PENYEBAB PERMASALAHAN DALAM HIDUP BAGIAN. 02:

Oleh: Wong Edan Bagu.
(PRTP)
Jakarta Jumat tgl 19 Sept 2014

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan rincian rata-rata, dan berikut ini lanjutan dari akar penyebab permasalahan dalam hidup.

No. 2. Unsur-unsur di alam spiritual yang dapat mempengaruhi kita;
Tanpa diketahui sebagian besar manusia, terdapat sebuah dunia halus (tak kasat mata) dan tidak berwujud di luar pemahaman lima indera, pikiran dan intelek kita. Dunia ini dikenal dengan sejumlah nama seperti dunia halus, dimensi halus, dunia roh, dunia spiritual atau dimensi spiritual. Dunia ini mencakup dunia malaikat, hantu, Surga (Swarga), Neraka (Pātāl) dll. Dunia yang berwujud atau yang diketahui yang mana sebagian besar dari kita sudah terbiasa sangatlah kecil dibandingkan dengan dunia halus tak berwujud tersebut. Kenyataannya batasan dari dunia yang diketahui dibandingkan dengan dunia halus adalah dalam rasio satu hingga tak terbatas. Dunia halus ini sangat mempengaruhi kehidupan kita. Unsur-unsur utama dalam dunia halus yang mempengaruhi kehidupan kita adalah tubuh rohani/ halus (yang lebih dikenal sebagai roh) nenek moyang kita yang telah meninggal dan hantu-hantu.

Dampak dari dunia-halus pada kehidupan kita bisa cukup berbeda tergantung pada profil spiritual kita, yang meliputi tingkat pencapaian spiritual dan upaya-upaya yang kita ambil untuk tumbuh secara spiritual serta membantu orang lain tumbuh secara spiritual.

Tabel berikut menunjukkan efek dari berbagai unsur dunia halus terhadap dua jenis orang dengan profil spiritual yang sangat berbeda.

Profil spiritual 1:
Seseorang dengan tingkat pencapaian spiritual 20%, tidak melakukan latihan spiritual apapun.

Profil spiritual 2:
Seseorang dengan tingkat pencapaian spiritual 50%, melakukan latihan spiritual secara sadar maupun tidak sadar sesuai dengan keenam prinsip dasar dari latihan spiritual dan demi membantu masyarakat untuk tumbuh secara spiritual.

Berbagai unsur tersebut mempengaruhi kehidupan kita dalam semua dimensi seperti fisik, psikologis, finansial, sosial, pendidikan dll dan merupakan akar penyebab spiritual dari kesulitan-kesulitan di dalam kehidupan kita.

Bukan pencari pada tingkat pencapaian spiritual 20% (dgn kata lain. Tidak melakukan latihan spiritual apapun). Pencari pada tingkat pencapaian spiritual 50% (melakukan latihan spiritual demi kepentingan masyarakat) Penderitaan / ketidaknyamanan akibat hantu (setan, iblis, energi negatif, dll)

Ini termasuk ketidaknyamanan yang disebabkan oleh hantu atau leluhur. Seseorang yang tidak melakukan latihan spiritual dan yang berada pada tingkat pencapaian spiritual 20% lebih cenderung akan terpengaruh oleh leluhur. Hal ini disebabkan hantu yang tingkatnya lebih tinggi menganggap remeh orang di tingkat pencapaian 20% dan bukan merupakan ancaman spiritual bagi mereka. Silahkan baca artikel tentang “Mengapa leluhur mengganggu kita?” Di sisi lain, orang yang berusaha untuk melakukan latihan spiritual baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat lebih cenderung akan diserang oleh hantu.

Peningkatan serangan di sini disebabkan oleh fakta bahwa orang ini dengan membantu masyarakat untuk tumbuh secara spiritual memberikan kontribusi terhadap peningkatan komponen Sattva di dalam masyarakat. Penting untuk dicatat bahwa latihan spiritual yang efektif harus secara sadar ataupun tidak sadar sesuai dengan enam prinsip dasar latihan spiritual. Baru kemudian latihan tersebut benar-benar mampu menghasilkan kemurnian dalam masyarakat. Hantu yang dominan Raja dan Tama nya terganggu oleh meningkatnya kemurnian dalam masyarakat.

