Jalan awal mengenal Dzat Maha Suci Tuhan/Allah:

Jalan awal mengenal Dzat Maha Suci Tuhan/Allah:
Oleh: Wong Edan Bagu.
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan.
Brebes. Hari Kamis. Tanggal 8 Juni 2017.

Dari WEB;
Tidak hidup aku, hanya Dzat Maha Suci yang hidup, tidak mengetahui aku hanya Dzat Maha Suci saja yang mengetahui, tidak mendengar aku hanya Dzat Maha Suci yang mendengar, tidak melihat aku hanya Dzat Maha Suci yang melihat, tidak berkuasa aku hanya Dzat Maha Suci yang berkuasa, tidak berkehendak aku hanya Dzat Maha Suci yang berkehendak Tidak berkata-kata aku hanya Dzat Maha Suci saja yang berkata-kata. Dialah sebenar-benarnya bagi segala-gala dan semusnya. Aku berasal dari-Nya. Aku milik-Nya dan hanya akan kembali kepada-Nya saja.
Ttd
Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan.

“Barang siapa yang mengenal dirinya maka kenallah ia dengan Tuhan-Nya”

Itulah sanepan atau filosofi paling terkenal bin populer di kalangan para pencari Tuhan. Namun… Disepanjang sejarah spiritual, mengertikah? pahamkah? tahukah? Akan maksud dari hal itu…!!! He he he . . . Edan Tenan.

Mari kita belajar mengerti dan memahami bersama saya Wong Edan Bagu, pada kesempatan kali ini, saya akan menguraikannya untuk yang ketiga kalinya.

Para Kadhang Kinasihku sekalian…
Karena Tuhan itu adalah Dzat Maha Suci, dan suci itu adalah murni, yang tidak bisa di campuri dan tercampuri oleh apapun, kecuali dengan suci lagi. Maka dalam ajaran agama, tersebut ilmu tasawuf (Tasawwuf) atau (Sufisme).

Tasawuf atau sufisme adalah, ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membersihkan hati, membangun lahir dan bathin, serta untuk memperoleh kesucian, agar bisa mencampuri Suci-nya Dzat hyang maha suci itu.

Karena Tuhan itu maha membolak balikan hati, maksudnya, hati baik bisa di robah-Nya menjadi buruk dan hati buruk bisa di robah-Nya menjadi baik.

Lalu tersebutlah dalam agama ilmu tauhid, yang artinya keyakinan mutlak, maksudnya keyakinan yang kuat terhadap Tuhan, tanpa goyah oleh apapun dan tanpa sedikit pun takut dan ragu.

Al-qitab mengatakan;
“Saksikan yang banyak pada yang satu”.
“Dan Saksikan yang satu pada yang banyak”

Adapun makna kita saksikan yang banyak kepada yang satu. Adalah dengan kita melihat dan menyakini bahwa semua perbuatan dan perlakuan diatas alam semesta ini, adalah datang dari pada yang satu yaitu perbuatan Dzat Maha Suci semata-mata.

Adapun makna kita saksikan yang satu pada yang banyak. Adalah dengan kita melihat dan meyakini bahwasanya perlakuan Dzat Maha Suci lah, yang menghasilkan atau menimbulkan perlakuan serba beraneka ragam diatas alam dunia ini.

Wong Edan Bagu mengatakan;
Galilah rasa yang meliputi tubuhmu. Karena di dalam tubuhmu. Ada firman Tuhan. Yang dapat menjamin jiwa ragamu, lahir bathinmu, hidup matimu dan dunia akheratmu. (Masih ingat kan? Dengan kata-kata saya ini yang sering saya gembar gemborkan di tahun 2015-2016 yang telah berlalu).

Kenapa WEB katakan itu…?!.
Karena Apapun alasannya, manusia itu, tidak mudah bisa percaya, jika tidak ada bukti bin menyaksikan dengan kepalanya sendiri. Sebab itu, marifatullah, yang berarti mengenal atau mengetahui Tuhan, di wajibkan bagi tauhid.

“Barang siapa yang mengenal dirinya maka kenallah Tuhanya”

Maksudnya, dengan mengenal diri, maka kita dapat mengenal Tuhan. karena rahasia tuhan itu ditanggung oleh setiap diri manusia hidup.

Jadi,,, mengenal Tuhan itu, hendaklah dengan mengenal diri sendiri terlebih dulu. Dan cara untuk mengenal diri. Adalah; Menggali rasa yang meliputi tubuhmu. Karena di dalam tubuhmu. Ada firman Tuhan. Yang dapat menjamin jiwa ragamu, lahir bathinmu, hidup matimu dan dunia akheratmu.

