Bagaimana Cara Makan Se’ekor Gajah?

Bagaimana Cara Makan Se’ekor Gajah?
Oleh: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
Brebes Kamis tgl 11 Des 2014

Bagaimana cara anda makan seekor gajah? ….. Waeettt..!!!
Jawabannya : dalam sekali gigit sekaligus.

Ini bukan betul-betul anda makan seekor gajah. Ini hanyalah sebuah pepatah. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar pepatah tersebut, kan…

Kita seringkali gagal menerapkan pepatah tersebut dalam kehidupan kita. Jika anda menggambarkan seekor gajah sebagai sebuah tujuan yang sangat besar dimana hidup anda sangat bergantung pada tujuan tersebut, maka anda sedang merencanakan diri anda pada sebuah kekecewaan. Mengapa bisa begitu?

Ini bukan saja tentang tujuan-tujuan besar yang anda kejar;
Banyak orang melakukan kesalahan utama dengan hanya fokus pada tujuan-tujuan besar mereka. Jika misalkan tujuan hidup anda ingin menjadi seorang pengarang novel yang laris dan ternama, wow luar biasa, itu adalah tujuan yang sangat besar. Bukannya tidak baik, namun jika anda begitu bergantung pada kepuasan pribadi dalam mencapai tujuan anda tersebut, anda justru akan tidak bahagia untuk waktu yang lama (kemungkinan selama hidup anda).

Memiliki tujuan jangka panjang sangat baik dan perlu, sebab hal tersebut akan membuat kita bekerja keras dan melakukan yang terbaik untuk dapat mencapainya. Namun, untuk setiap tujuan jangka panjang yang anda buat, anda juga harus memiliki tujuan-tujuan jangka menengah dan pendek.

Jika menjadi seorang penulis novel yang laris dan terkenal adalah tujuan jangka panjang anda, apakah kira-kira tujuan yang lebih kecil yang harus anda capai selama perjalanan anda tersebut? Mungkin untuk saat ini, anda harus mencari dan menciptakan karakter yang tepat yang akan anda masukkan dalam novel pertama anda.

Keindahan tujuan-tujuan kecil;
Ketika anda memiliki tujuan-tujuan kecil, ada beberapa keuntungan yang didapat.
Pertama, tujuan kecil memberi anda sesuatu hal sehingga anda dapat fokus. Jika anda ingin menjadi pengarang novel yang laris dan terkenal, bagaimana anda dapat membuat hal tersebut menjadi kenyataan? Jika anda tidak mengetahui hal spesifik yang harus anda kerjakan, anda akan frustasi.

Ditambah seiring dengan berjalannya waktu, anda akan dipusingkan oleh kata-kata yang selalu ada di benak anda : ”mengapa tujuan saya belum saja tercapai”, sementara di sisi lain anda tidak yakin dengan apa yang anda lakukan. Namun ketika anda memiliki tujuan kecil, seperti telah saya sebutkan diatas, yaitu mencari karakter yang tepat terlebih dahulu, anda pasti lebih fokus dan akan mendapatkan inspirasi untuk melakukan tindakan berikutnya.

Kedua, anda akan menikmati kepuasan dalam pencapaian tujuan-tujuan anda. Meskipun hal tersebut adalah tujuan kecil, perasaan anda akan jauh lebih baik, anda akan merasakan sedikit kelegaan ketika anda men-check list hal yang telah selesai dilakukan (entah itu di kertas kerja anda atau hanya sekedar di otak anda). Keberhasilan anda menemukan karakter untuk novel pertama anda, berarti anda telah melewati sebagian perjalanan panjang anda dan anda sedang on the right track menuju pencapaian tujuan besar anda.

Hidup adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan;
Kepuasan hidup anda akan jauh lebih tinggi jika anda memandang hidup sebagai sebuah rangkaian tujuan-tujuan kecil, dibandingkan dengan satu tujuan penting yang besar yang mungkin anda tidak akan meraihnya. Bukan berarti anda tidak boleh memiliki tujuan besar, justru anda harus memiliki tujuan besar tersebut, namun yang tak kalah pentingnya anda juga harus memiliki tujuan-tujuan kecil agar anda dapat lebih fokus selama perjalanan panjang anda.

Jika misalkan anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 20 kg, itu adalah hal yang luar biasa. Tetapi jangan hanya terpaku pada satu tujuan besar itu saja. Jika anda melakukan hal tersebut, maka setiap kali anda menimbang berat badan anda, maka pikiran anda akan dihantui oleh pernyataan : ”mengapa saya belum mencapai berat badan yang saya inginkan?” dan anda akan mulai berpikir gagal dalam otak anda.

Jadi mulailah memecah (break down) tujuan besar anda tersebut menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil (baca juga Keajaiban Memulai Dari Hal-Hal Kecil). Ada banyak tujuan kecil yang dapat anda lakukan meskipun hanya menurunkan berat badan anda 0.5 kg. Mungkin anda perlu membaca buku-buku tentang penurunan berat badan, belajar membuat masakan yang sehat atau mengikuti klub kebugaran. Rangkaian pencapaian-pencapaian kecil akan membuat anda on the track dan menjaga perasaan anda tetap baik terhadap hidup anda sendiri.

Jadi sangatlah baik jika anda berhenti makan seekor gajah sekaligus dan janganlah lupa untuk menikmati gigitan-gigitan kecil selama perjalanan.🙂
HE HE HE . . . EDAN TENAN.:-) SALAM RAHAYU KANTI TEGUH SLAMET BERKAH SELALU SAUDARA-SAUDARIKU SEMUANYA TANPA TERKECUALI… SEMOGA POSTINGAN SAYA KALI INI. BISA LEBIH BERMANFAAT LAGI DARI ARTIKEL-ARTIKEL SEBELUMNYA…
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
https://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s