Disebabkan meningkatnya latihan spiritual, mekanisme ambang batas / pertahanan seseorang pada tingkat pencapaian spiritual 50% terhadap suatu serangan akan lebih tinggi. Akibatnya meskipun mereka lebih banyak diserang, mereka mampu menghadapi dan menanggungnya dengan lebih baik.

Entitas negatif tingkat rendah dengan energi spiritual 30% tidak bisa menyentuh seseorang pada tingkat pencapaian spiritual 50% karena perlindungan yang dapat mereka terima dari Tuhan YME. Di sisi lain, orang-orang dengan tingkat pencapaian spiritual rendah lebih rentan terhadap serangan-serangan bahkan dari hantu tingkat rendah.

Terkadang energi positif juga dapat menyebabkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan kita. Hal ini mungkin tampak seperti sebuah paradoks tetapi dapat dipahami oleh sebuah analogi sederhana. Kadang-kadang jika seorang siswa memiliki banyak sekali potensi dan dia tidak belajar sesuai kemampuannya, maka orang tua atau pengajar nya mungkin akan menghukum dan memaksanya untuk belajar. Hukuman tersebut mungkin tampak seperti suatu permasalahan bagi siswa tersebut tetapi hal itu juga membantu untuk membuat ia lebih terlibat dengan studinya. Begitu juga, kadang-kadang energi-energi positif menyebabkan permasalahan dalam kehidupan kita untuk membuat kita berhenti dan berpikir serta membawa kita untuk bertanya tentang dunia spiritual dan latihan spiritual.

Baik terganggunya Kunḍalinī maupun penurunan energi Vital (Prāṇa-shakti) pada umumnya disebabkan oleh hantu. Persoalan tentang Kundalini hanya relevan untuk ‘para pencari’ karena untuk para ‘bukan-pencari’ di tingkat pencapaian spiritual 20%, Kundalini nya tertidur di Mūlādhār-chakra, yaitu pusat energi spiritual di pangkal/ dasar tulang belakang.

Faktor-faktor yang tercakup dalam bagian ini mempengaruhi kita sebagai berikut:
Makanan:
Makanan yang basi, makanan kaleng dan makanan bukan-vegetarian mengandung komponen dasar halus Raja-Tama dengan taraf yang lebih besar. Hal tersebut menjadi lebih mudah bagi hantu-hantu untuk menyerang seseorang dengan menggunakan media seperti makanan yang dominan Raja-Tama nya.

Pakaian:
pakaian sintetis memiliki komponen dasar halus Raja-Tama yang dominan. Warna hitam dan gelap juga menarik, menyerap dan memancarkan komponen dasar halus Raja-Tama dengan tingkatan yang lebih besar. Dengan demikian, hal tersebut menjadi lebih mudah bagi hantu untuk mempengaruhi orang-orang yang mengenakan pakaian semacam itu.

Waktu:
Satu waktu tertentu bisa atau belum tentu baik bagi seseorang. Sebagai contoh, seorang industrialis menderita kerugian besar meskipun semua variabel lainnya seperti misalnya partisipasi atau kerjasama staf/ pekerja, teknologi, investasi modal dll sedang londusif dan tidak adanya serangan dari tubuh rohani leluhur yang sudah meninggal atau hantu. Dalam hal ini, kerugian merupakan efek dari faktor waktu.

Hukuman (Karma buruk) bersama/ kolektif: Jika suatu negara, masyarakat atau ras telah melakukan kejahatan terhadap orang lain, hal tersebut menjadi tanggung jawab mereka untuk mendapatkan apa yang dikenal sebagai kerugian bersama. Di sini, apakah seorang individu tertentu telah berpartisipasi atau sebagai pihak ketiga dalam kejahatan tersebut tidaklah penting. Berdiam diri sama saja seperti menjadi pihak ketiga dalam kejahatan. Pada waktunya, seluruh penduduk harus menderita secara merata dan bersama-sama baik dalam kelahiran yang sama maupun kelahiran lainnya.

