Bagaimana Ego, Dapat Menggunakan Ajaran Spiritual, Untuk Membatalkan, Pencarian Anda Akan Kebenaran?

Profil.7

Oleh: Wong Edan Bagu.
Seperti yang Pernah saya jelaskan dalam wacana/Artikel2 sebelumnya, bahwasanya, kebanyakan orang mulai berjalan jalan spiritual dengan cara sadar ketika mereka menemukan semacam ajaran spiritual atau agama. Orang memiliki kebangkitan atau pengalaman konversi, dan sekarang mereka bergabung dengan agama atau spiritual – organisasi – atau mungkin politik atau amal. Seperti pengalaman kebangkitan selalu merupakan hasil dari kerinduan untuk sesuatu yang lebih, keinginan untuk memahami, arti bahwa harus ada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kehidupan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kerinduan ini – meskipun dapat menyebabkan rasa sakit atau rasa kesendirian dan kekosongan – adalah mekanisme pengaman yang mencegah Anda dari menjadi benar-benar hilang dalam kesadaran dualitas. Ini adalah apa yang kita sebut “pencarian kebenaran,” dan itu adalah kekuatan pendorong di belakang semua pertumbuhan rohani.

Titik penting untuk dipahami adalah bahwa tujuan utama ego Anda adalah untuk mencegah Anda terbangun dengan rasa yang lebih tinggi identitas sebagai makhluk spiritual. Dengan demikian, ia akan melakukan apa saja dalam kekuasaan untuk mendapatkan Anda untuk mengabaikan atau menolak pencarian kebenaran. Seperti yang telah saya jelaskan, ini dapat dicapai hanya secara sementara, dan akhirnya pencarian kebenaran akan muncul kembali. Namun bahkan kemudian, ego Anda tidak akan menyerah. Bahkan, ego akan mengambil ajaran spiritual atau agama yang berfungsi sebagai alat luar untuk kebangkitan Anda, dan akan berusaha untuk menggunakannya untuk menetralisir pencarian Anda untuk kebenaran. Wacana ini akan mengekspos beberapa metode yang menggunakan ego untuk mencapai tujuan yang terus-menerus mencoba untuk memastikan bahwa langkah terbaru Anda telah mengambil jalan spiritual menjadi langkah terakhir yang pernah Anda ambil.

Impian sia-sia dari keselamatan dijamin;
Sebagaimana dijelaskan dalam wacana/artikel2 sebelumnya, kebenaran salah satu dari pikiran Kehidupan di atas dan di luar dualistik banyak “kebenaran” yang diciptakan oleh pikiran anti-Kehidupan. Dengan demikian, esensi pencarian Anda untuk kebenaran adalah kerinduan untuk pengalaman langsung dari sumber kebenaran, Roh Kebenaran. Ini adalah pengalaman yang merupakan kebenaran yang akan membuat Anda bebas dari ego. Tidak ada buatan manusia, sistem kepercayaan dualistik dapat melakukan ini untuk anda.

Ego, tentu saja, tidak akan pernah mengerti kebenaran ini. Oleh karena itu, adalah untuk mencari menyesatkan pencarian Anda untuk kebenaran dan membuat Anda percaya bahwa Anda dapat menemukan beberapa kebenaran hakiki atau mutlak di dunia ini dan bahwa kebenaran dualistik dapat menjamin keselamatan Anda.

Hasil umum dari pengalaman kebangkitan adalah bahwa orang mulai percaya bahwa dengan bergabung dengan organisasi luar, mereka telah entah bagaimana “berhasil,” telah disimpan atau telah tiba di tujuan akhir. Kepercayaan ini selalu dipromosikan oleh ego karena ingin Anda percaya bahwa dengan tindakan hanya melangkah ke ajaran ini “akhir” atau organisasi, Anda secara otomatis memenuhi syarat untuk keselamatan. Mungkin organisasi mendefinisikan sebuah proses bagi Anda untuk pergi melalui, namun demikian, ego ingin Anda percaya bahwa selama Anda tetap dalam organisasi dan terus mengikuti persyaratan luarnya, keselamatan Anda dijamin.

