyerah. Mereka jarang terancam atau digentarkan rintangan kehidupan. Mereka memiliki rasa kompetitif yang besar, dan lawan mereka (entah itu gempa bumi atau ibu mertua)… He he he . . . Edan Tenan,,, tidak akan memperoleh kemenangan mudah.

Merah seringkali lihai dan manipulatif agar dapat mengendalikan orang-orang lain dan mendapatkan hasil. Merah tidak dengan santai melayangkan hidup mereka ke udara dan mengharapkan angin bertiup ke arah yang membantu. Mereka menciptakan angin mereka sendiri dan mencoba memaksa kehidupan berhembus ke arah mereka.

DINGIN (SECARA EMOSI);
Dengan tunduk pada logika mereka, jenis kepribadian merah menolak untuk mengakui kerapuhan emosional. Saat masih muda, ketika mereka masih sedikit banyak peka pada emosi, perasaan mereka terlihat lebih jelas. Sayangnya, seiring dengan bertambahnya umur dan meningkatnya ketrampilan dalam logika, mereka biasanya dengan mahir menyembunyikan emosi mereka dari orang lain. Lambat laun, merah kehilangan prespektif yang akurat dan benar-benar percaya mereka tidak memerlukan emosi. Merah tidak peduli dengan rasa bersalah atau belas kasihan pada orang lain. Yang mereka tahu, ada aksi ada reaksi, ada kerja ada hasil. Mereka memastikan bahwa setiap keberhasilan yang mereka capai harus dinikmati bersama – sama. Demikian pula dengan ketidak-nyamanan yang mereka dapatkan, harus ditanggung bersama-sama dengan mereka.

Seringkali, kepribadian merah menampilkan diri mereka dalam sikap yang menjaga jarak dan dingin. Seorang ibu telah berjanji untuk mengajak putri remaja merahnya ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas sekolah. Tepat sebelum mereka berangkat, ayah dan ibunya terlibat dalam pertengkaran hebat, dan ayahnya mengancam akan menceraikan sang ibu. Remaja itu menyaksikan seluruh keributan sepanjang satu jam tersebut. Ibunya yang sangat hancur dah menangis tersedu-sedu, dan si anak dengan datar bertanya, “Bu, apakah kita masih bisa ke perpustakaan sebelum tutup malam ini ?”

Hanya merah yang bisa begitu tidak peka pada perasaan orang lain! Sifat ini mungkin bisa menjelaskan mengapa jenis kepribadian ini sering lebih berhasil dalam mengembangkan dan memajukan ide, acara, dan usaha bisnis daripada kepribadian lainnya.

(BEBERAPA TOKOH YANG “MUNGKIN” MERAH)
HILLARY CLINTON, gigih dan percaya pada kemampuannya sendiri, secara publik ia mengabaikan dugaan perselingkuhan suaminya yang berkelanjutan. Motonya adalah, “Bawa saja aku ke gedung putih, Bill, di mana aku bisa melakukan sesuatu yang bermakna, nanti baru kita bicara.”

BILLY GRAHAM, ketika pertama kali pergi ke Rusia untuk berkhotbah tentang Tuhan, seorang mengingatkan bahwa mereka semua Komunis (dan karenanya ateis) di sana. Mendengar ini, ia berdiri tegak dan berkata, “Tidak lagi setelah aku selesai, mereka tidak akan demikian, “ dan dengan percaya diri menyampaikan pesan kekristenannya.

MADONNA, apa lagi yang belum kita lihat? Namun ia terus mempromosikan diri dengan gairah yang tidak dapat diabaikan.

(2) Karakter yang didorong oleh kebajikan (tanah)
KEPRIBADIAN MANUSIA, BIRU SI PELAKU KEBAJIKAN:
Hal buruk apa yang pernah dilakukan guru TK kepada anda ?
Merah tidak ingat, mereka sudah membereskan sang guru dengan mengoleskan lem di kursi mereka,
Kuning mengganggapnya lucu dan menikmati hal itu sebagai permainan,
Putih tidak yakin apakah mereka pernah masuk taman kanak-kanak, jadi apa yang harus diingat.
Dan Biru selalu ingat sampai sedetail-detailnya!

Putri Diana, kemungkinan mempunyai kepribadian biru,
sama seperti saya! He…he…he….(bangga neh!) Edan Tenan…

TEMAN YANG SETIA;
Tidak ada nilai hidup yang lebih mulia dari kesetiaan. Kesetiaan seseorang adalah anugerah hidup yang sangat bernilai bagi yang mendapatkannya. Mereka yang berwarna Biru ditakdirkan untuk sepenuhnya setia pada orang. Biru tetap setia dalam susah dan senang. Karena kesediaan mereka untuk komit dalam hubungan, biru menjalin persahabatan mendalam yang seringkali berlangsung seumur hidup. Bagi mereka, kehidupan adalah komitmen, dan berkomitmen pada hubungan adalah kekuatan mereka yang terbesar. Mereka senang bersama orang lain, dan dengan sukarela mengorbankan diri mereka demi suatu hubungan yang akrab. Mereka lebiih memikirkan orang lain daripada diri mereka sendiri.

Tetapi, hati – hati dengan pribadi yang satu ini. Mereka SULIT MEMAAFKAN DAN MELUPAKAN. Sangat ironi karena Biru memberi lebih dari warna manapun, tetapi paling sedikit memaafkan. Hal itu karena ingatan mereka yang luar biasa dan cara pandang mereka terhadap kehidupan. Biru memandang dunia melalui mata emosional yang positif. Mereka sangat peduli pada unsur-unsur kehidupan yang menyentuh hati mereka. Mereka memikirkan apa artinya dicinati, mereka merasakan apa yang dialami oleh temannya, mereka menempatkan diri mereka di posisi lawan bicara mereka, dan mereka sangat tulus! Beberapa kesalahan kecil yang pernah anda lakukan kepadanya tidak akan menjadi masalah. Namun akan menjadi DENDAM SEUMUR HIDUP bila tindakan anda melukai perasaanya.