Para hantu memanfaatkan faktor yang tidak menguntungkan bagi orang tersebut untuk menyerangnya. Mereka tidak peduli dengan ‘bukan-pencari’ karena di mata mereka mereka bukan-pencari tidaklah penting.

Poin pentingnya adalah apakah kita melakukan latihan spiritual atau tidak, tetap kita akan diserang. Sekilas, seseorang mungkin merasa bahwa dengan melakukan latihan spiritual, ia menjadi cenderung untuk lebih diserang oleh hant. Hal ini mirip dengan orang kaya dan super kaya yang lebih banyak dijadikan sasaran oleh para penculik. Tapi orang kaya juga lebih siap untuk menangani hal tersebut, selain semua fasilitas yang mereka nikmati dengan menjadi kaya. Demikian pula dengan latihan spiritual, meskipun kita lebih banyak diserang, karena kita memiliki akses ke perlindungan yang juga lebih tinggi dari Tuhan YME, maka kita juga lebih siap untuk menangani hal tersebut. Orang-orang tanpa latihan spiritual dan oleh sebab itu energi spiritualnya lebih sedikit, menjadi rentan terhadap segala macam jenis serangan oleh hantu.

Hal ini juga dapat dipahami oleh analogi berikut. Kadang-kadang kita menjalani bertahun-tahun studi, yang mungkin relatif lebih sengsara dibandingkan dengan orang lain yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas dan sudah berpenghasilan, meskipun dalam jumlah sedikit. Sementara kita menghabiskan berjam-jam terkurung untuk belajar di rumah, mereka dapat menikmati hidup mereka dan pergi meononton film dll. Namun dikarenakan upaya-upaya akademik ini, kita lebih siap untuk menaiki tangga perusahaan atau menjadi sukses dalam bidang yang kita pilih. Dengan keberhasilan ini, kita mendapatkan akses ke fasilitas dan hak istimewa yang orang lain hanya bisa berharap. Seiring dengan hal ini datang tanggung jawab karena kita memiliki kemampuan untuk membantu orang dan mempengaruhi perubahan dalam masyarakat. Dalam cara yang sama, dengan pertumbuhan spiritual meskipun hantu dan energi negatif membuat kita menjadi target, kita juga mengalami berbagai manfaat. Kita telah membahas beberapa manfaat dalam bagian kami tentang manfaat-manfaat dari latihan spiritual.

No.3. Prinsip di balik mengatasi permasalahan yang memiliki akar penyebab di alam spiritual;
Untuk permasalahan-permasalahan yang memiliki akar penyebab di alam spiritual, hanya sesuatu hal spiritual yang dapat mengurangi intensitas dan menghilangakan permasalahan tersebut secara permanen.

Solusi spiritual tertentu Solusi spiritual adalah sesuatu hal yang diterapkan terutama untuk mengatasi suatu permasalahan spiritual tertentu. Dalam situs ini, kami telah membahas metode-metode terapi spiritual ini dalam bagian terapi spiritual. Namun terapi spiritual tidak memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan spiritual.

Latihan spiritual Latihan spiritual yang sesuai dengan hukum dasar dari latihan spiritual menghasilkan pertumbuhan spiritual. Jenis latihan spiritual ini meningkatkan kapasitas spiritual atau pertumbuhan spiritual, yang selanjutnya melindungi dan mengisolir kita dari unsur-unsur negatif di alam spiritual…

Semua permasalahan besar kemungkinan besar telah ditakdirkan, yang merupakan suatu jenis permasalahan spiritual di mana kita menyelesaikan perhitungan-perhitungan (karma) masa lalu. Perlindungan dari takdir hanya dapat dicapai melalui latihan spiritual.

leluhur kita dan para hantu dapat menyebabkan atau mempengaruhi permasalahan dalam suatu keluarga seperti penyakit fisik, penyakit mental, dll Jika tingkat pencapaian spiritual kita rendah, maka kita menjadi sangat rentan terhadap serangan mereka.

Latihan spiritual berkelanjutan yang sesuai dengan enam prinsip dasar latihan spiritual adalah satu-satunya cara yang efektif untuk mendapatkan perlindungan dari alam spiritual.