Realitas situasi ini, bagaimanapun, bahwa ego telah berhasil menggiring Anda ke flip yang sekarang akan mencoba untuk berubah menjadi kotak tertutup, penjara mental yang perangkap Anda tanpa batas waktu di jalan yang salah untuk keselamatan. Dengan membuat Anda percaya bahwa keselamatan Anda sekarang dijamin, ego telah dinetralkan pencarian Anda untuk kebenaran. Ego sering dapat membungkam kerinduan batin Anda untuk waktu yang tidak terbatas, tentu untuk sisa satu seumur hidup.

Dengan demikian, ada jutaan orang yang percaya bahwa mereka adalah orang-orang religius atau spiritual dan bahwa mereka diselamatkan atau membuat kemajuan besar. Namun, dalam kenyataannya, mereka telah berhenti kemajuan rohani mereka dan membiarkan ego mereka untuk menjebak mereka dalam sikap “suci-daripada-Engkau”. Ini adalah rasa palsu kebenaran yang saya mencela sangat tegas dalam ahli-ahli Taurat dan orang Farisi. Kebenaran yang sejati adalah kesadaran Hidup di mana Anda tidak pernah berhenti melampaui diri sendiri dan dengan demikian aliran dengan Sungai Kehidupan yang adalah Roh Kebenaran Allah yang Hidup bukan berhala ego buatan.

Kekuatan pendorong di belakang pencarian Anda untuk kebenaran adalah bahwa Anda mengajukan pertanyaan. Namun ketika ego membuat Anda percaya pada keselamatan dijamin, itu telah membuat Anda menerima bahwa ada beberapa pertanyaan Anda baik tidak diperbolehkan untuk bertanya atau tidak perlu bertanya. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi untuk meregangkan pikiran dan meraih pemahaman yang semakin mendalam dari sisi spiritual dari kehidupan. Cukup menerima doktrin organisasi Anda dan berhenti memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih halus atau sulit. Anda kemudian akan mencegah atau membatalkan kontak batin langsung dengan Roh Kebenaran, yang merupakan faktor HANYA yang membawa Anda melampaui keyakinan dualistik dari ego.

Misalnya, Anda melihat banyak orang Kristen, Islam, Hindhu atau yang lainya memberikan ajaran-ajaran yang melampaui apa yang “semua kekuasaan di surga dan di bumi.” mengatakan di dalam Alkitab Kristen, Islam, Hindhu atau yang lainya. Mereka telah mengubah Alkitab ke dalam kotak tertutup. Sampai mereka menemukan ajaran-ajaran yang bertentangan dengan keyakinan mereka bahwa semuanya baik-baik. kekuatan gelap atau kebutuhan untuk mengambil sikap tegas untuk kebenaran. Mereka telah berubah konsep menjadi semacam ke dalam kotak tertutup dan tidak akan membiarkan saya membawa mereka keluar dari itu. Dengan demikian, ego mereka telah menjadi guru mereka.

Dengan kata lain, ego kini telah menciptakan penjara mental yang sempurna di mana Anda merasa relatif konten. Anda berpikir bahwa selama Anda tinggal di penjara, maka kamu akan diselamatkan. Dan Anda pikir Anda tidak harus melihat di luar penjara. Selama Anda menerima pendekatan ini untuk spiritualitas dan keselamatan, ego Anda dapat merasa aman karena tahu bahwa Sadar Anda tidak akan pernah menemukan keberadaan ego.

Jika Anda mulai melihat melalui ilusi keselamatan otomatis melalui organisasi luar atau guru, ego masih bisa menang. Banyak orang telah menyadari bahwa suatu organisasi tertentu atau guru adalah bukan apa yang mereka pertama kali berpikir untuk menjadi. Namun bukannya mencari sesuatu yang lebih baik, mereka menyerah di jalan spiritual, yang berarti mereka sekarang memiliki apa-apa untuk memimpin mereka di luar logika ego. Ego telah memenangkan cara baik.

