Nabi Isa As akan Turun Ke Bumi lagi:

images (1)

Benarkah? Lalu…. Kapan dan dimanakah Nabi Isa akan Turun ke Muka Bumi? Konon… Nabi Isa turun di saat kaum muslimin akan memerangi Dajjal di saat shalat Shubuh.

Nabi Isa Alaihis salam — yang oleh orang Nasrani disebut Yesus — menjadi bahan kontroversi antara Islam, Nasrani, dan Yahudi. Orang Yahudi mempercayai bahwa mereka telah membunuh Isa, dan orang-orang Nasrani meyakini bahwa Isa telah disalib dan dikubur.

Namun, kaum Muslimin meyakini dengan jelas dan tegas bahwa Nabi Isa tidak disalib atau dibunuh, melainkan ‘diangkat’ oleh Allah SWT. Nabi Isa akan kembali ke dunia, di suatu masa, di akhir zaman.
Nabi Isa Alaihis salam adalah salah seorang dari lima nabi dan rasul yang diberi gelar ‘Ulul Azmi, yakni memiliki sejumlah keistimewaan. Kelima nabi dan rasul yang mendapat gelar itu adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad SAW.

Sejak dilahirkan, Isa sudah memiliki keistimewaan (mukjizat). Yakni bisa berbicara sejak dalam buaian (QS Ali Imran [3]:46, Almaidah [5]:110, Maryam [19]:29-33), menghidupkan orang mati dengan izin Allah, menciptakan burung dari tanah, menyembuhkan orang buta, sakit sopak (kusta) (lihat QS Ali Imran [3]:49), dan menyuguhkan hidangan dari langit (Almaidah [4]:114). Selain itu, Allah SWT juga memberikan padanya sebuah kitab suci, yakni Injil (QS Almaidah [5]:46).

Lalu… Kapan Nabi Isa Turun ke Muka Bumi, pak WEB?
Konon… Nabi Isa turun ke bumi di saat kaum muslimin akan memerangi Dajjal di saat shalat Shubuh.

Ada hadist yang meriwayatkan begini:
1. Dari Abu Umamah Al Bahili, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Imam mereka adalah seorang laki-laki yang shalih. Ketika pemimpin mereka hendak maju ke depan untuk mengimami dalam shalat subuh, tiba-tiba turunlah Isa bin Maryam, maka mundurlah imam mereka ke belakang supaya Isa maju untuk mengimami shalat. Isa lalu meletakkan tangannya di antara dua bahunya (pemimpin mereka) sambil berkata, ‘Majulah engkau dan pimpinlah shalat, karena sesungguhnya ia ditegakkan untuk kalian.’ Akhirnya pemimpin mereka pun mengimami mereka shalat, dan ketika shalat telah usai, Isa berkata,’Bukalah pintu.'(HR. Ibnu Majah no. 4067. Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ Ash Shogir no. 13833 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

2. Dari Jabir bin ‘Abdillah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,”Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang berperang memperjuangkan kebenaran dan meraih kemenangan hingga hari kiamat.”Nabi shallallahualaihi wasallam pun mengatakan,”Kemudian Isa bin Maryam turun ke muka bumi. Lalu pemimpin mereka-mereka tadi mengatakan pada Isa,”Jadilah imam shalat bersama kami.””Tidak. Sesungguhnya di antara kalian sudah menjadi pemimpin bagi yang lain. Allah betul-betul telah memuliakan umat ini”jawab Isa.(HR. Muslim no. 156)

Wow… Dengan 2 hadist diatas. Apakah Mengartikan bahwa Nabi Isa akan Turun dengan Membawa ajaran Baru?

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda,”Bagaimana keadaan kalian apabila Isa putera Maryam itu, turun pada kalian dan menjadi pemimpin kalian?”
Lalu aku berkata kepada Ibnu Abu Dzi’b bahwa al-Auza’i telah menceritakan kepada kami, dari az-Zuhri dari Nafi’ dari Abu Hurairah,”Pemimpin kalian adalah dari kalian.”
Ibnu Abu Dzi’b berkata, “Apakah kamu tahu sesuatu apa (yang dijadikan dasar) memimpin kalian?”
Aku balik bertanya, “Apakah kamu akan mengabarkannya kepadaku?”
Ibnu Abu Dzi’b berkata, “Dia akan memimpin kalian berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasul Kalian shallallahu ‘alaihi wasallam’. (HR. Muslim no.155)

Artinya: Kedatangan Nabi Isa Alaihis salam — yang oleh orang Nasrani disebut Yesus. Kebumi ini. Berdasaran Kitabullah dan Sunnah Rosul. Bukan Kitab Buku apapun sebutannya dan Sunnah Nabi, tapi Kitabullah dan sunnah Rosul. Para Sedulur sudah tau kan, Allah Itu apa dan rosul itu apa… He he he . . . Edan Tenan

Oke deh mbah WEB… Terus, dimanakah Nabi Isa akan Turun ke Muka Bumi?