Contoh-contoh dari penyebab di permukaan dan akar penyebab di kehidupan kita;
Berikut ini adalah contoh dari penyebab nyata dan akar penyebab dari permasalahan-permasalahan di berbagai dimensi kehidupan kita. Semua ini adalah contoh dari kasus-kasus di dalam kehidupan nyata di mana Spiritual telah menemukan penyebab permasalahannya bersifat spiritual.

Seringkali kita pergi mencari di tempat yang salah dan oleh sebab itu beberapa masalah tidak pernah hilang begitu saja karena akar penyebab nya bersifat spiritual dan hanya dapat ditangani dengan cara spiritual.

1. Permasalahan yang berdampak pada individu atau keluarga.
Kasus 1:
Masalah rumah tangga.
Jika pasangan mengalami depresi akibat permasalahan-permasalahan rumah tangga dan tidak dapat menyelesaikannya sendiri, mereka dapat mencari bantuan dari seorang penasehat pernikahan yang memiliki gelar dalam psikiater (ilmu penyakit jiwa).

Apakah alasan spiritual untuk ketidakharmonisan rumah tangga?

Roh-roh halus dari leluhur yang telah meninggal dapat menyebabkan ketidakharmonisan rumah tangga yang pada gilirannya menyebabkan depresi. Jadi akar penyebab dari depresi adalah penderitaan yang disebabkan oleh tubuh-rohani/ halus leluhur. Melalui hal ini, leluhur mencoba menarik perhatian kita sehingga kita dapat melakukan sesuatu secara spiritual bagi mereka untuk membantu mereka dalam kesulitan-kesulitan di akhirat.

Kasus 2:
Nyeri dada.
Jika kita menderita nyeri dada, kita diminta untuk melakukan serangkaian tes termasuk elektrokardiogram (EKG), x-ray dada, tes darah dll Jika tidak ada yang muncul dalam hasil tes, dokter mungkin mengatakan nyeri tersebut adalah suatu kasus penyakit saraf jantung, yaitu nyeri dada yang timbul akibat konflik psikologis

Apa yang dapat menjadi akar penyebab spiritual untuk nyeri dada?

Nyeri dada yang seringkali kambuh dan yang tidak dapat diobati oleh ilmu pengetahuan modern umumnya memiliki akar penyebab di alam spiritual.

Alasan spiritual mengapa hal ini bisa terjadi adalah adanya hambatan di dalam sistem aliran energi spiritual dalam tubuh. Penyumbatan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya latihan spiritual (sādhanā)

Kasus 3:
Masalah keuangan.
Seseorang yang sedang mengalami krisis keuangan dapat mengkaitkan hal tersebut dengan kerugian besar dalam bisnis akibat produksi karyawan yang buruk dan mungkin akan mendapatkan seorang konsultan untuk membantu.

Apa yang dapat menjadi akar penyebab spiritual untuk produksi karyawan yang buruk?

Kerugian-kerugian yang tak dapat dijelaskan dalam bisnis meskipun usaha terbaik bisa disebabkan oleh energi tidak nyaman dalam bangunan pabrik.

Di setiap rumah yang tertutup ada energi yang tinggal di dalamnya. Tergantung pada arsitektur dan penempatan furnitur serta mesin, getaran yang buruk dapat terciptakan. Hal ini selanjutnya bisa menyebabkan kurangnya efisiensi para pekerja dan perselisihan di antara para pekerja.

Kasus 4:
Kecanduan narkoba.
Dalam beberapa kasus, kita melihat orang-orang menjadi pecandu narkoba – tapi mengapa mereka menjadi pecandu – pusat rehabilitasi dapat mengkaitkannya dengan depresi atau gangguan kepribadian yang tidak memadai.

Penelitian spiritual telah menunjukkan bahwa dalam semua kasus kecanduan, akar penyebab dari kecanduan sebenarnya adalah kerasukan roh halus atau kerasukan hantu yang merupakan seorang pecandu waktu hidupnya.