Hitam-dan-putih, abu-abu dan seterusnya
Mari kita lihat bagaimana hitam-dan-putih dan abu-abu pendekatan yang berhubungan dengan ini:

Ketika Anda mengambil pendekatan hitam-dan-putih, Anda berpikir ada kebenaran dalam satu sistem kepercayaan. Dengan demikian, Anda tidak perlu melihat ide luar sistem keyakinan Anda. Bahkan, Anda harus menolak semua ide-ide seperti berbahaya. Hal ini menjelaskan mengapa banyak orang Kristen percaya bahwa segala sesuatu yang tidak sesuai dengan Alkitab adalah iblis dan mengapa beberapa orang New Age berpikir mereka harus mendengarkan hanya untuk guru mereka. Dengan kata lain, Anda menjadi terjebak dalam satu sistem kepercayaan dan tidak pernah dapat bergerak di luar itu. Pendekatan ini didasarkan pada rasa takut, rasa takut bahwa membuka pikiran Anda membuat Anda rentan terhadap ide-ide palsu. Ini adalah ego mengatakan bahwa kecuali jika Anda memungkinkan untuk mengendalikan Anda, Anda akan pergi ke neraka.

Ketika Anda mengambil pendekatan abu-abu, Anda berpikir tidak ada ide yang salah. Dengan demikian, Anda bersedia untuk mencari ide-ide dalam banyak sistem kepercayaan yang berbeda, yang bisa menjadi lebih berpikiran terbuka. Namun jika Anda tidak memiliki kemauan untuk membedakan (seperti yang dijelaskan dalam wacana sebelumnya), orang sering berakhir melakukan apa yang saya sebut guru-hopping. Mereka pergi dari guru ke guru sampai mereka menemukan satu yang menegaskan keyakinan mereka bahwa mereka dapat diselamatkan tanpa cerdas dan menghadapi ego mereka. Atau mereka terus pergi dari guru ke guru, terus berpikir bahwa yang berikutnya akan melakukan semuanya untuk mereka, sambil menolak untuk melihat bahwa tidak ada pertumbuhan rohani yang serius adalah mungkin sampai mereka bertanggung jawab atas jalan mereka dan berolahraga built-in kemampuan mereka untuk mengetahui kebenaran dari sumber batin. Pendekatan ini didasarkan pada kebanggaan, keyakinan bahwa Anda tidak mungkin salah. Ini adalah ego mengatakan bahwa itu adalah selalu benar.

Meskipun kedua pendekatan dapat terlihat sangat berbeda, kenyataannya adalah bahwa mereka didasarkan pada psikologi dasar yang sama, yaitu keengganan untuk mencapai di luar dualitas ego dan mencapai penegasan yang bisa datang hanya dari pikiran Hidup. Hanya melalui pikiran Hidup – yang merupakan pintu terbuka bahwa manusia tidak dapat ditutup – bahwa Anda dapat mengalami Kebenaran Hidup. Dan hanya ini selamanya diri melampaui kebenaran yang akan membuat Anda terbebas dari “kebenaran” dualistik – gambar patung – didefinisikan oleh ego dan penguasa dunia ini.

Ini adalah titik penting bahwa semua pencari spiritual yang tulus perlu merenungkan. Mekanisme yang dapat membawa Anda melampaui penjara ego adalah pencarian kebenaran. Dengan demikian, ego selalu berusaha untuk menghentikan pencarian ini. Jika tidak dapat menghentikan Anda dari mengajukan pertanyaan, ia akan berusaha untuk mengalihkan perhatian Anda. Aspek utama dari upaya ego bahwa mereka berusaha untuk membuat Anda percaya bahwa akhir, kebenaran mutlak dapat ditemukan di dunia ini-di salah satu sistem kepercayaan dari dunia ini.