Saya seorang Biru, dan memang benar ada satu orang dalam hidup saya yang tidak dapat saya lupakan. Saya belajar untuk memaafkan dan masih belum berhasil. Saya akan berusaha untuk membuang muka jika bertemu dengannya (^-^’). Saya tahu hal ini tidak baik, tetapi seringkali emosi saya menguasai rasio saya. Yah, inilah salah satu kelemahan saya sebagai manusia. Saya bisa melupakan segala hal yang pernah dia lakukan kepada saya…hahaha…sekedar melupakan bos, bukan memaafkan. Lupa dan maaf adalah hal yang berbeda. Tolong jangan disamakan (niih…keluar birunya!)… He he he . . . Edan Tenan

PERFEKSIONIS;
Biru sangat kritis pada diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka memiliki harapan yang tidak realistis sampai mereka tidak pernah bisa mermuaskan diri mereka atau mengharapkan orang lain memenuhi standar kesempurnaan ini. Mereka benar-benar ingin hal-hal dikerjakan dengan benar. Hanya saja, kata “benar” itu didefinisikan sebagai “dilakukan sesuai dengan cara mereka.”

Sifat perfeksionis mereka muncul karena kedisiplinan mereka. Biru mempunyai slogan “Jika sebuah pekerjaan pantas dilakukan, itu harus dilakukan dengan baik.” Sifat disiplin ini merupakan bakat lahiriah mereka, padahal warna lainnya berusaha sekuat tenaga untuk mendisiplinkan diri mereka. Biru sangat mudah ditebak karena sifat mereka yang teratur ini. Mereka adalah seorang teman yang selalu dapat diandalkan.

Biru memiliki etos kerja yang kuat, dan seringkali menemukan hidup mereka dipenuhi dengan “tanggung jawab penting” yang hanya menyiksakan sedikit waktu untuk bermain spontan. Bermain dilihat dari kacamatanya sebagai hal yang tidak berguna dan tidak produktif (hikz…hikz…mengapa aku juga selalu berpikir seperti ini!)

Biru sangat peduli tentang kualitas dalam hidup mereka. Mereka memiliki barang-barang terbaik di kelasnya. Terbaik bagi biru tidak berarti termahal ataupun terbaru. Terbaik adalah sesuai dengan kebutuhannya, dan kebutuhan biru selalu dilandasi oleh sifat perfeksionis.

EMOSIONAL;
Tanda jelas dari seorang biru adalah ayunan suasana hati mereka. Mereka tidak pernah bangun tidur bahagia atau sedih. Mereka harus memikirkannya dulu. Jika mereka bahagia atau sedih pada harii itu, itu karena mereka memilih untuk demikian. Tampaknya mereka tidak bisa begitu saja menerima emosi tanpa menerima tanggung jawab penuh untuk memilihnya.

Biru adalah individu yang sangat rumit dengan banyak ekstrim. Mereka memiliki kekuatan yang begitu hebat dan keterbatasan yang begitu melumpuhkan. Mereka sensitif, tegang, penuh perhatian, kritis, suka memberi dan sukar memaafkan sekaligus. Fokus mereka lebih pada hubungan emosional daripada rasional. Kerumitan kepribadian biru membuat para biru sama frustasinya seperti kepribadian lain yang berinteraksi dengan mereka. Mungkin ini menjelaskan mengapa biru begitu kritis pada diri mereka sendiri selain pada orang lain.

Depresi seringkali dialami Biru. Membiarkan hati mereka mengatur pikiran mereka, mereka seringkali berpikir dan berperilaku tidak rasional. Mungkin emosi mereka yang tidak terkendali adalah kelemahan terbesarnya. Bagi pribadi ini, hidup adalah pedang bermata dua (secara emosional). Mereka seorang pemberi dan sensitif, mereka juga seorang yang dapat sulit memaafkan. Terkadang, mereka dapat menjadi sangat sensitif sampai berhenti memberi sama sekali.

Biru hidup untuk perasaan yang kuat. Mereka ingin merasakan hidup, bukan sekedar eksis. Biru perlu terlibat dalam aktivitas yang mempunyai arti. Mereka biasanya memandang keluarga dan teman-teman sebagai hal terpenting.

Para biru seringkali paling dikagumi diantara semua kepribadian. Mereka mewakli begitu banyak sifat-sifat baik yang kita junjung tinggi, seperti kejujuran, empati, pengorbanan diri, kesetiaan, dan ketulusan. Mereka mirip obor kebajikan dan kebenaran yang menyala. Mereka berpendirian sangat teguh dan pesaing yang tangguh untuk dihadapi kepribadian manapun, karena pada intinya mereka mendasarkansemua pendapat pada emosi dan prisip moral. Sekalipun biru seorang yang logis, mereka terkadang lebih merespon permohonan emosional.

Biru merasa puas ketika mereka didengarkan, ketika mereka merasa dipahami dan dihargai. Mereka terkenal suka mengungkapkan kekurangan mereka, karena mereka menganggap dikenal dan dipahami sangatlah bernilai. Di mata seorang biru, membiarkan diri terbuka adalah harga yang ringan demi kesempatan berhubungan secara emosional. Biru mungkin lebih sering patah hati dibandingkan kebanyakan orang, tetapi mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencintai.

Walah…..emang bener nih. Si biru dikuasai oleh emosi. Panjang banget uraian mengenai kategori EMOSIONAL iki. Weleh..weleh….(harap maklum karena si penulis juga berkepribadian biru!) Jadinya semangat menjelaskannya…. He he he . . . Edan Tenan.

