MENCARI KEHENDAK TUHAN UNTUK HIDUP KITA:

Wong Edan Bagu.01
MENCARI KEHENDAK TUHAN UNTUK HIDUP KITA:
Dengan Wahyu Panca Gha’ib.
Oleh: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Jawa Dwipa Hari Jumat Kliwon. tgl 27. November. Tahun 2015

Permasalahan terbesar kedua setelah menjadi orang kristen, adalah mengetahui kehendak TUHAN untuk hidup kita… Atau menjadi orang islam, adalah mengetahui Kehendak ALLAH… Atau menjadi umat hindu/budha adalah mengetahui kehendak Hyang WIDI/WASA…

Loh pak WEB,,, terus masalah terbesar yang pertama apa dong ?
Jelas Hidup Kudus/Suci/Sempurna! He…he…he…. Edan Tenan.

Untungnya saya sudah menyelesaikan permasalahan yang pertama, di tulisan sejarah hidup saya sebelumnya, Perjuangan untuk mencapai Hidup Kudus/Suci/Sempurna. Jangan kaget dengan isinya ya,,, karena pasti bertentangan dengan iman kepercayaan anda sebagai seorang kristen/muslim/umat lainya, yang ta’at dan alkitabiah !

Nah… apakah Tuhan menghendaki kita untuk Hidup Kudus/Suci/Sempurna . . . ?
Jika itu yang anda pikirkan…mohon maaf…anda salah ! Gak percaya ? Mari kita selidiki bersama – sama !

Mencari Kehendak Tuhan.
KEHENDAK TUHAN MULA – MULA (ALIAS ORISINIL – ASLI – PERTAMA KALI)
Tuhan yang kita kenal, kita sembah, dan kita muliakan adalah Tuhan yang tidak kengangguren. Yang suka Ngomong. Nongkrong iseng dan ngrumpi sana sini seperti Wong Edan Bagu. He he he . . . Edan Tenan. Anda setuju dengan saya ?

Jika setuju,,, berarti ketika Tuhan melakukan sesuatu pasti ada tujuannya, ada urutannya, dan ada hubungannya. Contohnya ketika menciptakan dunia in, maka urutannya adalah Waktu – langit dan air – bumi beserta tumbuhan – binatang – dan terakhir manusia. Sebelum Tuhan menciptakan binatang maka dia menciptakan tanaman sebagai makanan bagi binatang – binatang ciptaan-Nya. Sebelum Dia menciptakan tanaman, Dia menciptakan tanah lebih dulu sebagai dasar untuk akar pertumbuhannya. Dan atas semuanya itu, Tuhan menciptakan waktu!

Dari sini bisa kita lihat bahwa ciptaan pada hari sebelumnya, bertujuan untuk melengkapi ciptaan hari berikutnya. Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa ciptaan terakhirlah yang paling membutuhkan semua ciptaan – ciptaan sebelumnya. Atau bisa dikatakan yang paling berkuasa alias tokoh utamanya. Kabar baiknya, manusialah yang dimunculkan terakhir dalam dongeng ini… He he he . . . Edan Tenan.

Loh kok dongeng pak WEB…?!
Pak WEB ini orang kristen atau bukan sih ?
Orang Muslim bukan Sih ?
Pak WEB Nabinya beda nih… Pasti Nabi Mukamat ya? Bukan Nabi Muhammad. Hayo….!!!

Iya…iya… Sabar to…
Dalam kamus bahasa Indonesia, cerita yang tidak masuk akal, disebut dengan kata “dongeng” Yang namanya iman itu, tidak masuk akal kan? Saya loh,,, cuman menggunakan kata yang sesuai dengan artinya..!

Cerita penciptaan dunia tersebut, hanya dipercaya oleh iman kristen dan iman islam saja, sementara orang yang tidak beragama kristen atau islam, menyebutnya sebagai dongeng ! Saya rasa, kehendak Tuhan untuk hidup kita atas istilah ini, adalah menerimanya !
(Soalnya barusan saya mendengar Roh Kudus/Hidup Suci berbisik kepada saya. He…he…he… Edan Tenan)

Baiklah, saya lanjutkan yaa !
Dari kisah (bukan dongeng!) penciptaan tadi, ada sesuatu yang menarik pada ciptaan manusia. Segala ciptaan Tuhan, diciptakan dengan cara ngomong saja, ( Bim Sala Bim. Jadi) tapi khusus untuk manusia, dibuat dari debu/tanah yang di beri embel-embel dari beberapa sari-sari, kemudian “disebul (bahasa jawa: ditiup)” sama Tuhan sehingga menjadi hidup. Yang bikin hidup itu sebulan-nya Tuhan loh ! . . . Edan Pora ?

Mengapa kok harus gitu yaa ?
Mungkin karena manusia itu, begitu istimewa, sehingga harus dibuat dengan cara seperti itu. Istimewa, karena manusia itu merupakan tiruannya Tuhan, bahasa kerennya imitasi, KW2, atau MADE IN TUHAN…wakakakaka…. Edan Tenan.