Namun, seperti yang saya telah mencoba untuk menjelaskan dalam wacana sebelumnya, kebenaran tidak bisa terbatas pada kata-kata dan gambar yang digunakan dalam dunia material. Kebenaran adalah Hidup, dan dengan demikian Anda dapat mengetahui kebenaran hanya dengan memiliki pengalaman, langsung bagian dalam Roh Kebenaran. Namun untuk memiliki pengalaman ini – untuk mengetahui satu Allah yang benar – Anda harus bersedia untuk melihat melampaui patung berhala – berhala – yang diciptakan di dunia ini.

Ego sedang mencoba untuk membuat Anda percaya pada keyakinan sendiri keliru, yaitu bahwa ia Roh Kebenaran dapat ditangkap dalam – terbatas – suatu sistem kepercayaan di dunia ini. Jika Anda mempercayai kebohongan ini, Anda akan membatasi pencarian Anda untuk kebenaran ke kotak mental tertentu, dan dengan demikian Anda tidak akan menemukan Roh Kebenaran-kecuali mungkin dalam sekilas langka. Ego Anda tidak akan pernah melihat bahwa Roh Kebenaran bertiup ke mana ia mau, dan dengan demikian tidak dapat dibatasi. Namun Sadar Anda harus dapat melihat kebenaran ini dan kemudian memutuskan untuk meraih pengalaman langsung.

Biarkan aku menjadi jelas. Selama Anda sedang mencari kebenaran di luar diri sendiri, Anda tidak akan pernah menemukan Kebenaran Hidup. Hanya ada NO sistem kepercayaan di planet ini yang akan menjamin keselamatan Anda. Tidak ada sistem luar yang bisa membawa Anda – otomatis – untuk pencerahan, karena pencerahan adalah kondisi batin yang dapat dicapai hanya dengan terus melihat melampaui SEMUA sistem kepercayaan luar sampai seseorang mencapai keadaan permanen kesatuan dengan Roh Kebenaran.

Mencatat perbedaan halus di sini. Saya TIDAK mengatakan bahwa semua sistem kepercayaan yang palsu atau bahwa itu adalah salah untuk mengikuti sistem kepercayaan atau guru. Namun untuk membuat kemajuan spiritual tertinggi, Anda harus menyadari mekanisme dimana ego Anda mengubah sistem kepercayaan luar ke dalam kotak tertutup. Jika Anda tidak menyadari hal ini, Anda pasti akan terjebak oleh ego dan kemajuan Anda akan datang ke berhenti-bahkan jika Anda telah mengikuti ajaran dan rajin melakukan praktek selama bertahun-tahun.

Perhatikan bahwa ego dapat menggunakan bahkan ajaran spiritual yang benar dan sah – bahkan pengajaran yang dirilis langsung oleh Hidup dalam Kehidupan – untuk membuat kotak tertutup. Setelah mengajar yang dinyatakan dalam kata-kata, memasuki bidang dualitas, dan sekarang dapat digunakan oleh ego. Tidak ada jaminan terhadap ini-kecuali kewaspadaan pribadi Anda dan penegasan!

Juga perhatikan bahwa di sini adalah hanya salah satu cara untuk memiliki kearifan sejati. Dalam rangka untuk mengekspos kebenaran dualistik yang diciptakan oleh ego, Anda harus memiliki kerangka acuan, Anda harus tahu kebenaran yang tidak dualistis. Hal ini dapat dicapai hanya melalui pengalaman, langsung bagian dalam Roh Kebenaran, dimana Anda memiliki pengalaman langsung dari Kebenaran Hidup dan dengan demikian dapat langsung mengekspos semua doktrin mati berasal dari pikiran anti Hidup. Dapatkah Anda melihat bahwa tidak ada ajaran luar dapat melakukan ini untuk Anda? Hanya ada NO pengganti pengalaman langsung dari Roh Kebenaran.

