Cara Menghindari Operasi Caesar Bagi Ibu Hamil:

Melahirkan dengan caesar tidaklah pilihan umum untuk wanita yang sedang hamil. Mereka sebisa-bisanya akan menghindari proses operasi dengan melahirkan bayi dengan normal.

Umumnya para wanita akan menghindari caesar dikarenakan prosedur tersebut umumnya perlu waktu pemulihan lebih lama daripada melahirkan dengan normal. Melahirkan dengan caesar juga dapat berisiko pada bayi layaknya mengalami komplikasi atau masalah pernapasan.

Bila Anda memang tidak ingin melahirkan dengan caesar, ada langkah atau cara-cara yang dapat dilaukan untuk meminimalisir sistem tersebut yang harus dilewati. Langkah dan cara ini dapat dilakukan hanya bila kondisi Anda serta bayi tidak beresiko serta mesti segera dilakukan prosedur caesar. Dibawah ini ada empat cara menghindari operasi caesar bagi ibu hamil, seperti yang dikutip dari fit pregnancy:

1. Menjauhi induksi bila dibutuhkan
Studi yang telah dilakukan secara berulang-kali menunjukkan persalinan yang dilewati melalui induksi berisiko mengakibatkan caesar. Dr. Michael Klein dari Universitas British Columbia, yang sering meneliti perihal sistem caesar juga menyebutkan perihal yang sama.

Menurut Klein, riset menunjukkan 44% wanita yang baru pertamakali melahirkan serta memperoleh induksi, berakhir dengan melakukan caesar. Bandingkan dengan mereka yang melahirkan dengan alami. cuma 8% dari mereka yang selanjutnya terpaksa caesar.

2. Jangan terburu-buru datang ke rumah sakit
Untuk wanita yang baru pertamakali jadi ibu, tentu akan merasakan kecemasan serta bingung saat mengalami kontraksi sebagai sinyal tanda awal melahirkan. Ketika kontraksi sudah mulai dirasakan, wanita akan merasa ingin terburu-buru datang ke Rumah Sakit. Walau sebenarnya datang terlalu awal untuk melakukan persalinan ternyata dapat menambah risiko Anda melahirkan dengan caesar.

Dr. Elliott Main, direktur kebidanan di Sutter Health, Californa merekomendasikan supaya para ibu melakukan persalinan awal di rumah sendiri, daripada di rumah sakit. Mengapa demikianlah? Menurut Dr. Elliott ini terkait dengan perasaan ibu. Kegelisahan dapat membuat sistem persalinan lebih lambat, jelasnya. Ketika berada di Rumah Sakit, umumnya yang dirasakan yaitu ketidaknyamanan. Ruangan yang tidak homey serta kehadiran orang-orang asing dan beragam pemeriksaan awal waktu baru tiba di rumah sakit dapat membuat kondisi ibu menjadi gelisah, ketimbang tenang.

3. Pilih dokter dan rumah sakit dengan tepat
Bila anda menginginkan proses melahirkan dengan normal, cermati dahulu sebelum menentukan dokter serta rumah sakit untuk proses persalinan. Perbanyak membaca serta mencari informasi dokter serta rumah sakit mana yang memberikan dukungan ibu melahirkan dengan normal.

Anda dapat membaca forum-forum kesehatan serta parenting di internet untuk memperoleh info tentang dokter kandungan yang memberi dukungan melahirkan dengan normal. Pengalaman rekan atau saudara juga dapat dijadikan bahan referensi.

4. Bertanya
sebagian kondisi yang memang darurat, prosedur caesar mesti dilakukan sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa bayi. “Hal itu tidak dapat dinegosiasikan”, tutur Dr. Timothy R.B Johnson, pakar kandungan di Universitas Michigan.

Tetapi, menurut Dr. Timothy, ada kondisi di mana beberapa orangtua dapat mengajukan pertanyaan pada dokter apakah memang proses caesar betul-betul perlu dilakukan. Dia mencontohkan, misalnya dokter menyebutkan bayi terlampau besar untuk dilahirkan dengan sistem normal. “Pembicaraan dapat dilakukan. Anda dapat mengajukan pertanyaan, apakah memanglah bayinya besar? Seberapa besar”, Tuturnya. “Kemampuan kami menduga ukuran bayi tidaklah absolut. Saya dulu menduga bayi beratnya 11 pound, tetapi nyatanya sesudah dilahirkan cuma 7 pound”, jelasnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s