Agama Yang Berkembang Pesat dan SESAT !

IMG1363A

Agama apakah yang berkembang paling pesat di Eropa saat ini? Jawabannya tentu saja Islam. Ah, mana sih ada orang yang sampai tidak tahu? Namun di tulisan kali ini simbah sama sekali tidak menulis tentang Islam. Lagian khan judulnya tentang agama yang berkembang sesat, nanti kepala saya bisa bonyok nih karena nyebut Islam sesat. Di topik kali ini saya akan menulis agama merek lain yang juga tidak kalah pesatnya dan tidak diduga oleh banyak orang. Agama yang dimaksud adalah Hindu.

Ha..ha..! Lucu Mbah WEB! Aku sampai sakit perut menahan tawa! Emang masih ada yang jual? Ha..ha..
Bagus! Memang seperti inilah seharusnya sikap kita kalau membahas agama yaitu penuh senyum dan gelak tawa, sedangkan kalau topiknya tentang kekerasan dan terorisme ya harus rusuh dan jual beli makian. Tahukan anda bahwa wordpress dan facebook saya ini berusaha menulis topik yang tidak anda tahu…? Lha, kalau semua orang sudah pada tahu, untuk apa saya tulis lagi?”…hehe

Ok deh Mbah WEB… Tapi apa buktinya Hindu berkembang paling pesat?

Bukti? Nah, ini yang susah Lee,,, karena jujur saja, buktinya adalah….TIDAK ADA. Tahukah Anda bahwa Hinduisme (dan juga Buddhisme) hanyalah sekedar ajaran doang jadi sifatnya “bebas”. Tidak ada istilah pindah agama, siapapun bisa mempelajarinya dan mengambil “seperlunya saja”, yang dianggap bermanfaat doang. Mahabrata dan Ramayana contohnya, pada dasarnya adalah merupakan kitab suci jenis Itihasa namun dibaca oleh banyak orang tanpa perlu pindah agama bukan?

Ha..ha…ha…Edan tenan… Semakin ngawur saja nih ceritanya….
Agar topik ngawur ini tidak semakin ngawur maka saya langsung masuk ke pembahasan utamanya. Ada banyak sekte hindu yang berkembang di negeri barat namun di tulisan ini hanya akan membahas satu sekte saja yaitu Hare Krishna.

Hare Krishna itu apa’an sih ?
Setelah membaca sejumlah tulisan kata di atas, mungkin ada pembaca yang penasaran ingin tahu, tentang sekte ini. Hare Krishna adalah istilah yang asing bagi kebanyakan orang jadi wajar kalau tidak tahu. Tapi bagi penggemar The Beatles sepertinya pasti tahu bahwa salah satu personelnya yaitu George Harisson adalah pengikut sekte ini.. Salah satu lagu ciptannya yaitu My Sweet Lord disamping terkenal juga kontroversial karena lirik lagu yang awalnya adalah Halleluyah, dipertengahan berubah menjadi mantra Hare Krisna.
Sekte ini relatif baru yaitu dibentuk tahun 1966 di Amerika, jadi masih berumur relatif sangat muda namun dalam jangka waktu satu dasawarsa saja, mampu berkembang merata ke Eropa, Amerika latin dan Oceania.

Identitas dan penampilan yang nyeleneh;
Setiap pemeluk agama memiliki identitas. Orang Islam dengan jilbab, jangut atau kopiahnya, orang Kristen dengan salibnya, Yahudi dengan jangut dan topi yahudinya dan rahib Buddha dengan kepala plontosnya. Nah, pengikut Hare Krishna tampak lain dari yang lain yaitu kepala gundul tapi tanggung alias disisakan sedikit membentuk kuncir. Jadi tidak berlebihan kalau disebut SINTING atau gila. Sedangkan kaum wanitanya mengenakan kain Sari warna warni dan sepintas (mungkin) mirip pakaian wanita muslim.

Di negara tersebut, mereka memiliki tempat ibadah sekaligus komunitas yang disebut Krishna Valley yang menempati areal 266 hektar ! Jadi bisa dibayangkan bahwa keberadaan mereka tidak bisa dipandang setengah mata.

Sangat agresif dalam menyebarkan agama;
Sekte ini sangat aktif dan agresif dalam menyebarkan agama. Penyebaran agama dilakukan dengan berbagai cara unik yaitu menari, menyanyi di jalanan ala pengamen ataupun menggelar konser yang kadang super heboh yang dihadiri puluhan ribu peneonton.
Penyebaran agama kadang juga dilakukan dengan sangat primitif ala jaman nabi melakukan perjalanan panjang berbulan bulan keluar masuk desa dengan jalan kaki atau menggunakan transportasi sapi. Dakwah juga kadang dilakukan dengan cara sinting dan konyol yang mau tidak mau membuat orang lain ikut ikutan sinting.

Sesat dan banyak pantangan;

• Sesatnya bagian mana Mbah WEB? Menurut saya mereka tidak lebih dari bernyanyi dan menari doang, sama sekali tidak layak disebut agama. (bingung?!)