Biarkan saya menunjukkan bahwa ada banyak orang yang akan membaca laporan dan berpikir mereka tidak berlaku untuk mereka. Mereka akan berpikir bahwa mereka benar-benar telah menemukan sistem guru atau keyakinan utama, dan dengan demikian ego mereka tidak mungkin menjebak mereka. Ada juga orang-orang yang akan berpikir bahwa mereka memiliki sebuah pemahaman intelektual canggih jalan – bahkan mungkin ego – bahwa mereka tidak mungkin tertipu. Namun ego yang halus, dan justru orang-orang yang berpikir mereka berada di atas ego yang terjebak dalam senjata yang paling halus dari ego, kebanggaan yaitu intelektual dan spiritual. Ini adalah topik yang saya akan berbicara lebih banyak tentang nanti.

Keluar dari hutan;
Mari saya ilustrasikan proses pertumbuhan rohani dengan sebuah perumpamaan. Bayangkan bahwa Anda memiliki sekelompok orang yang terperangkap di sebuah ngarai yang dalam dengan dinding vertikal yang tidak bisa dipanjat. Jurang cukup besar untuk memberi orang segala sesuatu yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Hal ini ditutupi dengan hutan lebat yang mencegah mereka dari melihat puncak tebing. Di atas tebing orang lain yang tahu dunia jauh lebih besar daripada jurang. Jadi untuk membantu orang-orang di dalam jurang, mereka telah menurunkan berbagai perangkat, seperti tali dan tangga, sehingga orang bisa memanjat keluar dari jurang.

Banyak orang di jurang menyadari perangkat tersebut. Beberapa dari mereka telah berkumpul sekitar satu perangkat dan percaya bahwa suatu hari beberapa makhluk superior akan turun perangkat dan menyelamatkan mereka. Lainnya pergi dari perangkat ke perangkat tanpa bisa menetap di satu. Lain mengklaim bahwa perangkat mereka adalah satu-satunya yang benar dan bahwa semua yang lain palsu atau berbahaya. Beberapa bahkan berusaha untuk menghancurkan semua perangkat selain mereka sendiri. Namun hampir setiap orang yang memutuskan untuk memanjat salah satu perangkat untuk melihat apa yang berada di atas kanopi hutan.

Apakah Anda melihat poin saya? Setiap perangkat memiliki bentuk tertentu. Tujuan dari perangkat ini adalah untuk memungkinkan orang untuk naik lebih tinggi, baik itu menginjak tangga atau knot di tali. Dengan kata lain, bentuk tertentu dari perangkat tersebut hanya dimaksudkan untuk menjadi alat sementara untuk mencapai tujuan, yaitu untuk mengangkat orang-orang di atas kebutaan berada di hutan lebat. Ini bukan tujuan dari perangkat untuk memberikan orang beberapa kebenaran hakiki tentang apa dunia tampak seperti di atas hutan. Untuk benar-benar mengetahui realitas yang lebih besar, Anda harus mengalaminya sendiri dan perangkat dimaksudkan untuk memfasilitasi pengalaman itu.

Bentuk perangkat tidak selalu mengatakan apa-apa tentang apa yang berada di atas hutan. Apa yang bisa bentuk tertentu dari simpul pada tali mungkin memberitahu Anda tentang apa langit terlihat seperti? Demikian juga, mungkin ada lebih dari satu perangkat yang bisa mengangkat orang ke kejelasan atas hutan. Tentunya, beberapa perangkat mungkin tidak mampu mengangkat orang di atas jurang, jadi salah satu kebutuhan untuk berhati-hati. Beberapa mungkin dibuat dari tali yang telah membusuk dan mungkin menyebabkan Anda jatuh ke tanah. Orang lain mungkin telah terputus dari tepi tebing, sehingga mengarah hanya pada puncak pohon. Orang lain mungkin telah diturunkan oleh orang-orang yang telah memanjat pohon, dan meskipun mereka dapat membawa Anda di atas tanah, mereka tidak bisa membawa Anda melampaui jurang. Maksud saya adalah bahwa meskipun dibutuhkan untuk melaksanakan penegasan dan mengevaluasi kondisi dan asal perangkat, seseorang tidak harus menjadi terlalu melekat pada bentuk khusus dari perangkat apapun.