PENUH KEBIMBANGAN;
Biru memiliki kepribadian yang kuat. Mereka mempunyai nilai-nilai dan sistem kepercayaan yang kuat. Namun mereka dikoyak oleh raa bersalah, harapan-harapan yang tidak realistis yang disebabkan sikap perfeksionis mereka. Dan Skeptisisme! Mereka seringkali terperangkap antara ingin terlibat dan mencemaskan kemampuan mereka untuk berhasil.

Biru mencemaskan segala sesuatu. Semua kekhawatiran berlebihan ini membuatnya tidak dapat menangani terlalu banyak peristiwa dalam satu hari. Khawatir dan rasa bersalah secara umum menandai perjalanan hidup biru. Mereka bisa merasa bersalah hampir dalam segala hal. Mereka sering gagal melihat bahwa motif sejati mereka dalam banyak keadaan didasarkan oleh rasa bersalah. Untuk kesalahan-kesalahan yang mereka kira telah lakukan, Biru sepertinya mau menyiksa diri selamanya.

Biru biasanya skeptis terhadap bakat kreatif mereka sendiri. Mereka begitu perfeksionis sampai seringkali menyembunyikan keterampilan dan kemampuan mereka, karena mereka takut tidak cukup baik. Ini sangat disayangkan, karena biru sangat berbakat dan mungkin paling kreatif di antara semua warna. Namun, biru sangat tidak percaya diri, dan sering takut pada kemungkinan ditolak jika mereka memperlihatkan bakan dan kreatifitas mereka yang mengagumkan.

BEBERAPA TOKOH YANG “MUNGKIN” BIRU;
ABRAHAM LINCOLN, terkenal karena ciri khasnya dalam keadilan. Jika mungkin, ia selalu memilih jalan paling mulia yang akan menguntungkan semua pihak. Ia menjunjung kebenaran sebagai prinsip penuntun dalam hubungan pribadi dan profesionalnya

PUTRI DIANA, selalu berpakaian pantas, ia membawa dirinya dengan anggun dan berkelas. Emosi mengatur hidupnya, dan ia membiarkan dirinya terlihat rapuh di depan umum, selalu memperoleh simpati dan dukungan bagi dirinya dan tujuan-tujuannya.

WALT DISNEY, seorang jenius kreatif, ia lebih menyukai proses daripada hasil akhir dan sangat menikmati rancangan dan detail.

WAPANNURI, bukan siapa-siapa, tidak terkenal, dan belum mempunyai prestasi yang layak dibanggakan. Taaapi……penulis website iki !!! Dikenal sebagai seorang yang lucu, setia, pinter, dan panjang sabar. Berbahagialah mereka menjadi istrinya !

(3) Karakter yang didorong oleh kedamaian (air)
PUTIH SI PENJAGA KEDAMAIAN:
Putih paling lengkap mewakili pembawa kedamaian,
mereka dengan tulus percaya akan nilai diplomasi,
dan dengan rajin mencari-cari cara untuk mendorong kerja sama,
berapapun harganya ! Albert Einstein, pemikir terkenal JADUL yang suka menyendiri.

DIMOTIVASI OLEH KEDAMAIAN;
Putih hampir melakukan apa saja untuk menghindari konfrontasi. Mereka senang mengalir dalam kehidupan tanpa gangguan atau ketidak nyamanan. Merasa nyaman bahkan lebih penting bagi mereka daripada menjadi baik. Semua orang akan mendapatkan manfaat mengenal seorang putih secara akrab. Kepribadian ini memberi kita semua teladan martabat manusia yang lemah lembut. Tanpa ribut-ribut mereka menjalani hidup dengan gaya yang santai dan tenang. Putih menghargai sifat kerja sama umat manusia, dan terus berusaha mencapai kehidupan bersama yang damai di antara semua makhluk hidup.

MEMBUTUHKAN KEBAIKAN;
Kendati putih memberi respon yang indah pada perhatian dan keramahan, diam-diam mereka memiliki kepala batu yang muncul ke permukaan jika mereka diperlakukan tidak baik. Mereka benci ditegur. Mereka tidak suka kata-kata kasar. Mereka langsung membuka diri pada orang-orang yang bersifat baik, tetapi putih menjauhkan diri dari mereka yang sikapnya bermusuhan. Mereka dimotivasi oleh kebaikan dan tidak memahami mengapa orang lain tidak bersikap baik

Mudah dipahami bahwa putih mampu menjadi sahabat terbaik bagi semua kepribadian. Bagi mereka, menerima orang lain cukup mudah. Mereka memiliki harapan yang sangat toleran pada orang lain, sampai orang senang berada bersama mereka dan menginginkan hbuungan dengan mereka yang tidak suka menghakimi. Putih senang melakukan hampir apa saja dengan siapa saja, kapan saja. Mereka dapat menikmati beragam tipe orang dan pengalaman, dan akibatnya sering menemukan diri mereka dalam hubungan atau situasi kehidupan yang tidak biasa.

LEBIH SUKA KEKUATAN DIAM;
Putih menikmati kemandirian yang tenang. Apa yang tampak bagi beberapa orang sebagai tekad diam-diam bisa memunculkan diri dalam bentuk keras kepala. Mereka yang salah menafsirkan sifat alamiah pencinta damai putih sebagai undangan untuk menuntut atau main perintah akan segera berhadapan dengan tembok perlawanan pasif. Putih jauh lebih tangguh daripada yang dikira orang.

Tipe kepribadian ini menyukai aksi diam karena mereka tidak nyaman dengan konfrontasi. Sangat sukar untuk hidup dengan orang yang diam-diam memendam kejengkelan pada perilaku anda. Putih tampaknya memanfaatkan rasa ingin tahu alamiah orang lain dengan menolak membicarakan perasaan mereka secara terbuka, dan memaksa kepribadian lain berjuang keras untuk memahami mereka.

TIDAK SUKA MENONJOLKAN DIRI;
Putih senang ditanyai pendapatnya. Mereka tidak akan mengajukan pendapat tanpa diminta. Mereka menghargai rasa hormat dari orang lain, tetapi mereka jarang bersusah payah untuk mencarinya. Mereka perlu dibujuk untuk membicarakan tentang keterampilan, hobi, dan minat mereka.