Kasus 5:
Seorang gadis kecil kehilangan orang tuanya dalam suatu kecelaka’an.
Terkadang kita melihat bahwa hidup nampaknya tidak adil – seorang anak kecil menjadi yatim piatu ketika ia selamat dari kecelakaan di mana kedua orang tuanya meninggal. Masyarakat mempertanyakan alasan di balik peristiwa seperti itu – mengapa hal ini harus terjadi padaku – apa yang telah saya lakukan untuk menerima semua ini? Seringkali, orang-orang di sekitar kita tidak dapat memberikan jawaban apapun. Paling-paling kita dapat membantu gadis kecil tersebut pulih dari kejadian tersebut dan memastikan bahwa dia pergi ke sebuah panti asuhan yang baik.

Takdir adalah faktor yang sangat kuat dalam menentukan perjalanan hidup kita. Hal ini adalah bagian dari hidup kita yang tidak berada di bawah kendali kita. Bahkan semua peristiwa besar dalam hidup kita seperti kelahiran, kematian, pernikahan dan kecelakaan serius adalah peristiwa yang telah-ditakdirkan.

Mohon mengacu ke artikel tentang, “Apakah takdir dan kehendak bebas”?

2. Persoalan yang mempengaruhi masyarakat.
Kasus 6:
Kekerasan di sekolah.
Bagaimana dengan permasalahan yang mempengaruhi masyarakat luas. Apa penyebabnya dan bagaimana kita mencoba menyelesaikannya?

Misalnya, kecenderungan meningkatnya perilaku intimidasi (bullying) di sekolah? Kita mungkin mengkaitkan penyebab dari hal ini pada kurangnya rasa hormat dan toleransi. Salah satu solusinya mungkin mendidik anak-anak untuk menghormati dan mentoleransi anak-anak lain dan memperlakukan orang lainnya dengan kebaikan.

Pada tingkat masyarakat ketika terjadi penurunan dalam Kebajikan (Dharma), hal tersebut akan muncul dalam perilaku anak-anak kita.

Shankaracharya, seorang Suci (Saint) yang hebat, mendefinisikan Kebenaran sebagai ‘hal/ itu’ yang menyelesaikan tiga tugas:

1.Menjaga sistem sosial dalam kondisi sangat baik
2.Menghadirkan kemajuan duniawi dari setiap makhluk hidup dan
3.Menyebabkan kemajuan dalam bidang spiritual juga

Kasus 7:
Peningkatan intensitas dari bencana alam.
Ketika kita mengalami bencana-benccana alam seperti Tsunami atau banjir yang melenyapkan kota, kita mengkaitkannya dengan berbagai alasan geografis. Para ahli geologis menghabiskan waktu bertahun-tahun dan miliaran dolar mencoba untuk mendahului dan memprediksi bencana alam selanjutnya tetapi tidak berhasil.

Ketika kita membaca / menonton berita yang dibahas di media saat ini, kita menemukannya penuh dengan serangan terhadap kemanusiaan, bencana alam, banjir, gempa bumi dan wabah penyakit.

Alasan utama untuk kenaikan yang drastis ini, sesungguhnya terletak di alam spiritual. Faktor fisik seperti gas rumah kaca berkontribusi terhadap kenaikan ini hanya sebesar 30%.

Kenaikan komponen Raja-Tama di dunia, bagaikan akumulasi/ penumpukan debu dan kotoran di rumah kita. Peningkatan bencana alam, wabah penyakit dan peperangan adalah cara alam untuk membersihkan planet ini.

Hal ini telah dijelaskan secara rinci dalam artikel kami tentang alasan di balik meningkatnya intensitas bencana alam.

Singkatnya,,, WEB telah mengidentifikasi bahwa, sejumlah permasalahan biasa sehari-hari yang kita jumpai, memiliki kemungkinan yang tinggi bahwa akar penyebabnya berada di alam spiritual. Hal ini bisa berkisar dari masalah sederhana seperti bisul atau lecet hingga keputusan-keputusan buruk yang mempengaruhi sisa hidup kita… He he he . . . Edan Tenan. Muga Bermanfa’at ya lurr,,, untuk tambah-tambah wawasan. Salam Rahayu kanti Teguh Selamat Berkah Selalu.
Ttd:
Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
https://putraramasejati.wordpress.com
http://wongedanbagu.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s