Artinya adalah, tentu saja, bahwa perangkat mendaki adalah simbol untuk ajaran spiritual yang ditemukan di dunia ini. Ada beberapa yang benar yang berpotensi dapat membawa Anda melampaui kurungan jurang – kesadaran dualitas ego – dan memungkinkan Anda untuk melihat perspektif yang lebih besar kebenaran Kristus. Jadi Anda tidak harus memungkinkan ego Anda untuk membuat Anda melekat pada bentuk khusus dari satu pengajaran. Tidak ada ajaran yang benar dirancang untuk memberikan kebenaran mutlak. Hal ini dirancang untuk memberikan serangkaian langkah-langkah yang – jika Anda mendaki mereka – dapat membawa Anda ke pengalaman langsung dari Roh Kebenaran. Ini adalah pengalaman langsung yang akan meningkatkan kesadaran Anda, bukan pemahaman intelektual dari ajaran luar. Dengan demikian, memanjat tangga setiap berlaku bukan berdebat dengan orang lain di mana tangga adalah satu-satunya yang benar!

Pesan penting dari ajaran spiritual yang benar adalah bahwa ada sesuatu di luar pengajaran. Ajaran luar hanya dimaksudkan untuk menunjukkan kebenaran Allah yang ada di dalam Anda. Jadi jika Anda membiarkan ego Anda untuk membuat Anda percaya bahwa Anda dapat mencapai kerajaan dengan tinggal di sebuah kotak tertutup – didasarkan pada bentuk khusus dari ajaran luar – Anda tidak akan pernah masuk ke dalam kesempurnaanya.

Bagaimana ajaran hidup menjadi doktrin yang sempurna?
Ada dua cara dimana ego pribadi Anda dapat menggunakan pengajaran luar untuk menjebak Anda dalam sebuah kotak tertutup dan mencegah Anda meraih kebenaran non-dualistik Hidup:

Bagi kebanyakan orang ego pribadi tidak cukup kuat untuk datang dengan sebuah sistem kepercayaan sendiri, sehingga terlihat untuk sistem kepercayaan siap pakai yang mengklaim memiliki beberapa bentuk sempurna, atau otoritas mutlak. Bentuk otoritas adalah otoritas eksternal, seperti klaim Gereja Katolik menjadi satu-satunya gereja Kristus yang sejati karena suksesi paus akan sepanjang jalan kembali ke Petrus. Seperti klaim Masjid yang yang katanya rumah Allah, Pura dan sejenisnya. Bahkan, seperti lebih keterlaluan atau berani klaim kepada otoritas sempurna adalah, semakin besar kemungkinan bahwa ego dari beberapa orang akan menerimanya. Tujuannya, tentu saja, untuk membuat Anda percaya bahwa keselamatan Anda dijamin sehingga Anda tidak perlu lagi untuk berpikir.

Setelah itu telah membuat Anda menerima ajaran eksternal sebagai memiliki otoritas sempurna, ego Anda akan datang dengan satu set versi pribadi dari luar doktrin. Ini dirancang sesuai dengan kepribadian Anda dan keyakinan, sehingga mereka sangat bervariasi dari orang ke orang. Kebanyakan orang religius dan pencari spiritual yang paling berpengalaman tidak menyadari bahwa mereka telah menciptakan versi pribadi seperti doktrin gereja mereka.

Sebagai contoh, banyak umat Katolik dan muslim akan mengklaim bahwa mereka benar-benar percaya pada doktrin resmi, tetapi dalam kenyataannya mereka percaya pada versi pribadi dari doktrin resmi. Versi ini memungkinkan personalisasi ego mereka untuk menyembunyikan dan memungkinkan orang untuk menjalani kehidupan mereka dengan cara yang mereka ingin-sementara masih percaya mereka adalah orang Katolik atau muslim yang baik yang akan diselamatkan. Dengan kata lain, doktrin pribadi memungkinkan orang untuk melanggar perintah-Ku tanpa berpikir mereka melakukannya. Mereka kemudian dapat mempertahankan ilusi bahwa mereka adalah umat Katolik yang baik dan keyakinan bahwa keselamatan mereka dijamin. Anda, tentu saja, menemukan mekanisme yang sama dalam semua agama lain dan dalam ajaran New Age. Orang-orang yang terjebak dalam pemikiran abu-abu telah mengambil pendekatan ini yang ekstrim.