Dan firman yang ada di setiap diri manusia hidup yang di maksud oleh Wong Edan Bagu. Adalah; Wahyu Panca Ghaib. Wahyu artinya Perberian langsung dari Tuhan. Panca itu Lima. Ghaib itu roh/tuh, (lima ruh/roh pemberian Tuhan secara langsung). sejak awal manusia itu diciptakan. yang dalam istilah jawanya lebih di kenal dengan sebutan sedulur papat kalima pancer.

Hanya dengan cara menggali rasa yang meliputi seluruh tubuh kita sendiri, kita akan mengetahui Wahyu Panca Ghaib yang sesungguhnya adalah isi dari wujud kita sendiri, kalau kita sudah mengetahui ini, kita akan sadar, bahwa sesungguhnya, kita tidak bisa apa-apa jika tanpa lima ruh/roh yang Tuhan berikan secara langsung kepada kita. sejak awal kita diciptakan.

Dan dengan menggunakan kesadaran akan lima ruh/roh pemberian Tuhan secara langsung inilah, kita bisa tahu. Tuhan itu apa? bagaimana? dan dimana?

Melalui jatidiri kita sendiri, secara kasat mata dan dengan mata kepala kita sendiri, bukan katanya apapun dan siapapun. Ingat…!!! Ini bukan dogma, melainkan hasil pengetahuan laku spiritual pribadi saya, yang saya pertemukan dengan isi al-qitab yang pernah saya pelajari, ternyata tepat, sama, persis. Tapi jangan Percaya jika Anda Belum membuktikannya sendiri.

Tuhan berfirman;
Ya Muhammad….
Aku jadikan alam ini karena engkau dan Aku jadikan engkau karena Aku, maka engkau inilah sebenar-benar Rahasia. Aku dan engkau itu tiada lain daripadaKu.

1. Martabat AHDAH:
-Sifat Nafsiah > Wujud
-Sifat Salbiah > Qidam, Baqa’, Mukhalafatulilhawadis, Qiyamuhu binafsihi, Wahdaniah. Adalah Dzat Tuhan/Allah yang ada pada diri kita.

2. Martabat WAHDAH:
-Sifat Ma’aniy > Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashar, Kalam. Adalah (ruh idhofi), rasul atau utusan Tuhan/Allah yang ada dalam diri kita.

3. Martabat WAHIDIAH:
-Sifat Ma’nawiyah > Qodirun, Muridun, Alimun, Hayun, Sami’un, Bashirun, Mutakalimun. Adalah jasad kita. ADAM, Asal Dumadi Ananing Manungsa.

KESIMPULAN PERTAMA;
Berarti Hakekat Allah/Tuhan. Adalah hidup tiada mati. Hakekat rasul. Adalah Haq diri Allah/Tuhan. Hakekat Adam. Adalah tiada diriku Allah/Tuhan yang ada.

Intinya;
Mengenal diri dan mengenal akan asal kejadian diri adalah jalan dasar atau awal untuk mengenal Dzat Maha Suci Tuhan/Allah. Dan 20 Sifat atau Sifat 20 Bawah inilah. Biografi JatiDiri Kita Sebagai Manusia Hidup Yang Sesungguhnya.

Sifat 20;
1. Wujud-Tubuh kita,
2. Qidam-Daging kita,
3. Baqa’-Tulang kita,
4. Mukhalafatu lilhawadis-Urat kita,
5. Qiyamuhu Binafsihi-Dzat dan Sifat kita,
6. Wahdaniah-Hati kita,
7. Qudrat-Kaki kita,
8. Iradat-Sumsum kita,
9. Ilmu-Pengetahuan kita,
10. Hayat-Hidup kita,
11. Sama’-Telinga kita,
12. Bashar-Mata kita,
13. Kalam-Lidah kita,
14. Qodirun-Sulbi kita,
15. Muridun-Otak kita,
16. Alimun-Jantung kita,
17. Hayyun-Darah kita yang hidup,
18. Sami’un-Empedu kita,
19. Bashirun-Limpa kita,
20. Mutakallimun-Lidah kita.

Hakikat Sifat 20;
1. Wujud= jasad insan Sifat-KU, menjadi tanggungan didalam dunia.