Duh, Sampean sama sekali tidak tahu bahwa mereka adalah merupakan sekte paling extreme di dunia. Aturan hidup dan pantangannya luar biasa banyak dan keras, sehingga nyaris tidak masuk akal bagi orang barat. Contohnya adalah no judi, no alkohol, dan no intoxication (drug, ROKOK, termasuk juga kopi). Ah, mungkin anda tertawa (lagi) mendengarnya bukan? Bagi anda mungkin mudah, tapi bagi orang barat, jelas susah tidak ketulungan.

Kemudian aturan lain adalah dilarang melakukan kekerasan, Ahimsa (No Violence) apalagi membunuh. Nah ini yang susah karena tidak membunuh yang dimaksud bukan hanya sebatas tidak membunuh manusia doang tapi juga tidak membunuh hewan. Jadi mereka adalah sekte agama kambing alias pemakan sayuran alias vegetarian 100%. Kemudian bawang merah dan putih (ajaran Ayur Vedic tentang makanan) dan telur-pun dianggap haram. Duh repot sekali bukan?

Repot? Ah, ndak juga, karena masih ada larangan lain yang lebih berat yang saya yakin akan membuat banyak orang uring uringan yaitu dilarang melakukan hubungan sex kecuali untuk melanjutkan keturunan! Jadi hubungan SEX untuk bersenang senang adalah dilarang, tidak terkecuali untuk mereka yang sudah menikah sekalipun. Duh jadi mirip binatang, berhubungan badan hanya untuk melahirkan, bukan untuk bersenang senang seperti manusia.

Sesat tapi mulai menyebar ke Eropa Timur dan bahkan Israel:
Setelah berkembang dan memiliki basis kuat di Amerika dan Inggris, sekte ini mulai menyebar ke Eropa Barat lainnya (Spanyol, Prancis,Jerman, Portugal, Norway, Italia,Belgia, Irlandia, Denmark dll). Kemudian disaat iklim politik di Eropa berubah di awali dengan pecahnya negara Soviet, sekte ini dengan cepat dan jeli mulai mengambil peluang dengan melakukan siar agama besar besaran di negara Eropa Timur.

Saat ini komunitas mereka bisa ditemukan di hampir semua negara Eropa Timur seperti: Latvia, Belarus, [mantra], Lithuania, Ukraina [festival],Bulgaria [siar agama], Hungary [ritual], Slovakia, Serbia, Czech, Polandiadll. Sedangkan di Russia adalah merupakan komunitas dengan penganut paling besar. Besarnya komunitas mereka di negara Rusia bisa dilihat saat festival tahunan yang diadakan di banyak kota seperti Sukhumi, Moscow,Novorossiysk, Omsk dll.

Yang tidak kalah uniknya adalah komunitas mereka juga di temukan di negara Israel. Di negara musuh negeri Arab ini mereka bebas berkembang atau bahkan bebas melakukan dakwah di tempat publik, bersaing dengan ‘agama Messiah’.

Menular ke Amerika Latin dan Afrika;
Selain berkembang di benua Eropa, ternyata komunitas sekte ini sudah lama berurat berakar di negara Amerika latin. Di berbagai negara selatan ini, perkembangannya menjadi semakin menarik karena Irama mantra-pun menjadi semakin variatif bahkan tidak jarang berirama reage atau samba.

Saat ini komunitas mereka yang cukup besar bisa ditemukan di Peru,Trinidad, Brazil, Chilli, Argentina, Mexico, dan bahkan Columbia, negara yang terkenal dengan geng obat bius-nya sebingga cendrung dihindari oleh para missionaris. Kemudian komunitas yang lebih kecil bisa ditemukan merata di semua negara seperti Costa Rica, Uruguay, Panama, Ecuador,Guatamala, Bolivia, Nicaragua, Honduras dan ElSavador.

Sedangkan untuk negara lainnya dengan pengikut yang juga sangat besar bisa ditemukan di Canada, Australia, New Zealand, Hawai dan Fiji. Untuk benua lain seperti Afrika, komunitasnya ditemukan di negara Afrika selatan, Ghana dan Kenya. Bahkan sekarang mereka sedang berusaha memasuki negara China, yang sebelumnya singgah di Hongkong danTaiwan.

Pendidikan ala pesantren;
Sekte ini tumbuh besar, kuat dan sangat solid salah satunya tidak lepas karena sistem pendidikan mereka yang sangat rapi sekaligus keras. Dulu diawal masa sekte ini berdiri, mereka memiliki banyak sekolah ala pesantren yang tersebar di banyak negara seperti Italia, Australia, Hungary, Inggris dan tidak ketinggalan Amerika sebagai pusatnya.

Saat ini semua sekolah pesantren ini sudah ditutup dan hanya menyisakan satu saja yaitu di India. Sekolah ini ditutup bukan karena kekurangan siswa tapi karena dianggap bermasalah secara hukum, didakwa sebagai child abused dan brainwash sehingga didenda jutaan dolar oleh pengadilan Amerika membuat sekte ini nyaris bangkrut. Konflik intern dan dakwaan kriminal pada seorang pimpinannya membuat image sekte ini yang sudah sesat menjadi semakin sesat.