Putih jarang mencari posisi kepemimpinan. Mereka tidak nyaman mengambil keputusan yang bisa salah, dan menghindari tanggun jawab yang menuntut pengambilan keputusan. Mereka lebih nyaman sebagai pengikut atau dalam peran yang kurang terlibat, menyerahkan pengambilan keputusan kelompok pada orang lain. Putih lebih suka menerima saja keputusan orang lain daripada menegaskan pendirian mereka dengan pendapat sendiri.

MANDIRI;
Tidak seperti merah dan biru yang ingin mengendalikan orang lain. Putih hanya berusaha menghindari dikendalikan. Pendeknya mereka menolak ditindas siapa pun, terutama kalau diperlakukan tanpa rasa hormat yang mereka anggap pantas mereka terima. Putih ingin melakukan hal-hal sesuai caranya sendiri, pada waktunya sendiri. Mreka tidak meminta banyak pada orang lain, dan kesal kalau orang lain menuntut ini itu pada mereka. Mereka sering mengikuti tuntutan yang tidak masuk akal – sekedar untuk menjaga kedamaian. Mereka akan mengungkapkan kemarahan dan frustasi mereka hanya ketika tidak tahan lagi diperintah – perintah. Putih tidak suka didorong-dorong, dan mereka bisa mengerikan apabila akhirnya “meledak.” He he he . . . Edan Tenan.

DIMOTIVASI OLEH KEINGINAN ORANG LAIN;
Putih terbuka pada rekomendasi orang lain tentang cara-cara memecahkan setiap dan segala masalah . Bos putih menghargai ide-ide manajemen yang baru dari bawahan. Anak-anak putih menyambut bantuan – mereka siswa yang reseptif. Putih menjadi teman kencan yang menyenangkan. Mereka tertarik untuk mamastikan orang lain merasa senang, dan bersedia melakukan apa saja yang diinginkan orang lain. Namun puith menginginkan saran – bukan tuntutan.

Di sisi lainnya, jenis kepribadian ini sangat pasif. Mereka bisa mengikuti anda sepanjang hidup tanpa mengambil peran kepemimpinan sendiri. Mereka menjadikan orang lain sebagai inti keberadaan mereka, dan gagal mengembangkan tujuan dan arah hidup sendiri. Alasan yang membuat kepribadian ini menjadi pengikut adalah karena sifat ragu-ragu mereka. Putih sangat meragukan diri mereka sampai mereka selalu menuntut bukti penerimaan. Harganya bisa mahal ketika seseorang mencoba menerima, melindungi, dan menyelamatkan putih yang tergantung. Semakin lama anda memegang, semakin berat ia jadinya. Namun ia merasa lebih aman dalam genggaman anda, daripada mempercayai dirinya sendiri.

KETERBATASAN PUTIH;
Kepribadian ini seringkali tampak membosankan dan tidak mau terlibat. Mereka seringkali enggan menentukan tujuan. Mereka sering menolak membayar harga keterlibatan, karena mereka mungkin takut pada akibat tidak terelakkan berupa konfrontasi atau penolakan. Rasa takut ini mencegah mereka mengalami keintiman. Kesulitan mereka dalam memutuskan juga membatasi prestasi mereka. Untuk merasa aman, tipe kepribadian ini sangat memperhatikan kebutuhan orang lain dan berusaha dengan segala cara untuk menyenangkan orang-orang yang mereka jumpai dalam kehidupan. Mereka enggan mengungkapkan diri, lebih suka membiarkan orang lain percaya sekehendak mereka. Sementara itu, putih menjalani kehidupan sesuai keinginan mereka, menghindari konflik dan konfrontasi. Putih menerima apa saja yang terjadi pada mereka dengan diam. Apa yang tidak mereka hargai, belakangan dengan keras kepala mereka singkirkan. Mereka sering tidak mengijinkan pengalaman bagus yang menuntut usaha beresiko, kepemimpinan, dan eskpresi jujur memasuki kehidupan mereka.

KEKUATAN PUTIH;
Tipe keprbadian
AE lagi melet ! ^-^’ He he he . . . Edan Tenan.
Di sisi positifnya, putih adalah orang-orang yang puas. Mereka merasa cukup dan mau menyenangkan orang lain, para individu yang dengan mudah menerima orang lain sepanjang hidup. Mereka melengkapi setiap kepribadian terlepas dari perbedaan gaya. Sifat mereka yang lemah lembut dan diplomatis membuat mereka memiliki banyak sahabat setia. Kecenderungan mereka yang mau menyenangkan orang lain dan pendamai membuat mereka menjadi aset banyak keluarga, persahabatan, atau bisnis yang cukup beruntun untuk memiliki mereka.

Kepribadian putih secara umum merupakan orang-orang moderat tanpa ekstrim-ekstrim kepribadian lain. Seperti air yang mereka wakili, mereka mengalir melewati dan mengelilingi kesulitan-kesulitan hidup, bukannya menuntu agar rintangan di depan mereka dipindahkan. Kepemimpinan mereka kokoh dan adil. Mereka mentolerir perbedaan dan mendorong kerjasama dengan semua anggota tim. Bunglon adalah maskot mereka dan mencermikan kemampuan mereka untuk beradaptasi dan membaur dengan siapa saja. Mereka menikmati kekuatan keseimbangan yang mengagumkan. Mereka bersikap terbuka pada setiap kepribadian dan dengan sukarela belajar dari mereka semua. Putih adalah yang paling efekti dalam menempatkan krisis kehidupan dalam perspektif yang pantas. Puas dan tenang, mereka tidak meminta banyak dari kehidupan. Mereka seringkali menikmati perlindungan dari kepribadian yang lebih kuat. Karena sabar dan teleran, mereka dapat memberi banyak. Dan mereka memang memberi, dengan persetujuannya yang lemah lembut kepada orang – orang yang cukup beruntung untuk menerima rangkulan penerimaan mereka.