Mari saya berikan beberapa contoh tentang bagaimana ego dapat menyalahgunakan ajaran spiritual untuk menciptakan sebuah kotak tertutup. Beruang di pikiran. Fakta-faktanya berikut ini:

Setelah mengajar yang dinyatakan dalam kata-kata, ia telah menjadi “membeku dalam waktu.” Mengajar tidak akan berubah dengan sendirinya, dan jika koneksi ke sumber pengajaran hilang (meninggal dunia guru asli atau sambungan ke Hidup adalah rusak), pengajaran tidak dapat diperbaharui dari atas. Ego kemudian memiliki kesempatan sempurna untuk mengubahnya menjadi ajaran “utama” yang tidak pernah perlu mengubah karena sudah sempurna.

Tidak ada pengajaran dinyatakan dalam kata-kata yang tidak dapat diselewengkan oleh ego. Ini hanya tidak mungkin – mengingat tingkat saat kesadaran di Bumi – untuk mendatangkan suatu ajaran ego-bukti.

Ego tidak akan pernah memahami tujuan sebenarnya dari suatu ajaran spiritual, yaitu untuk membantu Anda mencapai koneksi langsung ke Roh Kebenaran.

Saya tahu ini akan tampak seperti kontradiksi, tapi untuk ego tidak ada hal seperti itu sebagai kebenaran mutlak-yaitu kebenaran yang berasal dari luar kesadaran dualitas. Ego melihat setiap ajaran spiritual hanya sebagai konsep lain yang dapat diperdebatkan dan diinterpretasikan sesuai dengan penalaran yang dualistik. Namun sekali ego telah ditafsirkan pengajaran cara ingin – telah menciptakan versi sendiri dari doktrin luar – itu akan meningkatkan versi yang ke status infalibilitas, berusaha untuk membuat Anda berpikir Anda tidak boleh mempertanyakannya. Itulah mengapa ego dari dua orang bisa menafsirkan kata-kata yang sama dengan cara saling eksklusif, namun ego masing-masing benar-benar yakin bahwa interpretasinya adalah satu-satunya yang benar.

Apakah Anda melihat titik halus? Ego TIDAK mencari kebenaran mutlak – yang berarti pengalaman langsung dari Roh Kebenaran – tetapi berusaha untuk mengambil ekspresi relatif “kebenaran” dan mengangkat ke status menjadi mutlak. Hal ini tidak berusaha untuk menemukan kebenaran mutlak tetapi untuk mendefinisikannya berdasarkan penalaran sendiri dualistik nya.

Modus operandi ego adalah bahwa hal itu akan mencari pernyataan dalam ajaran spiritual yang dapat ditafsirkan sebagai memberi kewenangan mutlak untuk mengajar, untuk orang yang melepaskan pengajaran atau memberikan keunggulan kepada pengikut ajaran. Setelah ego telah ditemukan atau didefinisikan pernyataan mutlak seperti itu, akan berusaha untuk membangun suatu budaya dalam organisasi yang membuat orang percaya bahwa mereka tidak perlu mempertanyakan laporan mutlak. Mereka diangkat ke status infalibilitas, yang berarti sebagai berikut:

Mengajar berasal dari dan merupakan seratus persen didukung oleh otoritas-sering setinggi mungkin Tuhan atau wakil Allah tertinggi di Bumi (perhatikan bahwa untuk semua perwakilan Allah yang sejati, penilaian nilai yang berarti Hidup tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari Sang Buddha dalam arti manusia).

Karena hanya ada satu kebenaran – atau jadi ego percaya – semua ajaran lainnya adalah palsu.

Jika Anda mengikuti ajaran palsu, Anda pergi ke neraka, tetapi jika Anda mengikuti ajaran-satunya yang benar, keselamatan Anda dijamin.