ALLAH yang aneh !
Ngapain repot-repot, wong dia bisa aja ngomong, “Jadilah manusia…ehm…yang satu di bagian tengahnya ada tititnya…. terus model berikutnya pantatnya digedein dan dadanya dimotokkan ! Oh… nice… very good !” Saya pikir…ada suatu maksud tersembunyi di sini ! Lain kali aja kalo saya dapat wangsit dari atas langit sana akan saya bahas topik ini. Sekarang ilhamnya baru mengetahui kehendak Tuhan saja… He he he . . . Edan Tenan

Tuhan/Allah memberikan satu hak yang istimewa kepada manusia. KataNya, “…berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Saya yakin inilah kehendak Tuhan yang sebenarnya, yang orisinil, dan yang asli untuk manusia, untuk menguasai dan mengelolah segala ciptaanNya .

Tidak lebih dan tidak kurang !
Pertanyaannya sekarang adalah, apakah kehendak Tuhan sekarang ini sama dengan kehendak Tuhan jaman dulu ?
Jamanya Manusia pertama sebelum kita ?

Ya,,,, Jelas sama lah, karena Allah itu diluar waktu. Kita, manusialah yang berada di dalam waktu ! Tidak ada istilah dulu, sekarang, dan selamanya buat Tuhan/Allah. Istilah itu adalah istilah kita yang berada dalam ruang waktu !

Begitu gampang’e wong iki nek ngomong !
Masa Kehendak Tuhan cuman itu tok ?
Iya rek… memang itu yang dikatakan Al-kitab !
Tuhan sudah ngomong nek Dia menciptakan manusia untuk ngene (begini = bhs jawa) !

Loh pendetaku/kiyaiku ngomong kalo Kehendak Tuhan itu misterius , suci, kudus, dan mulia, bukan seperti yang Wong Edan Bagu omongkan ! Kehendak Tuhan itu mbulet ! Saya aja doa bertahun-tahun tapi belum mendapatkan jawaban yang jelas !

Baiklah…. memang itu tadi adalah kehendak Tuhan yang bersifat umum buat manusia. Lalu kehendak Tuhan secara spesifik gimana ? Apa kehendak Tuhan untuk hidup saya, untuk hidup anda, untuk hidup teman anda, saudara anda, kakak anda, dan lainnya ? Mari kita bahas…hehe.:-)

KEHENDAK TUHAN ATAS HIDUP KITA:
Jujur, yang tahu kehendak Tuhan untuk masa depanmu adalah dirimu sendiri ! Saya tidak bisa membuktikan pernyataan saya, tetapi saya yakin bahwa sepanjang perjalanan hidup kita ada suatu kuasa, kejadian, ataupun tantangan yang mengarahkan kita kepada suatu hal yang sama ! Saya sering menyebut keanehan ini sebagai 3T… “Tangan Tak Terlihat !”

Sepanjang perjalanan spiritual hidup saya, saya tidak pernah menjadi orang nomer satu di bidang apapun. Tempat saya adalah di posisi kedua alias wakil… Itu yang paling maksimal. Dalam didang pekerjaan apapun. Selain soal pekerja’an, saya keluyuran kian kemari, dari satu tempat keramat ke tempat mistik lainnya, dari satu orang sakti ketempat orang hebat lainnya. dan apapun yang saya lakukan dan saya perbuat untuk lari dari panggilan hidup saya…toh akhirnya saya selalu dituntun kembali oleh “Tangan Tak Terlihat” tadi, ke jalan yang sudah ditentukan Tuhan. Untungnya saya mengiyakan (sekalipun dengan agak terpaksa) rancangan-Nya ini.

Sehari-harinya, tiada waktu bagi saya, untuk tidak mengheningkan cipta, maksude semedi, (semelehe memedi) duduk bersilah, menelusuri gha’ib, sesuatu yang tak kasat mata alias mustahil maksude, dengan cara, mengobrak abrik seluruh isi sekujur tubuh saya, Kekadhang, dengan sedulur papat saya alias angen-angen, budi, pakarti dan panca indera. lalu Palungguh jika sudah akur/bersatu alias ga keluyuran kamana-mana, lalu. Kunci. Paweling. Asmo. Mijil mencari Rasa Enak, yang intinya, ingin ambil tau tentang apa yang saya sembah dan saya muliakan selama hidup saya ini, mulai dari luarnya hingga dalamnya, sampai ke tititnya, saya harus tau, apa yang saya sembah itu, bertitit apa tidak. He he he . . . Edan Tenan.

