SUKSES DUNIA DAN AKHIRAT;

Firman Allah swt dalam Qs. Al-Baqarah: (02): 201

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ(201)

Artinya: “Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka”( Qs. Al-Baqarah: (02): 201)

Sukses milik semua orang tapi tidak semua orang tahu cara sukses.

1. Beribadah dengan benar

2. Berakhlak baik

a. Akhlak yang baik bukti ibadah yang benar

b. Akhlak yang baik adalah merespon segala sesuatu dengan sikap terbaik

3. Belajar tiada henti

Pertanyaan yang harus kita jawab apakah kita suka balajar?, lonceng apa yang paling kita suka?, lonceng masuk atau lonceng keluar?.

Setiap hari masalah bertambah dan situasi berubah. Bagaimana kita menyikapi situasi yang selalu berubah kalau ilmu kita tidak bertambah

4. Bekerja Keras – Cerdas dan Ikhlas

Berfikir cerdas bagian dari kerja ikhlas

5. Bersahaja dalam hidup

Bersahaja bukan miskin tapi menggunakan sesuatu sesuai dengan kebutuhan

6. Bantu sesama

7. Bersihkan hati

Firman Allah SWT Qs. As-Syuara (26) : 88-89

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ(88)إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ(89)

Artinya : (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, (88) kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,(89) (Qs. As-Syuara (26) : 88-89)

Mimpi Besar Itu Firdaus;

Rasulullah saw Bersabda: “Jika engkau memohon kepada Allah SWT, Mohonlah surga Firdaus karena ia adalah surga yang paling tinggi, atapnya adalah arsy Allah yang Maha Rahman.”

Rasulullah saw juga bersabda, “ Barangsiapa yang harapannya, tujuan akhirat, maka dunia dating padanya, sedangkan ia tidak membutuhkan lagi.”

Dua hadits tersebut memberikan dua pelajaran penting bagi kita, yaitu:

1. Tentang mimpi kita yang seharusnya melesat melampaui dunia, yaitu surga Firdaus.

2. Tentang mimpi yang akan berdampak baik terhadap urusan dunia

Dua hadits tersebut juga memiliki alur logika yang sangat kuat dan sering dijadikan sebagai rumus motivasi

1. Motivasi yang sangat tinggi akan memberikan inspirasi dan lebih mendobrak.

2. Untuk menggapai kebebasan financial, rumusnya buatlah uang yang mengejar kita, bukan sebaliknya.

3. Pewaris surga Firdaus adalah mereka yang sangat berkualitas luar dalam.

Dalam Qs. Al-Mukminun (23): 1-11, disebutkan enam kualifikasi pewaris surga Firdaus:

1. Shalat dengan khusyu’

2. Berpaling dari hal yang tidak berguna

3. Menunaikan zakat

4. Menjaga kehormatan dan mampu menahan diri

5. Menjaga amanah

Menjaga sholat sehingga terjaga kesholehan

BERSYUKUR;

Firman Allah swt dalam Qs. Ibrahim : 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ(7)

Artinya: “dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Qs. Ibrahim : 7)

Gadis buta mendapat sepasang mata, tapi ketika dia telah sembuh dan bisa melihat dia lupa akan keadaannya sebelum dia sembuh. Pikiran orang banyak berubah ketika statusnya berubah.

Hidup adalah anugerah – bahagia / tidak tergantung kita.

Trick untuk selalu bersyukur:

1. Hari ini sebelum engkau berpikir untuk mengucapkan kata-kata kasar – Ingatlah akan seseorang yang tidak bisa berbicara.

2. Sebelum engkau mengeluh mengenai cita rasa makananmu – Ingatlah akan seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

3. Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isterimu – Ingatlah akan seseorang yang menangis kepada Tuhan meminta pasangan hidup.

4. Hari ini sebelum engkau mengeluh tentang hidupmu – Ingatlah akan seseorang yang telah tiada

5. Sebelum engkau mengeluh tentang anak-anakmu – Ingatlah akan seseorang yang begitu mengaharapkan kehadiran seorang anak, tetapi tidak mendapatnya.

6. Sebelum engkau bertengkar karena rumahmu yang kotor, dan tidak ada yang membersihkan atau menyapu lantai – Ingatlah akan orang gelandangan yang tinggal di jalanan.

7. Dan ketika engkau lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu – Ingatlah akan para penganguran, orang cacat dan mereka yang menginginkan pekerjaanmu.

8. Sebelum engkau menuding atau menyalahkan orang lain – Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang tidak berdosa dan kita harus menghadap pengadilan Tuhan.

9. Dan ketika beban hidup tampaknya akan menjatuhkanmu – Pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Tuhan karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.

Hidup adalah anugerah, jalanilah, nikmatilah, rayakan dan isilah dengan yang bermanfaat, karena mungkin itu tidak akan terulang lagi!