Pengajaran yang lebih tinggi atau lebih baik daripada pengajaran lainnya, yang berarti bahwa pengikutnya lebih baik dari semua non-anggota.

Karena mengajar adalah mutlak, tidak pernah bisa diubah atau diperluas. Bahkan, ada yang harus berubah dan Anda harus mengikuti ajaran dengan cara itu selalu dilakukan.

Karena mengajar adalah mutlak, tidak pernah bisa menjadi ajaran yang lebih tinggi atau lebih maju. Dengan demikian, Anda dapat menyisihkan kerinduan Anda untuk sesuatu yang lebih, pencarian Anda untuk kebenaran. Pencarian kini telah digenapi dalam Anda menemukan ajaran ini di sini di Bumi.

Karena Anda memiliki ajaran yang sempurna, tidak ada kebutuhan untuk mencari pengalaman langsung dari Roh Kebenaran. Bahkan, pengalaman seperti itu adalah baik tidak mungkin, tidak perlu atau disediakan untuk para pemimpin yang kemudian akan memberitahu Anda apa yang harus percaya berdasarkan pengalaman sempurna mereka. Dalam agama-agama ortodoks kebanyakan, pengalaman langsung dari Roh Kebenaran tidak disarankan atau dilarang. Itulah sebabnya para pemimpin Yahudi sangat marah ketika saya berkhotbah bahwa Kerajaan Allah ada di dalam dirimu, yang berarti bahwa Anda tidak perlu imamat luar untuk memberitahu Anda apa yang benar. Anda dapat menghubungi sumber kebenaran di dalam diri Anda.

Karena pengajaran memiliki kewenangan mutlak, yang Anda pikir Anda bisa mengajukan pertanyaan atau mencari pemahaman yang lebih dalam pengajaran dari apa yang para pemimpin yang memberi Anda?

Jika Anda mengajukan pertanyaan bahwa para pemimpin tidak bisa menjawab, ada sesuatu yang salah dengan pertanyaan itu. Jika Anda tidak puas dengan jawaban resmi, ada sesuatu yang salah dengan Anda. Jika Anda mempertanyakan pemimpin atau doktrin resmi, Anda mempertanyakan Allah dan akan masuk neraka.

Efek keseluruhan adalah bahwa Anda bisa melupakan tentang pencarian kebenaran dan hanya mengikuti doktrin luar dan aturan sistem kepercayaan yang mengklaim dapat membawa Anda ke tanah yang dijanjikan. Sekarang bahwa Anda telah menemukan ajaran spiritual tertinggi, Anda tidak perlu lagi berpikir, Anda tidak lagi perlu menggunakan fakultas intuitif yang menyebabkan Anda untuk mencari sebuah ajaran spiritual di tempat pertama. Hanya meninggalkan mereka di pintu dan melupakan semua tentang mereka.

Anda telah melihat hampir setiap agama dan gerakan spiritual di Bumi dipengaruhi oleh pola pikir ini ke tingkat yang lebih kecil atau lebih besar. Beberapa telah menjadi begitu menahan bahwa mereka telah kehilangan setiap elemen dari Kebenaran Hidup, sehingga menjadi hampir tidak berguna, sementara pengikut mereka masih percaya bahwa mereka adalah satu-satunya pergi ke Surga.

Salah satu skenario yang umum adalah bahwa organisasi menjadi terlalu fokus pada utusan. Masalahnya di sini adalah – seperti biasa – dualitas ego. Banyak orang begitu terjebak oleh kebutaan rohani dari ego mereka bahwa mereka tidak akan menerima utusan apapun kecuali ia memiliki beberapa jenis otoritas dunia lain. Namun jika kita membangun otoritas tersebut dengan menetapkan Firman Maha Hidup dan Sabda Hidup, ego akan segera mengambil terlalu jauh dan membangun budaya organisasi yang mengatakan organisasi ini adalah satu-satunya disponsori dan utusan ini adalah utusan-satunya yang benar.

Semoga Bermanfa’at Dan Berkah….
Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu….
Ttd: Wong Edan Bagu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s