Pintu DIRI:

Pintu DIRI:

Oleh: Wong Edan Bagu

Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan

Djawa dwipa. Hari Jumat Wage. Tgl 19 Pebruari 2016

AKU TAHU – ORANG LAIN TAHU. (Open Self Dalam Diri Kita)

AKU TAHU – ORANG LAIN TIDAK TAHU. (Hidden Self Dalam Diri Kita)

AKU TIDAK TAHU – ORANG LAIN TAHU. (Blind Self Dalam Diri Kita)

AKU TIDAK TAHU – ORANG LAIN TIDAK TAHU. (Unknown Self Dalam Diri Kita)

Saya yakin, hanya sedikit, para sedulur dan kadhang saya, yang tidak mengetahui Ke empat hal diatas, rata-rata, pasti tahu, apa lagi seorang yang berpendidikan, ke empat hal diatas itu,  dikenal dengan nama “JOHARI WINDOWS” atau Jendela Johari, yang sering dipakai dalam melihat empat area penting dalam diri manusia.

Chart Johari Windows, diperkenalkan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 50-an.

Ke empat area ini, yang ada dalam diri setiap orang, dan sering tanpa sadar, dipakai setiap orang dalam menunjukkan dirinya kapada orang lain.

Ke empat sisi inilah, yang merefleksikan seberapa, diri kita dikenal oleh orang lain, termasuk pasangan dan keluarga kita. Semestinya merefleksikan dan menyadarkan kita bahwa banyak hal dalam diri kita, yang belum kita gali, bahkan tidak kita kenal. Dalam kehidupan bersosial kitapun sering mengalami.

Ada orang yang cenderung bicara banyak, untuk menunjukkan siapa dirinya.

Ada orang yang tidak banyak bicara, sehingga orang lainpun, tidak mengenal siapa dirinya.

Ada orang yang berusaha menampilkan sisi karakter tertentu, agar orang takut ataupun tunduk padanya, atau sebaliknya agar orang empati atau kagum padanya.

Sesungguhnya,,, itulah kehidupan kita sebagai seorang manusia, yang berusaha membentuk diri kita, sesuai cara pandang kita masing-masing, dan yang akhirnya,  kita menampilkan satu sisi kehidupan kita, yang bahkan sebenarnya jauh dari diri kita sendiri.

Sering kali kita berprilaku dalam image diri kita, yang itu bukan diri kita, dan akhirnya membuat kita terbentuk dari image itu. Namun akhirnya, bukankah Hyang Maha Suci Allah.  Sang Pencipta segalanya, yang paling mengenal diri kita dan kita sendiri seharusnya mengenal siapa diri kita….

Refleksikan siapa diri kita, dan bagaimana kita di hadapan Allah, serta  sesama Mahluk Hidup, teruma manusia, dengan “Laku Wahyu Panca Gha’ib”. Kenali diri kita dan bersikap terbukalah, apa adanya, dengan Cinta Kasih Sayang ke segala dan semua halnya, tanpa tedeng aling-aling.

Anda berani…?!

Kemulia dan Kesejahtera’an kehidupan akan Anda miliki. Kesempurna’an Hidup dan Kesempurna’an Mati. Akan Anda Punyai. He he he . . . Edan Tenan. SALAM RAHAYU HAYU MEMAYU HAYUNING KARAHAYON KANTI TEGUH SLAMET BERKAH SELALU  Untukmu Sekalian Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya Terkasih, yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup….._/\_…..Terima Kasih.Terima Kasih. Terima Kasih *

Ttd: Wong Edan Bagu

Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan

Handphon:  0858 – 6179 – 9966

https://putraramasejati.wordpress.com

http://webdjakatolos.blogspot.com

 

 

Iklan