MENGENAL KARAKTER SEKUNDER MANUSIA:

LHH.01

Saya membagi karakter manusia berdasarkan motivasi utamanya. Ada yang berdasarkan kekuasaan, hubungan, kesenangan, dan kedamaian. Motif inilah yang membedakan karakter primer dengan karakter sekunder. Karakter primer tidak bisa dirubah dengan cara apapun dan sampai kapanpun karena inilah yang membentuk jati diri seorang manusia. Sebaliknya, karakter sekunder dapat dibentuk melalui pergaulan, keluarga, dan pembelajaran. Uniknya, sekalipun bisa dipelajari, dua individu yang sama belum tentu menghasilkan karakter sekunder yang sama pula. Jangan tanya saya kenapa? Karena saya juga tidak tahu jawabannya. Jangan kalian pikir Wong Edan Bagu ini, pengetahuannya luas, makanya mengerti segala hal… He he he . . . Edan Tenan, bukan begitu dan tidak begitu saudara-saudariku…!! Saya juga manusia kok…he…he…he…!

1. Karakte Sekunder Manusia:
MENGENAL KARAKTER SEKUNDER KITA;
Pada waktu menganalisa kepribadian seseorang, saya bisa langsung menebak karakter salah satu orang tuanya. (Edan… Jenius! Ya…) Caranya gampang, kenali karakter sekunder orang tersebut dan tanyakan siapa yang lebih berpengaruh (mama atau papanya) di dalam hidupnya. Nah, karakter sekunder “kelinci percobaan” anda bakalan sama dengan karakter mereka. Jika anda hendak membuat mereka nyaman, bicarakan mereka, saya yakin anda akan terheran-heran dengan keterbukaan mereka. Bagaimana saya bisa sampai pada kesimpulan ini ? Silahkan baca tulisan saya sebelumnya, Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kepribadian Manusia (Ini maksud saya !)

Karakter primer saya Biru sedangkan karakter sekunder saya Merah. Artinya, saya memiliki kepribadian yang paling cerdas dan berbakat (positif) sekaligus memiliki pergulatan spiritual/batin paling hebat (negatif) dibandingkan kombinasi kepribadian lainnya.

Saya memahami bahwa kekuatan dan keterbatasan kedua kepribadian ini sangat berseberangan secara tajam. Sebagai merah, saya sangat egosi, sementara karakter biru saya cenderung memikirkan orang lain. Biru dapat mengeritik diri sendiri, sementara merah lebih suka mengeritik orang lain. Merah sangat ingin membalas dendam sedangkan biru memikirkan jika dia dihadapkan pada situasi pembalasan pada dirinya sendiri. Sisi positifnya, merah memiliki kemauan yang keras dan biru memiliki disiplin yang tinggi. Apalagi yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan selain kedua sifat diatas ? Hebat juga saya yaa… He he he . . . Edan Tenan, tidaak nyangka bakal OKB….!!!

Dari pengalaman saya, karakter sekunder ini seringkali begitu dominan sehingga mengaburkan karakter primer seseorang. Hal ini disebabkan karena nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Seorang yang kuning seringkali dicap sebagai troublemaker oleh lingkungan pergaulannya. Supaya dapat diterima dia harus bertindak sebagai biru, putih, atau merah. Apalagi jika si kuning hidup dalam keluarga yang dipimpin oleh merah !

Saya yakin kalau setiap orang memiliki karakter sekunder. Perbedaannya adalah warna mana yang lebih dominan. Tidak ada yang buruk dari setiap warna. Yang ada adalah waktu dan tempat yang tidak tepat. Karakter sekunder itu baik karena dapat menyeimbangkan diri kita. Seorang biru yang memiliki karakter sekunder kuning akan lebih mampu menghadapi tragedi hidup dengan lebih baik dibandingkan dengan biru yang tidak memiliki karakter kuning. Di sisi ini, sifat riang kuning menetralisir kecenderungan biru yang emosional. Di waktu lainnya, orang akan heran melihat Biru-Kuning ini yang semakin tidak stabil….dalam satu waktu dia bisa tertawa lepas sementara di waktu lainnya bisa duduk menyendiri dengan tatapan kosong.

