Pentingnya Taubat dan Iman yang di Kabarkan Oleh WEB di Internet:

Pentingnya Taubat dan Iman yang di Kabarkan Oleh WEB di Internet:
Oleh: Wong Edan Bagu.
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan. Di…
Gubug Jenggolo Manik. Hari Sabtu. Tanggal 24 Maret 2018.

Definisi taubat secara harfiyah. Adalah diambil dari kata “at-taubah” bentuk “isim masdar” yang berarti ar-rujuu’ atau kembali, sedangkan menurut istilah. Adalah kembalinya seseorang ke jalan menuju Tuhan dari jalan yang tidak menuju Tuhan. Alias (Inna lillaahi wa Inna ilaihi Raji’un).

Adapun Pengertian taubat. Maksudnya adalah. Pengakuan tulus akan penyesalannya atas perbuatan yang menyimpang dari Firman Tuhan yang dilakukannya, dan berniat sungguh-sungguh, tidak akan mengulanginya. Inilah yang disebut dengan taubat yang sebenar-benarnya Taubat dan BerTaubat.

Bukan taubat namanya, jika keburukan sipat dan sikap masa lalu masih di lakukan, walau hanya sekali waktu, atau perbuatan baik dan perbuatan maksiat sama-sama dijalankan, baik secara bersamaan maupun bergantian.

Misalnya, melakukan salat sambil bermain mengutuk seseorang, atau mencuri sambil bersedekah, atau bersemedi sambil membenci, mengfitnah, mengadu domba dll.

Karena Orang yang bertaubat dengan sesungguh-sungguhnya taubat sepenuh hati, tentu tidak akan mengulangi perbuatan buruk sipat dan sikap masa lalu yang pernah dilakukannya.

Namun untuk mengukur kebenaran taubat seseorang itu, merupakan sesuatu yang sangat sulit, sehingga untuk dapat mengetahui ciri-ciri orang yang sungguh-sungguh sudah bertaubat dengan taubat sebenar-benarnya taubat, sangatlah sulit, karena hal ini, urusan masalah antaran hidup si pelaku taubat dengan Tuhan nya.

Oleh sebab itu, taubat memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena perilaku Sipat dan Sikap taubat, akan menghantarkan si pelaku taubat kepada ranah akhlak terpuji yang tidak bisa di rekayasa dan di rekadaya dengan cara apapun, dalam hal ini, yang dapat berperan penting, hanyalah Iman.

IMAN memegang peranan terpenting dalam kehidupan sehari-hari si pelaku taubat, karena jika tanpa iman, kehidupan manusia yang telah bertaubat itu, akan seperti kapas yang diterbangkan angin kian kemari.

Orang yang tidak beriman kehidupannya akan kacau balau tidak terarah, dan selalu di cekam perasaan ragu, hawatir, bimbang dan takut dll, karena dihanyutkan oleh hawa nafsu tanpa ada tujuan yang hakiki/Pasti, terlebih lagi jika seseorang itu telah berTaubat, namun tidak berIman.

Untuk memperbaiki kehidupan manusia yang centang perenang dan hanya menggunakan hukum rimba, diturunkanlah oleh Tuhan yang namanya Iman, karena tidak ada suatu apapun yang bisa menjaga keutuhan manusia dan keberadaannya di muka bumi selain Tuhan itu sendiri, dan Tuhan akan melakukannya jika manusia itu berIman, kalau tidak, ya tidak.

Dengan iman yang diberikan oleh Tuhan itulah, manusia mengetahui bahwa hidup di dalam kehidupan dunia itu memiliki asal usul dan mempunyai tujuan, pada akhir perjalanan kehidupan manusia hidup di muka bumi. (Bab iman ini, sudah teramat sering saya uraikan dalam artikel yang saya sebar di internet).

(2). PENTINGNYA IMAN;
Setiap manusia hidup di dalam kehidupan dunia ini, akan dihadapkan pada seribu satu ragam persoalan masalah kehidupan dunia, karena jalan kehidupan di dunia itu, memang tidak selalu lurus dan datar.

Keberuntungannya pun mustahil selalu berupa kemenangan dan kesenangan “rahmad dan laknad” “karunia dan bencana” “tangis dan tawa” “panas dan dingin” siang dan malam” serta bla bla bla lainnya, itulah kehidupan di dunia, semua perpasangan dan segalanya selalu datang dan pergi silih berganti.

Begitulah kodrat hukum alam dunia yang telah ditetapkan oleh ADzat Maha Suci Tuhan semesta alam seisinya.

Kalau harus saya ibaratkan, kehidupan di dunia ini bagai mengarungi lautan luas.

Sewaktu-waktu dapat terombang-ambingkan oleh badai gelombang, terhempas kesana kemari, dalam pusaran ketidak pastian yang menakutkan.

Menghadapi arus kehidupan yg demikian, masing-masing pastilah menyadari perlunya pemilik tiang pancang sebagai pegangan yang mapan.

Apakah tiyang pancang itu…?!
Tak lain dan tak bukan, adalah IMAN, hanya Iman lah satu-satunya pegangan dalam kehidupan ini, karena hidup adalah Kunci “kumpul Nunggal Suci, jadi,,, tidak ada cara yang lebih baik dan tepat, selain ada apa-apa kunci, tidak ada apa-apa tetap kunci, sebab kehidupan ini kalimat thoyyibah “LAA ILAAHA ILLALLAAH” ( tiada Tuhan selain Allah).

Namun iman hanya bisa di miliki oleh siapapun dengan cara berTaubat, tanpa Taubat, baginya iman itu cukup dengan percaya dan yakin belaka, selebihnya. Hoax.Sebaliknya, taubat tidak akan ada hasilnya jika tanpa iman. Itulah Letak Titik Penting nya Taubat dan Iman yang sering saya sampaikan melalui artikel dan Vidio di internet, yang bisa saya sampaikan kali ini secara ringkas, singkat dan padat.

Semoga bermanfaat guna yang berkah. Saya Wong Edan Bagu…. Mengucapkan Salam Rahayu selalu serta Salam Damai… Damai… Damai Selalu Tenteram. Sembah nuwun,,, Ngaturaken Sugeng Rahayu, lir Ing Sambikolo. Amanggih Yuwono.. Mugi pinayungan Mring Ingkang Maha Agung. Mugi kerso Paring Basuki Yuwono Teguh Rahayu Slamet.. BERKAH SELALU. Untuk semuanya tanpa terkecuali, terutama Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya. yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup….._/\_….. Aaamiin… Terima Kasih. Terima Kasih. Terima Kasih*
Ttd: Wong Edan Bagu.
Di.
Gubug Jenggolo Manik.
Alamat;
Oro-oro Ombo. Jl. Raya Pilangrejo. Gang. Jenggolo. Dusun. Ledok Kulon. Rt/Rw 004/001. Desa Pilangrejo. Kecamatan. Juwangi. Kabupaten. Boyolali. Jawa Tengah. Indonesia 57391.
Email: webdjakatolos@gmail.com
Telephon/SMS/WhatsApp/Line; 0858-6179-9966.
BBM: DACB5DC3”
Twitter: @EdanBagu
Blogg: http://www.wongedanbagu.com
Wordpress: http:// putraramasejati.wordpress.com
Facebook: http://facebook.com/tosowidjaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s