Berangkat dari kesalahan masa lalu, sekte ini mulai berbenah dan bersih bersih di komunitasnya. Pendidikan ala pesantren diganti dengan pendidikan jenis Akademi. Sebagai akibatnya, beberapa sekolah akademi megah dan luar biasa luas berdiri di sejumlah negara seperti. ContohnyaBhaktivedanta Collage Belgia. Cukup banyak orang yang kaget dan tidak percaya bahwa sekte sesat ini ternyata masih tetap bertahan bahkan mampu mendirikan sekolah yang sangat modern, luas dan megah di negara Eropa.

Berpikir positif, mencari kelebihan;
Tulisan ini mungkin membuat sebagian orang gerah dan tidak senang. Sebagian pembaca dari golongan Hare Krishna (mungkin) akan marah-marah hanya gara-gara ada kata SESATnya, tanpa paham isi dan pesannya (wakakakkk). Sedang dari agama lain (mungkin) marah atau tidak senang atau tidak terima “Pokoknya agama yang berkembang pesat itu harus agamaku. Kalau ada agama lain yang juga berkembang pesat berarti infonya salah”. Nah, lho?! Jadi bagaimana sebaiknya? Kagak tahu-lah, yang jelas bagi saya sendiri, yang terbaik adalah belajar mencari nilai positifnya. Apa sisi positif dari sekte ini, berikut catatannya menurut versi dongeng budaya.

Hidup sederhana dan toleran;
Disaat kekerasan atas nama agama cukup banyak terjadi di berbagai belahan dunia, sekte ini seakan datang menawarkan konsep baru dalam beragama yaitu lebih toleran dengan agama lain. Sangat wajar tentu saja karena sebagai sekte baru maka mereka dituntut harus mampu menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan agama lain, salah satunya adalah toleransi. Sekte ini mengajarkan para anggotanya untuk hidup sederhana, bernyanyi dan selalu bergembira. Tidak ayal komunitas mereka sering dicurigai dan diangap gila karena sifat mereka yang terlalu banyak senyum. Wajar saja karena di masyarakat barat, orang yang terlalu ramah dan umbar senyum adalah mencurigakan dan dianggap sinting.

Eco Life;
Sekte ini bukan hanya sebatas mengajarkan agama dan dogma saja tapi juga mengajar bagaimana seharusnya hidup harmonis dengan alam. Komunitas mereka umumnya dilengkapi dengan lahan pertanian dan peternakan. Uniknya semuanya dilakukan dengan cara tradisional dan primitif, nyaris tanpa mesin atau traktor.

Food for life;
Mereka memiliki program yang unik yaitu mendistribusikan makanan secara gratis tiap minggu. Mereka memiliki filosofi bahwa tidak boleh ada orang yang kelaparan dalam jarak 10mil dari tempat ibadah. Jadi mendirikan tempat ibadah bukan hal mudah bagi mereka karena tidak boleh tidak, harus dilengkapi dengan dengan dapur vegetarian, tanpa darah atau pembunuhan terhadap binatang serta makanan gratis harus dibagikan tiap minggu.

Steve Jobs, pendiri Apple dalam biografinya menulis bahwa sewaktu muda dan masih miskin, setiap pekan selalu berkunjung ke tempat ibadah Hare Krishna untuk mendapatkan makanan gratis.

PENUTUP:
Bagi saya, Hare Krishna sepertinya menawarkan alternatif baru dalam beragama yaitu lebih menyenangkan, lebih rilex dan tidak jarang bagi sebagian orang terkesan main main. Hubungan antara manusia dan Tuhan yang awalnya magis, suci atau bahkan kaku dibuat menjadi santai, mirip hubungan manusia dan Teman-nya yaitu dengan bermain, bernyanyi dan menari.

Terlepas dari label sesat ataupun waras, setidaknya sekte ini, dengan program pertanian organiknya telah memberikan contoh nyata cara berswasembada pangan. Kemudian prilaku mereka yang cendrung sederhana dan berorientasi ke alam mampu digemari oleh mereka yang jenuh dengan suasana kota. Dan terakhir ajarannya yang sangat toleran dengan agama lain membuat sekte ini menjadi populer di sejumlah negara.

Sebagai penutup, simbah WEB hanya bisa berkomentar “Sesat atau waras bukan masalah, yang terpenting asal damai dan rukun aja”. Sepanjang si pemeluk agama tersebut senang dan enjoy, ya… sepertinya tidak ada yang perlu didebatkan. Okey….. Salam Rahayu Lurr…By: Wong Edan Bagu

Catatan penulis:
Hare Krishna bukanlah hal baru bagi penulis. Pertama kali mengenal filosofi dan ajarannya sekitar tahun 1984 di Bali. Walaupun bukan member ataupun pengikut tapi selalu hadir pada setiap perayaan dan festival mereka. Maklum, ada acara makan-makannya, kemudian pindah lagi ke perayaan agama lain untuk makan makan. Ha…ha…ha…Edan Tenan… Salam Rahayu Lurr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s