Ada satu hal lagi manfaat dari mengenali karakter primer dan sekunder seseorang. Ketika seseorang bertindak lain dari kebiasaanya, kita bisa maklum dan memaafkannya. Manakah yang lebih bisa anda terima ? Teman kuning yang membuat meja anda berantakan atau teman biru anda ? Maksud saya adalah keterbatasan karakter primer lebih bisa kita toleransi daripada keterbatasan karakter sekunder.

KOMBINASI KARAKTER KITA;
Di bawah ini saya meringkas kombinasi karakter primer dan sekunder yang ada di antara kita. Tujuan saya meringkas ini adalah untuk menjelaskan karakter ini di kemudian hari. Tulis yang ringkas dulu kemudian dijabarkan satu persatu. Mengapa ditulis bertahap sih pak WEB? Kok gak langsung aja ! Soalnya, nulis mengenai karakter butuh konsentrasi tinggi, jadi harus pelan-pelan. Jadi sabar dulu yaaa…. Sayang…. He he he . . . Edan Tenan.

Kepribadian sekunder;
Merah – Biru.
Kombinasi warna dalam satu pribadi ini paling sering dilanda konfilk dalam kehidupan sehari – harinya. Anda akan sering menemukan diri anda menyinggung orang lain demi menyelesaikan tugas (merah), tetapi sesudahnya merasa bersalah karena membuat orang itu tidak bahagia (biru)

Merah – Putih.
Kombinasi warna ini sukar dibaca kerana mereka bisa bersemangat dan agresif dalam satu menit (merah), kemudian diam dan pasif dalam menit berikutnya. Mungkin anda salah dipahami karena perilaku anda tidak konsisten/mencla-mencle, dan untungnya anda tipe pribadi yang susah ditebak apa maunya.

Merah – Kuning.
Anda adalah pemimpin alamiah dan menemukan diri anda adalah gabungan pribadi yang nyaman. Merah secara dinamis mengarahkan hidup anda, sementara kuning secara kharismatis mengundang orang lain untuk menikmati persahabatan anda.

Biru – Putih.
Jika anda termasuk pribadi ini, anda nyaman. Anda mengungkapkan diri dengan lemah lembut dan tulus. Orang menemukan anda penuh tekad, namun fleksibel. Anda seorang yang dapat berhubungan baik dengan hampir semua orang.

Biru – Kuning.
Pribadi ini paling mengasikkan ketiga digoda. Mari kita sebut mereka itu “berkepribadian ganda” karena mereka bisa sebebas burung dan tidak punya beban satu menit, kemudian tiba-tiba menjadi sangat serius menit berikutnya. Mereka mungkin mengajak semua anak tetangga ke dalam mobil dan berpacu ke pantai untuk berjemur seharian dan bersenang-senang. Tetapi begitu tiba di sana, mereka mulai cemas tentang segala hal yang seharusnya mereka kerjakan di rumah.

Putih – Kuning.
Anda memiliki ketrampilan bergaul/bersosialisasi paling baik dari semua kepribadian. Anda rileks dan biasanya memilih jalan dengan perlawanan yang paling sedikit. Anda tidak mengalami banyak konflik antara warna-warna anda, terlepas dari perbedaan motif yang diwakili masing-masing warna. Anda nyaman dengan campuran anda dan menampilkan atmosfir yang mengundang bagi orang-orang yang berada di sekeliling anda…

He he he . . . Edan Tenan… Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu ya Lurr…. Semoga Manfaat dan Berkah… Amiin.
Hormat Saya:
Wong Edan Bagu
Pengembara Tanah Pasundan

2 thoughts on “MENGENAL KARAKTER SEKUNDER MANUSIA:

  1. Apa Pasal mengatakan:

    , Assalamualaikum
    ,Pak Kyai – Salam penghormat dengan penoh kasih sayang
    Mohon dari Pak Kyai minta ajari ilmu pembukum untok kerja.
    Semoga Pak kyai perkenanan doa ini. Akhiri dengan Alhamdulillah.

    • Djaka Tolos mengatakan:

      Wa alaikum salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah sukses selalu untukmu saudaraku, silahkan cari artikel terbaru saya di wordpress ini, lalu lihat di bagian akhir artikel ada nomer hp saya, dan silahkan hubungi saya, atau sms, saya mohon, sebelum telepon, sms terlebih daulu lah memberitau, supaya saya mengerti bahwa itu adalah saudaraku dari wordpress ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s