TOKOH – TOKOH YANG “MUNGKIN” PUTIH;
ALBERT EINSTEIN, jenius dan pengamat yang luar biasa, ia membiarkan pikirannya berbicara. Secara pribadi ia tidak suka bergaul, ia merasa paling nyaman dalam dunia ide dan pertukaran intelektual. Ia lebih suka melakukan riset atas teori-teorinya yang luara biasa secara diam-diam di belakang layar daripada mengumumkan nilai pentingnya pada umum.

MICHAEL JACKSON, memiliki banyak bakat secara profesional, namun secar pribadi pemalu dan lebih suka menjauhkan diri, ia mendengar dengan baik tetapi sangat jarang menyampaikan pendapat secara verbal. Lebih menyukai ketenangan dan hubungan pribadi yang terbatas.

JIMMY CARTER, lebih dikenal sebagai diplomat dunia daripada sebagai kekuatan politik yang canggih, ia memperlihatkan kebaikan dan martabat yang tenang. Ia tidak pernah menunjukkan semangat memuji diri sendiri, tetapi memilih melangkah perlahan-lahan dan membawa tongkat besar.

(4) Karakter yand didorong oleh kesenangan (udara)
KUNING SI PECINTA KESENANGAN:
Kuning menggangap kehidupan adalah pesta,
Dan mereka tuan rumahnya.
Macam Kepribadian.
Bill Clinton, siapa yang tidak kepincut dengan senyum manisnya ?
MENILAI TINGGI BERMAIN DAN BERGEMBIRA;
Kuning pada umumnya menikmati hidup tidak peduli apa yang mereka lakukan. Bahkan ketika bekerja keras, kepribadian ini tampak sedang bersenang-senang. Hidup mereka dijalani dengan kepercayaan bahwa yang terbaik ada di depan sana. Mereka memiliki gairah hidup yang menular karena ia mengira tujuan utama semua orang hidup adalah bersenang-senang. Ia juga menganggap kebanyakan orang mengalami hidup sebebas dan senyaman dirinya.

Tidak ada kepribadian yang bermain seperti kuning. Mereka begitu spontan sampai mereka siap untuk kesempatan menyenangkan apa pun yang mereka jumpai. Tipe kepribadian ini tahu bagaimana membuat kehidupan menjadi lebih nikmat dan membawa teman – teman mereka hanyut dalam kegembiraan.

Kuning menyukai kejutan. Mereka senang merayakan segala hal yang terbayangkan. Mereka memandang hari raya dan saat-saat istimewa menyegarkan, dan kecuali mereka kelupaan (yang menjadi sifat khas mereka), mereka akan memanfaatkan setiap kesempatan sebaik mungkin untuk bersenang – senang.

TIDAK BERTANGGUNJAWAB;
Kuning paling sukar menerima tanggungjawab bagi diri mereka sendiri. Entah bagaimana mereka benar-benar percaya bahwa adalah tanggungjawab orang lain untuk mengurus mereka. Tidak jadi masalah siapa – pokoknya ORANG LAIN! Sifat mereka yang pemberontak bisa lucu ketika mereka masih kecil, tetapi masyarakat tidak punya banyak toleransi pada orang dewasa yang seenaknya meninggalkan tanggung jawab mereka. Mungkin tidak ada yang lebih tragis daripada kuning berumur 30an tanpa karakter. Wajah mereka menyandang garis-garis terbakar matahari sepanjang tahun. Harta milik mereka seringkali minimal, karena mereka tidak pernah memusingkan diri dengan mengurusi harta milik dengan baik. Mereka tidak memilik banyak sahabat dekat. Kuning seringkali memilih jalan yang mudah, yaitu melintasi tanah lunak yang langsung melesak di bawah kekosongan dan ketergantungan kehidupan kuning yang memberatkan.

Sifat mereka yang tidak bertanggungjawab dan ketidakmampuan untuk komit seringkali membuat usaha menjinakkan kuning seperti impian mustahil. Mereka biasanya sangat karismatsi sampai orang lain gagal melihat keterbatasn mereka. Baru setelah jangka waktu tertentu, orang melihat kuning seperti adanya mereka seringkali – seperti kuda pacu yang indah, berlari cepat dalam jarak dekat namun jarang menyelesaikan pacuan. Setelah mengabdikan waktu dan energi bagi “kuda pacu” demikian, “pemilik” biasanya kehilangan rasa terpesonanya dan sering merasa marah dan menyesal atas keyakinannya dalam kapasitas mengubah pelari cepat “kuning” menjadi pelari yang bisa diandalkan dan mampu menempuh perjalanan jauh dalam hubungan.

TIDAK DISIPLIN;
Kuning seringkali menunjukkan kecenderungan angin-anginan dan tidak disiplin. Mereka sangat gelisah dan menemukan bahwa menekuni tugas apapun sangat membosankan. Kuning sering mengalami banyak pindah kerja, bukan karena pekerjaanya tidak menarik, tetapi karena kuning mudah bosan. Kuning percaya kehidupan harus dialami dalam jalur cepat, jika mau dijalani!

Kuning impulsif dan gelisah. Orang tidak pernah bisa yakin apa yagn bisa diharapkan dari individu-individu yang sulit diduga ini. Hari ini di sini, besok sudah di Hawaai! Mereka mudah berubah, tetapi seringkali melakukannya dengan tidak produktif. Sukar untuk bergantung pada para kuning yang angin-anginan ini, yagn slalu mencari kehidupan yang bebas dan mudah. Mereka tahu bagaimana caranya bersenang-senang dan berharap semua orang lain berusaha menjadikan hal itu mungkin bagi mereka.

