7 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Jika Koneksi Internet Bermasalah:

7 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Jika Koneksi Internet Bermasalah:
Oleh: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan

Koneksi internet;
Beberapa waktu yang lalu, koneksi internet saya mengalami masalah. Sebetulnya bukan hanya kali itu saja, hanya memang yang terakhir itu yang membuat saya jadi terpikir untuk menuliskannya menjadi sebuah artikel.

Daripada anda terpaku mengklik terus menerus tombol connect internet sambil bersungut-sungut, ada beberapa hal yang jauh lebih baik yang bisa dilakukan jika koneksi internet anda mengalami masalah :

1. Menulis post/artikel;
Jika anda adalah seorang blogger, anda dapat mulai memikirkan dan menulis artikel untuk anda post-kan berikutnya. Akan jauh lebih mudah untuk fokus menulis artikel pada saat anda tidak terhubung dengan internet. Biasanya jika koneksi ke internet lancar, kita seringkali tergoda untuk ‘surfing’ dulu.

Tidak apa-apa memiliki 2 atau lebih artikel yang menunggu untuk di-post-kan, bahkan sangat baik. Artikel ekstra tersebut untuk menjaga-jaga barangkali suatu saat anda sakit atau berpergian sehingga anda tidak sempat menulis artikel.

2. Rapihkan meja kerja anda;
Saya menemukan bahwa begitu melegakan jika kita memindahkan gelas kopi/teh kosong di atas meja, merapihkan kertas-kertas yang bertebaran dan membuang benda-benda yang sudah tidak kita perlukan lagi. Meja kerja yang rapih dan bersih akan membuat pikiran kita juga menjadi jernih.
Dalam sebuah artikel yang saya baca, Brian Tracy, menyatakan bahwa ia tidak akan mempromosikan manajer yang memiliki meja kerja berantakan, meskipun ia telah melakukan tugasnya dengan baik. Alasannya cukup sederhana, ia tidak akan mempercayakan tanggung jawab pada seseorang yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri.
Lihatlah saat ini pada meja kerja anda ….. dan itulah refleksi diri anda.

3. Rapihkan isi komputer anda;
Merapihkan isi komputer sama pentingnya dengan merapihkan meja. Anda dapat berpikir lebih jernih tanpa 20 lebih icon dan file pada bagian desktop anda. Anda pun dapat bekerja lebih mudah dan efisien jika menaruh file-file tersebut pada folder khusus. Buang juga shortcut-shortcut di desktop dan bookmark pada browser anda yang sudah tidak pernah anda buka lagi. Anda juga dapat meng-uninstall program-program yang membuat komputer anda menjadi lambat atau program-program yang sudah tidak berguna lagi.

4. Mengupdate isi komputer anda;
Gara-gara menulis artikel ini, saya jadi terpikir untuk mengupdate isi komputer saya. Anda coba lihat kembali list alamat email teman-teman pada program email anda (outlook express atau microsoft outlook). Mungkin banyak alamat email yang sudah usang atau teman-teman anda sudah memiliki alamat email baru. Anda bisa melakukan update terhadap alamat-alamat email tersebut.
Atau mungkin lagu-lagu mp3 dalam komputer anda sudah diputar puluhan dan bahkan ratusan kali, sehingga anda membutuhkan penyegaran dengan menambahkan lagu-lagu baru.

5. Backup infomasi yang penting;
Suatu ketika komputer saya pernah terkena virus yang aneh. Alhasil window saya terpaksa diinstal ulang dan sebagian data-data penting saya hilang. Saat itu saya belum memiliki backup data-data tersebut.

Inilah saatnya anda membuat backup terhadap data-data penting anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat backup :
– Jika harddisk internal anda dipecah menjadi dua : drive C dan D, anda bisa meng-copy data penting anda dari drive C ke drive D.
– Meng-copy ke cd/dvd/harddisk eksternal

6. Bersantai sejenak dan ambillah snack;
Ada baiknya ada mengistiratkan mata anda sejenak dari depan komputer. Terlalu lama di depan komputer membuat mata anda lelah dan tidak fokus. Beristirahatlah. Pergilah ke ruang makan, dapur atau kulkas dan makanlah sesuatu.

7. Pergilah keluar berjalan-jalan dan hirup udara segar;
Jika poin no 6 (beristirahat sejenak dan snack) tidak membuat energi anda bertambah, cobalah pergi keluar berjalan-jalan untuk menghirup udara segar. Hal ini sangat membantu untuk menaikkan level energi anda dan disisi lain menurunkan level stress anda. Jika anda berniat, anda bisa melakukan langkah yang lebih jauh lagi, yaitu dengan pergi ke pusat kebugaran.

Ini hanyalah beberapa saran yang pernah saya lakukan. Jika anda pernah melakukan hal-hal positif lainnya pada saat anda mengalami situasi yang sama, anda bisa mensharingkannya disini.
Semoga Bermanfa’at…. Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu.
Ttd:
Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
http://webdjakatolos.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s