Ada 33 hadist shahih yang menegaskan bahwa Nabi Isa akan kembali turun ke bumi. Bahkan, ada yang mengatakan sampai 90 hadist,” Dan diantara 33 sampai 90 hadist tersebut, Ada 7 hadist yang pernah sempat saya pelajari Arti makna dan maksudnya;

Tempat Turunnya Isa:
Pertama, Nabi Isa akan turun di Menara Putih, yakni Masjid Bani Umayyah di Damaskus Timur.

Kedua, Isa akan membunuh Dajjal (gembong penjahat yang mengaku sebagai penyelamat) di Dataran Tinggi Golan (Syria).

Ketiga, Isa akan bertemu Ya’juz dan Ma’juz, dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.

Tujuan Turunnya Isa:
Keempat, Isa akan Mendakwahkan Tauhid berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasul. seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad dan nabi-nabi lain sebelumnya.

Kelima, Isa datang, dunia penuh keberkahan. Misalnya, sebutir buah delima bisa membuat 40 orang kenyang.

Keenam, setelah Isa datang, selama tujuh tahun kondisi dunia sangat aman, nyaman, damai dan tentram.

Ketujuh, Ma’afkan… saya tidak bisa mencantumkannya disini. Karena aan menimbulkan banyak kontroversi antar SPIRITUAL.

Ada tiga Sanggahan bagi Segolongan Orang yang Tidak Mengakui Turunnya Nabi Isa Orang-orang yang sesat dan mengagungkan logika (yang dangkal) kadang menggunakan argumen-argumen yang rapuh untuk menyanggah keyakinan bahwa Isa bin Maryam akan turun di akhir zaman.

Di antara alasan mereka menolak keyakinan ini adalah Nabi shallallahualaihi wasallam menyatakan bahwa tidak ada nabi lagi sesudah beliau. Dengan pernyataan semacam ini (yang asalnya dari dalil Quran dan hadits), mereka pun menyanggah dalil-dalil yang menyatakan bahwa Isa bin Maryam akan turun di akhir zaman.

Berikut sanggahan dari Al Qodhi yang dinukil dari Imam An Nawawi rahimahullah.
1. Al Qodhi mengatakan,”Sebagian Mu’tazilah, Jahmiyah dan yang sepaham dengan mereka mengingkari turunnya Nabi Isa alaihissalam. Mereka mengklaim bahwa hadits tersebut tertolak dengan firman Allah Ta’ala bahwa Nabi shallallahualaihi wasallam adalah penutup para nabi.
2. Mereka juga beralasan dengan sabda Nabi shallallahualaihi wasallam,”Tidak ada nabi lagi sesudahku”
3. Mereka beralasan lagi dengan ijma'(kesepakatan) kaum muslimin bahwa tidak ada nabi lagi sesudah Nabi shallallahualaihi wasallam dan syariat Muhammad itulah yang berlaku selamanya hingga akhir zaman, sehingga tidak mungkin dihapus.

Sungguh ini adalah alasan yang sungguh rapuh. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud turunnya Isa alaihissalam bukanlah beliau turun lagi sebagai Nabi yang membawa syariat baru dan menghapus syariat lama. Tidak ada satu pun hadits dan dalil lainnya yang menyatakan semacam ini. Bahkan hadits- hadits yang membicarakan turunnya Isa adalah benar.”

An Nawawi lantas mengatakan,”Sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Al Iman dan selainnya bahwa Isa akan turun sebagai hakim yang adil, berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasul. Beliau akan menghidupkan kembali Hakikat Kitabullah dan Syariat sunnah Rasul yang sudah punah karena ditinggalkan… He he he . . . Edan Tenan… Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu… dari saya untukmu sekalian saudara-saudariku terkasih yang dimuliakan oleh Allah dan di ridhoi oleh Allah Azza wa Jalla Jalla Jalaluhu. Semoga kabar ini bisa bermanfaat dan berkah ya… Terima kasih alias Matur nuwun.

Ttd: Wong Edan Bagu
Pengembara Tanah Pasundan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s