Kuning sangat tertarik untuk melestarikan kehidupan “liar”. Dengan kata lain, mereka selalu siap untuk mengadakan pesta. Kerutinan sehari-hari segera terasa monoton, dan kuning menyelinap pergi ke dalam lingkungan baru dan berbeda. Kuning menemukan alasan-alasan menajubkan untuk ketidak-disiplinan mereka. Sekali alasan mereka gagal, masyarakat mendesakkan batasan pada mereka dan bersiaplah untuk aksi merajuk dan marah dari kepribadian ini.

POPULER DAN KHARISMATIK;
Kuning senang menjadi pusat perhatian. Penerimaan sosial sangat penting bagi mereka. Persahabatan menduduki prioritas tertinggi dalam kehidupan mereka, karena popularitas menjawab salah satu kebutuhan dasar mereka – kebutuhan dipandang baik oleh umum. Kuning sangat verbal. Mereka menyukai percakapan yang menyenangkan, tetapi mereka juga bisa mengikuti arus. Kuning dapat mengobrol ringan dengan cara terbaik. Mereka seringkali menghidupkan pesta. Baginya, menjalin hubungan atau tertawa sangat mudah. Mereka benar-benar menyukai orang dan menemukan dirinya dikelilingi orang-orang. Mereka secara alami populer tanpa perlu berusaha keras seperti tipe keperibadian lainnya.

Macam Kepribadian;
Senyum maut Elvis!!
Kuning seringkali tampak sangat menarik karena kepribadian mereka, hal ini karena mereka pandai memilih gaya yang menekankan kualitas fisik dan sosial terbaik mereka. Mereka memiliki gaya untik yang paling memikat dibandingkan semua kepribadian lain. Kata sifat yang seringkali digunakan bagi kuning adalah karismatis. Mereka mendidik anak secara karismatis, menjalankan bisnis secara kharisimatis, dan bercakap-cakap secara kharismatis. Kepribadian ini dapat dengan mudah menggerakkan sekelompok orang untuk menangis atau tertawa.

Kuning perlu diperhatikan. Tidak banyak yang bisa meningkatkan hubungan dengan kuning dibandingkan pujian. Kuning perlu tahu mereka dihargai dan disetujui. Kuning sering bertindak seolah dunia ada di tangan mereka, tetapi mereka kemukakan sampai mereka tahu aman secara emosional. Rasa aman paling terbukti bagi kuning melalui pujian.

MENYUKAI AKSI;
Karena mudah bosan, kuning mencari petualangan. Mereka tidak pernah bisa duduk diam lama-lama. Mereka memilih teman-teman yang seperti mereka, menolak untuk membiarkan “detail yang membosankan” menghalangi hal paling penting di dunia ini – bermain. Ironisnya, saat ini banyak orang salah di diagnosa sebagai ADD (Attention Deficit Disorder alias ketidak mampuan berkonsentrasi lama) Ketika kenyataanya, mereka hanyalah berkepribadian kuning yang bergulat dengan ketidakmampuan bawaan untuk duduk diam terlalu lama atau tetap memusatkan perhatian.

Seorang yang berkepribadian kuning tidak ingin mengubah diri mereka sendiri, melainkan mengubah dunia di sekeliling mereka. Namun, apa yang mereka rubah biasanya tidak penting, dan ketika mereka melakukannya, malah kontra produktif. Kuning belajar sejak dini untuk mencari jalan pintas. Mereka seringkali mengakui jasa atau prestasi yang tidak benar-benar mereka raih sepenuhnya. Mereka cukup menceritakan separuh kebenarannya, atau merasa bukan soal besar apakah mereka sesuai dengan ucapan mereka selama tidak ada yang dirugikan.

KETERBATASAN KUNING;
Kuning kurang menghargai hak milik orang lain. Mereka adalah individu ceroboh dan berantakan yang menjaga penampilan mereka bersi dan mengkilat sementara rumah mereka seringkali menderita karena ditelantarkan. Mereka ingin tampak sangat baik di mata dunia, dan ketika pujian sosial menjadi pertimbangan, mereka segera menuruti standar masyarakat. Jika tidak demikian, memelihara rumah mungkin membutuhkan terlalu banyak usaha.

Mereka tidak teratur dalam lingkungan dan pemikiran pribadi. Daripada memusatkan perhatian pada masalah – masalah nyata dan acara penting, kuning membuang – buang waktu dengan soal-soal kecil dan aktivitas yang tidak relevan. Mereka sukar mengikatkan diri pada apa pun yang harus diprioritaskan sebelum bermain, dan akibatnya sering menemukan diri mereka dalam hubungan yang dangkal dan kosong, selain juga menjadi sedikit banyak dangkal dan kosong begitu terlibat dalam hubungan.

KEKUATAN KUNING;
Terlepas dari pergulatannya dengan disiplin diri dan komitmen, kuning bersemangat untuk mengalami semua segi kehidupan. Dengan naif mereka meminta lampu sorot diarahkan pada mereka, seolah-olah mereka selalu menjadi bintang panggung. Kuning selalu membuat kita ingat bahwa kita semuda perasaan kita. Mereka tetap muda dalam sikap mereka pada ide-ide, perubahan, hubungan, pekerjaan, dan masa depan. Kuning menyandang kualitas pengharapan kanak-kanak, yang mengilhami orang lain untuk mengapresiasi dan menghargai diri sendiri selain dunia indah di mana mereka tinggal. Kuning memuji sisi baik mereka. Kuning lebih cenderung menyukai diri mereka untuk siapa mereka daripada apa yang mereka lakukan. Mereka adalah para penghubung orang dan lem sosial dalam masyarakat. Kuning mengungkapkan diri mereka dengan terus terang dan tidak dibuat-buat. Mereka memberi perhatian yang jenaka pada kehidupan dan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama. Mereka bebas memberi pendapat selain juga memberi diri mereka, dan seringkali menyebarkan semangat persahabatan yang menular ke mana pun mereka pergi. Begitu kehidupan anda disentuh dengan akrab oleh seorang kuning, anda akan lebih menghargai kegembiraan luar biasa yang bisa dicapai jiwa manusia dan harapan optimis yang dapat diraih hati manusia.