Ampunan Allah Dan Pahala Yang Besar;

Firman Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab (33): 35

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا(35)

Artinya: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.(QS. Al-Ahzab (33): 35)

1. Muslim = Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah swt

2. Mukmin = Beriman

3. Qhanithin = Taat

4. Sadiqin = Benar

5. Sabirin = Sabar

6. Khasyi’in = Khusyu’

7. Mushaddiqin = Bersedekah

8. Sha’imin = Puasa

9. Hafidzin furujahum = Menjaga Kehormatan

10. Zhakirin = Banyak menyebut nama Allah swt

Untuk kelompok orang-orang inilah Allah swt akan berikan “MAGFIRAH WA AJRAN ‘AZIMA

 

 

AGAR TIDAK MENYESAL;

1. Anfiqu Mimma Razaqna

Firman Allah Qs. Al-Munafiqun (63) : 10

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ(10)

Artinya : “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku Termasuk orang-orang yang saleh?” (QS Al-Munafiqun (63) : 10)

2. Jangan Pernah Meninggalkan Amal Sekecil Apapun

  • · Bulan Puasa

1. Sering Datang Ke Masjid

2. Banyak I’tikaf

3. Jangan banyak termenung

4. Jangan ngerumpi

5. Lebih bagus baca al-Qur’an

6. Nunggu berbuka

  • · Masuk Masjid ada peluang Tahyatul Masjid
  • · Orang azan peluang menjawab azan
  • · Sudah berwdhu’ peluang baca do’a wudhu’
  • · Hidup ibarat perniagaan, bagaimana untung besar, untung besar biasanya dari yang kecil-kecil, aksesoris, jual hp bukan hp yang untung tapi casing
  • · Melihat orang sakit
  • · Coba renungkan dari subuh tadi berapa peluang amal yang tercecer

3. Menjauhi Kejahatan Sejauh-Jauhnya

Firman Allah Qs. Ali-Imran (3) : 30

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ(30)

Artinya : “Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh; dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya. dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya”. (Qs. Ali-Imran (3) : 30)

Kejahatan sekecil apapun harus di jauhi

Prinsip Kejahatan :

Mulai dari yang kecil yang besar akan mudah

Kisah Barzisah: Minum – Zina – Membunuh

5 TEMPAT MANUSIA MENYESAL;

1. Menghadapi Kematian

Firman Allah swt Dalam Qs. Al-Munafiqun (63): 10

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ(10)

Artinya: “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku Termasuk orang-orang yang saleh?” (Qs. Al-Munafiqun (63): 10)

2. Alam Barzakh

Firman Allah swt Dalam Qs. Al-Mu’minun (23): 99-100

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ(99)لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ(100)

Artinya: “(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia).(99) Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja. dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.(Qs. Al-mu’minun (23): 99-100)

3. Dibangkitkan Dari Kubur

Firman Allah swt Dalam Qs. Ali Imran (03): 30

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ(30)

Artinya: “Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh; dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya. dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. (Qs. Ali Imran (03): 30)

4. Menghadapi Mizan

Firman Allah SWT dalam QS. An-Naba (78) : 40

إِنَّا أَنْذَرْنَاكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنْظُرُ الْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَالَيْتَنِي

Artinya : Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata:”Alangkah baiknya Sekiranya dahulu adalah tanah”. (QS. An-Naba (78) : 40)

5. Dipinggir Neraka

Firman Allah swt QS Al-Fathir (35) : 37

وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ(37)

Artinya : “Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan Kami, keluarkanlah Kami niscaya Kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah Kami kerjakan”. dan Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (QS Al-Fathir (35) : 37)

SEPULUH AKHLAK TERCELA MENURUT ULAMA SUFI;

Firman Allah swt dalam Qs. As-Shad: 45 – 46

وَاذْكُرْ عِبَادَنَا إبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ أُولِي الْأَيْدِي وَالْأَبْصَارِ

(45)

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ(46)

Artinya: “dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. (45) Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang Tinggi Yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat”(46). (Qs. As-Shad: 46)

  1. Berdo’a hanya untuk diri sendiri
  2. Kurang membaca al-Qur’an 100 ayat dalam sehari
  3. Masuk masjid, tidak shalat tahyatul masjid
  4. Datang kesuatu kota di hari Jum’at, tidak shalat jum’at
  5. Tidak membaca salam dan do’a ketika melewati kuburan
  6. Datang orang alim tidak mengambil ilmunya
  7. Tidak saling tegur ketika saling bertemu
  8. Diundang, tidak datang tanpa alasan
  9. Pemuda penganggur yang tak mau belajar ilmu dan tata karma
  10. Kekenyangan, sementara dia tau tetangga lapar tidak diberinya makanan sedikit jua

2 thoughts on “SUKSES DUNIA DAN AKHIRAT;

  1. Pancerlima Cahyoadi mengatakan:

    jaya kejawen ,jaya islam sejati, jaya NKRI

  2. Janur Gunung Ciremai mengatakan:

    Trima kasih saudaraku Pancerlima Cahyoadi….semoga jaya slalu dlm sgala halnya…..Salam Rahayu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s