2. Qidam= Ruh Jasmani kulit-KU, meliputi sekalian alam.

3. Baqa’= Ruh Ruhani daging-KU, tanggungan rahsia didalam diri.

4. Mukhallafatuhu Lil Hawadith= Ruh Nabati darah-KU, meliputi alam diri.

5. Binafsihi= Ruh Insani nafas-KU, jadi ucapan didalam diri.

6. Wahdaniat= Ruh Rabbani hati-KU, jadi ilmu didalam diri.

7. Qudrat= Ruh Qudus urat putih-KU, yang tidak berdarah, berjalan disetiap diri.

8. Iradat= Ruh Kahfi tulang-KU, asal jadi kekuatan alam sendiri.

9. Ilmu= Ruh Idhafi asal mula-KU, jadi nyata didalam cermin Haq diri.

10. Hayat= Ruh Nurani urat-KU, yang meliputi tubuh aku yang hidup sendiri.

11. Sama’= besi Kursani pendengaran-KU, asal semula jadi sekalian alam diri.

12. Bashar= pancaran Manikam kalam-KU, AKU berkata-kata dengan sendiri.

13. Kalam= Ruh mutu Manikam-KU, menzahirkan perkataan diri di alam dunia.

14. Qadirun= Wujud Manikam tali Ruh-KU, Kunhi Dzat dengan sifat-KU.

15. Muridun= Ilmu Allah badan-KU, asal mula jadi Kalimah didalam diri.

16. Alimun= Derajat Àllah kebesaran-KU, asal mula jadi duduk didalam otak yang putih.

17. Hayyun= suci-KU, kalimah asal mula jadi alam diriku.

18. Samiun= Dzat Sifat-KU, Wahdah didalam kalimah iman diriku.

19. Bashirun= Rahasia nyawa-KU, dengan badan Wahidah bersama Dzat dan badan tidak bercerai dunia akhirat.

20. Mutakkalimun= Ghaib didalam ka’bah Arasy yang putih didalam kalimah Ma’rifatullah.

KESIMPULAN KEDUA;
Berarti yang dikatakan “Rahasia Muhammad” itulah yang sebenar-benarnya tiada lain daripada kezahiran 5 Sifat ALLAH yang dinamakan kalimah “LAA” yaitu ; Wujud, Qidam, Baqa’, Mukhallafatuhu Lil Hawadith, Qiyamuhu Ta’ala Binafsihi.

Dan yang dikatakan “Nyawa Muhammad” itu yang sebenar-benarnya tiada lain daripada kezahiran 6 Sifat ALLAH yang dinamakan kalimah “ILAHA“ yaitu ; Sama’, Bashar, Qalam, Sami’un, Bashirun, Mutakallimun.

Dan yang dikatakan “Hati Muhammad” itu yang sebenar-benarnya tiada lain daripada kezahiran 4 Sifat ALLAH yang dinamakan kalimah “ILLA“ yaitu ; Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat.

Dan terakhir yang dikatakan “Tubuh Muhammad” itu yang sebenar-benarnya tiada lain daripada kezahiran Lima Sifat ALLAH yang dinamakan kalimah “ALLAH“ yaitu ; Qadirun, Muridun, Alimun, Raji’un Wahdaniat.

Maka inilah yang sebenar-benarnya dan nyata senyata-nyatanya, bukti kenyataan tajalli Allah/Tuhan (tempat Tuhan berkelakuan) pada Manusia.

Tajalli Hayat Allah kepada Ruh Muhammad maka Insan itu hidup dengan sendirinya..

Tajalli Ilmu Allah kepada Hati Muhammad maka Insan itu tahu dengan sendirinya..

Tajalli Qudrat Allah kepada Tulang Muhammad maka Insan itu kuasa dengan sendirinya..

Tajalli Iradat Allah kepada Nafsu Muhammad maka Insan itu berkehendak dengan sendirinya..

Tajalli Sama’ Allah kepada Telinga Muhammad maka insan itu mendengar dengan sendirinya..

Tajalli Bashar Allah kepada Mata Muhammad maka Insan itu melihat dengan sendirinya..

Tajalli Kalam Allah kepada Mulut Muhammad, maka Insan itu berkata dengan sendirinya. Semoga Bermanfaat. Saya Wong Edan Bagu. Mengucapkan Salam Rahayu selalu dariku serta Damai… Damai… Damai Selalu Tenteram. Sembah nuwun,,, Ngaturaken Sugeng Rahayu, lir Ing Sambikolo. Amanggih Yuwono.. Mugi pinayungan Mring Ingkang Maha Agung. Mugi kerso Paring Basuki Yuwono Teguh Rahayu Slamet.. BERKAH SELALU. Untuk semuanya tanpa terkecuali, terutama Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya. yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup….._/\_….. Aaamiin… Terima Kasih. Terima Kasih. Terima Kasih *
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Telephon; 0819-4610-8666.
SMS/WhatsApp/Line; 0858-6179-9966.
BBM; D38851E6”
https://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com
https://plus.google.com/+WongEdanBaguPRTP

Iklan

One thought on “Jalan awal mengenal Dzat Maha Suci Tuhan/Allah:

  1. pencolwungu berkata:

    Aslmkm wr wb…trmksh atas ilmunya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s