TOKOH – TOKOH YANG “MUNGKIN” KUNING;
BILL CLINTON, Presiden Amerika Serikat ini dengan ajaib selamat dari sejumlah besar serangan atas karakter pribadi dan kompetensi profesionalnya, tetapi ia tidak pernah bersembunyi. Senyumannya yang menawan dan sikapnya yang positif membuat orang mempercayainya. Secara intelektual ia cerdas dan pandai bicara, membuatnya sukar dijatuhkan atau diperogoki dalam keadaan lengah.

RONALD REAGAN, Salah satu presiden paling dicintai di Amerika, ciri khas Ronald Reagan adalah optimisme dan kharisma. Ia berbicara dengan menyakinkan dan selalu memancarkan kehangatan yang mengundan. Ia membawa dirinya dengan kepercayaan diri tanpa beban yang membuat orang merasa nyaman di sekelilingnya.

ELVIS PRESLEY, dinamis dan pemberontak. Kerapuhan dan sifat mudah percayanya mempesona dan melucuti kewaspadaan orang. Ia tampan dan murah hati. Ia hidup untuk saat ini, dan kenaifan serta sifat emosionalnya menyebabkan keputusan-keputusan tidak rasional yang menghakiri kecemerlangannya terlalu dini sebagai seorang artis. Seperti semua kuning yang baik, orang masih berharap menemukannya hidup agar pesta dapat diteruskan.

Empat macam motif dasar inilah yang membuat masing – masing orang berbeda dengan yang lainnya. Ruswandi,,, anak didik sekaligus pendamping pribadi spiritual saya di dalam laku Hakikat Hidup, memilih untuk diam ketika dihadapkan pada suatu konfrontasi verbal. Dia membutuhkan banyak waktu untuk berpikir sebelum berbicara dan ketika akhirnya menjawab, arti kalimatnya terkesan mengambang. Sementara itu, Nyai,,, mantan pacar saya yang penuh dengan misteri, terorganisir dalam bekerja, sedikit dingin, dan mengerikan ketika mencapai batas kesabarannya O…O… Ada juga Ranali dan Wanto anak didik saya,,, yang begitu mudah tersentuh hatinya ketika menghadapi kejadian yang mengharukan. AA dan DD,,, teman musafir saya, yang sangat berhati-hati dalam melangkah serta mendetail ketika berbicara. Semua saudara saya tadi begitu berbeda satu dengan yang lainnya. Bagi saya, mereka semua unik dan mempunyai karakter yang kuat.

KETIKA KARAKTER YANG BERBEDA BEKERJA BERSAMA;
Semakin kuat karakter seseorang, akan semakin terlihat kelebihan sekaligus kekurangan mereka. Mereka bisa bekerja dengan baik di suatu pekerjaan namun tampak bodoh ketika melakukan pekerjaan lainnya. Hal ini bisa berakibat fatal jika kita sebagai pemimpin tidak memiliki persepektif yang benar mengenai kekuatan dan kelemahan karakter manusia.

Karena tahu bahwa si Ranali mampu mengatur proyek dengan baik, maka atasannya memberikan tugas baru sebagai seorang marketing. Si Bos merasa yakin bahwa Ranali bisa bekerja dengan baik di sana, besar sekali harapannya kepada keberhasilan Ranali. Selang beberapa bulan kemudian, Si Bos merasa kecewa karena “kegagalan” Ranali. Di lain pihak, Ranali merasa telah melakukan pekerjaannya dengan baik dan berusaha sampai melebihi batas kemampuannya. Jadi, di manakah letak kesalahannya ?

Lain Nyai, lain si AA dan DD, lain pula dengan Ruswandi yang meminta Wanto untuk menerjemahkan suatu kontrak ke dalam bahasa Inggris. Ruswandi mengirimkan file aslinya supaya diterjemahkan persis seperti aslinya dan segera (besok harus sudah jadi!) Keesokan harinya, Ruswandi menerima file dari Wanto dan segera menaruhnya kembali dalam map karena Wanto mengerjakan melebihi harapan Ruswandi. Kontrak tidak hanya diterjemahkan dari bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris, tetapi diperbaruhi dan bahasanya diubah menjadi bahasa hukum. Luar biasa bukan ? Tak lama kemudian, Ruswandi mengeluh kepada saya mengenai kontrak tersebut. Dia hanya minta “diterjemahkan” saja oleh Wanto. Sementara itu, Wanto mengatakan kepada saya bahwa menerjemahkan kontrak dari bahasa Indonesian ke dalam bahasa Inggris itu berbeda sama sekali. Beda bahasa berarti beda budaya serta beda kebiasaan, pendeknya semuanya berbeda, tidak bisa asal “menerjemahkan” saja. Bisa fatal di belakang hari ! Wanto dan Ruswandi berusaha melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya masing-masing. Semakin fokus mereka bekerja akan semakin besar pula ketidak puasan mereka atas pekerjaan rekan kerjanya. Jadi,,, dimanakah letak kesalahannya ?

MEMAHAMI KARAKTER MANUSIA;
Cerita di atas bukan fiksi, namun kejadian yang benar-benar saya alami beberapa waktu yang lalu. Saya tersenyum dan sedikit ketawa membayangkan kembali kejadian itu. Di mana lucunya ? Atau lebih tepatnya, apa yang membuat kisah di atas lucu ? Kembali ke pertanyaan dimanakah letak kesalahannya ? Dimanakah kesalahan Ranali dengan pak Bosnya ? Apa salah Ruswandi dan Wanto ? Buat saya, mereka semua tidak melakukan kesalahan apapun, mereka hanya melihat dari sudut pandang yang salah.

Jika mereka semua melihat dari sudut pandang yang salah, mengapa Ranali, Pak Bos, Ruswandi, dan Wanto tidak bisa menyadarinya ? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan kembali pada kelebihan dan kekurangan karakter manusia. Saya akui kalau saya mempunyai kelebihan di bidang perspektif ini, sementara Ruswandi dan lainnya tidak. Bagi saya, melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang benar semudah membalik telapak tangan. Tapi….sulit, benar-benar sulit buat saya untuk berbicara secara detail seperti Ruswandi dan Wanto atau memarketing seseorang seperti Ranali. Ini adalah kekurangan saya sebagai manusia ! Pendeknya, saya seorang manusia yang kuat di suatu bidang dan lemah di bidang lainnya. Hal ini wajar dan manusiawi, namun jarang dipahami oleh beberapa orang… Iya tidak Lurr… He he he . . . Edan Tenan

Kasus Ranali dan atasannya lucu jika kita bisa melihat dari perspektif yang benar. Kelebihan karakter Ranali pada detailnya, dia mampu menganalisa suatu permasalahan dan menyiapkan penyelesaiannya. Dia adalah seorang perfeksionis, semua tetek-bengek harus dikerjakan dengan benar dan sempurna. Tidak ada ruang untuk blangspot, karena itu Ranali lama dalam mengambil keputusan. Di lain pihak, atasannya adalah seorang oportunis, kesempatan harus diambil secepat mungkin dan segala sesuatunya bisa dilakukan dengan sumber daya yang ada, jika bisa dikerjakan dengan baik dalam deadline yang padat maka ambil tawaran itu, jika antara hasil dan waktu saling berhubungan erat kembalikan ke klien. Jangan terlalu ambil pusing dengan detail, deal kontrak terlebih dulu. Masalah perincian bisa menyusul.

Hubungan antara dua karakter yang kuat seringkali rawan konflik;
Jadi, Ranali dan atasannya memiliki karakter yang jauh berbeda, boleh dikatakan berlawanan. Meminta Ranali untuk bekerja seperti atasannya membuatnya tidak nyaman dan tertekan. Namun jika ternyata Ranali bisa memenuhi tuntuntan si bos, hati kecilnya akan memberontak, dia kehilangan jati dirinya dan segala kelebihannya. Si Bos mungkin puas dengan keberhasilan Ranali, namun sebenarnya dia telah kehilangan karakter terbaik Ranali.

Ruswandi dan Wanto lebih lucu lagi…hahahaha… Edan Tenan… Ruswandi minta A tapi Wanto mengerjakan A-B-C-D. Puaskah Ruswandi ? Seharusnya ! Tapi ternyata tidak ? Wanto mengerjakan A-B-C-D, padahal hanya diminta untuk mengerjakan A oleh Ruswandi. Apakah dia layak menerima pujian ? Seharusnya ! Tapi ternyata tidak ! Memang aneh, tapi inilah dua karakter berbeda yang bekerja bersama. Ketika saya disodori masalah ini, saya cuman merubah tata letak kontrak tersebut. Isi kontrak diletakkan di atas dan diberi nomer satu, termin pembayaran dan pelunasan diberi nomer dua, dan lainnya. Terjemahan Wanto tidak saya rubah sama sekali, tulisannya sama persis dengan yang lama. Anehnya, Ruswandi langsung bisa mengerti kontrak tersebut (padahal sebelumnya mengatakan sulit untuk memahami tulisan Wanto!)
Sekali lagi, dimanakah letak kesalahannya ?

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARAKTER MANUSIA:
Tidak ada manusia yang sempurna, bisakah anda menerima hal ini ? Lebih lanjut, saya ingin menantang anda untuk hidup dengan mereka. Sekalipun anda menolaknya, anda akan tetap menghadapi masalah ini. Percayalah !

Kekuatan sebuah karakter harus dikembangkan, apakah anda setuju ? Sebaliknya, kelemahan sebuah karakter harus dihilangkan, apakah anda juga setuju ? Saya dengan tegas akan menjawab TIDAK ! Kekurangan manusia tidak bisa dihilangkan. Mengapa ? Karena waktu hidup kita terbatas, merubah kelemahan menjadi kekuatan akan memakan tenaga dan waktu yang besar, dan yang terpenting kita tidak merasa nyaman untuk melakukannya. Akan lebih baik jika waktu dan tenaga yang ada kita gunakan untuk mengembangkan kelebihan kita sebab hasil yang diperoleh jauh lebih memuaskan. Jadi, apakah kita harus membiarkan kelemahan kita begitu saja ? Tentu saja tidak, saya cuma minta anda fokus untuk mengembangkan kekuatan karakter anda daripada memperbaiki kelemahan anda. Biarkan orang lain yang menutupi kelemahan anda. Dan anda sendiri melengkapi kekurangan mereka. Saya rasa inilah salah satu alasan mengapa Tuhan menciptakan manusia itu berbeda… Coba kita pikir…. iya apa iya Lurr…?!

Saya menulis semua ini sebagai pengantar untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan karakter manusia berdasarkan teori Taylor Hartman. Pada artikel berikutnya saya akan membahas mengenai plus minus masing-masing karakter. Saya ingatkan sekali lagi bahwa kekurangan orang lain bukan untuk dijadikan senjata melawannya melainkan untuk dipahami sebagai identitas seorang manusia yang normal. Atau boleh juga dimanfaatkan untuk menjadikan diri kita lebih bersinar….

He he he . . . Edan Tenan… Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu ya Lurr…. Semoga Manfaat dan Berkah… Amiin.
Hormat Saya:
Wong Edan Bagu
Pengembara Tanah Pasundan

One thought on “MEMAHAMI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARAKTER MANUSIA:

  1. […] Article Title: Memahami kelebihan dan kekurangan karakter manusia Source: putraramasejati.wordpress.com » « […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s