Jika ada waktu luang, saya gunakan untuk mengasah kesabaran saya, mengasuh nafsu saya, mengasih amarah saya dan belajar mengajar, sedulur papat saya sendiri, alias angen-angen, budi, pakarti dan panca indera, dengan cara membaca buku-buku sejerah dunia yang sudah mendunia dan al-qitab-al-qitab dari berbagai aliran dan jenis tanpa peduli setan. Menulis apa yang suduh saya ketahui tentang yang saya sembah, lalu mempostingkannya di websit dan facebook, untuk saya kabarkan kelain saya. Nah,,, singkat kata… WEB yang sekarang ini, adalah WEB yang anda kenal !

Apakah berguna bagi anda ?
Menginspirasi anda ?
Memotivasi anda ?
Mewarnai hidup anda ?
Atau…membawa anda lebih dekat kepada Tuhan ?
Saya yakin inilah kehendak Tuhan atas hidup saya !
Dan saya yakin Dia akan membentuk saya sesuai dengan rencana dan waktuNya !
Yang perlu saya lakukan adalah merespon, mengerjakan apa yang ada di depan saya, dengan tangan saya sendiri sebaik-baiknya lalu mensyukurinya, karena dapat melakukannya !

Soal masa depan gimana ?
Emboh…gak eroh…!
Nek dipikir-pikir masa depan kok surem terus !
Gak pernah terang !
Ben,,, masa depan itu urusannya Tuhan yang menciptakan diriku !

Mengetahui Kehendak Allah;
Loh pak… WEB,,, nek aku yakin kalo kehendak Tuhan atas hidupku menjadi pencuri, pembunuh, pemerkosa, dan bandar judi gimana pak ?
Masa sih Tuhan yang penuh kasih itu menciptakan saya seperti ini ?

Hmmm…. mungkin juga….karena Dia menciptakan orang jahat untuk hari penghakiman loh, juga rumput untuk dibakar. Namun, saya yakin bahwa Tuhan tidak pernah bermaksud untuk menciptakan semua hal yang kita anggap buruk, jahat, dosa, dan lainnya itu !
Coba deh, sebenarnya anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita itu apa ?

KESELAMATAN dalam Yesus Kristus ! KESEMPURNA’AN dalam Maha Suci Hidup ALLAH. Tul….tapi masih kurang ! Hmmm…apa yah pak WEB ?
Roh Kudus ?
Hubungan yang dipulihkan ?
Mujijat ?
Kasih ?
Iman ? …..
Mari kita kembali ke proses penciptaan diatas…
Tuhan berfirman kepada manusia itu, “ Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” Apa yang kita pahami dari perkataan Tuhan ini ? FREEWILL alias KEHENDAK BEBAS ! Inilah sebenarnya Anugerah terbesar pertama yang dikaruniakan Allah kepada manusia !

Rencana Tuhan/Allah atas hidup manusia selalu baik, sempurna, dan mulia. Namun kehendak Tuhan itu bukanlah kehendak manusia. Tuhan telah memberikan KEBEBASAN kepada manusia, maka TUHAN tidak bisa memaksakan kehendakNya ! Tolong pahami baik-baik kalimat ini ! Tuhan memang maha tahu, dia tahu akibat yang terjadi dari pilihan – pilihan yang akan diambil manusia, tetapi sekali lagi Tuhan TIDAK BISA MELAWAN DIRINYA SENDIRI ! Pilihan yang dipaksakan bukanlah kebebasan ! Saya yakin inilah jawaban atas banyaknya kejahatan di dunia kita. Bukan salah Tuhan, tetapi salah kita sendiri berjalan di jalan yang salah, iya apa iya hayo…?!

Apa yang terjadi setelah Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa ?
Bertambah baikkah mereka ?
Apakah Tuhan memaksakan kehendaknya atas kebebasan manusia ?
TIDAK…!!! SEKALI LAGI TIDAK..!!! Ketika Kain bermaksud membunuh Habel, Tuhan hanya mengingatkan Kain. Kabar buruknya, kesalahan Bapak dan Ibu Adam ini bukannya berkurang, sebaliknya menjadi lebih parah dan lebih parah lagi. Jika Kain hanya membunuh Habel, Lamekh membunuh setiap orang yang senggolan dengannya (SENGGOL BACOK!)

Bukannya merasa berdosa, tetapi malah bangga ! Kehendak Tuhan mula-mula terdistorsi sedikit demi sedikit hingga saat ini. Kita sudah tidak tahu lagi, apa kehendak Tuhan atas hidup kita !

Untungnya…saya kembali mengingatkan anda sekaligus diri saya sendiri (karena Firman Tuhan itu, sesungguhnya pedang bermata dua) bahwa Kehendak Allah yang benar, orisinil, bukan KW2 dan bukan MADE IN CHINA, ada di Kitab suci kita… Maka, Bacalah dengan Hidup,,, malahan di halaman pertama ! Begitu buka…sret…sreet…wes ketemu deh !… He he he . . . Edan Tenan… SALAM RAHAYU HAYU MEMAYU HAYUNING KARAHAYON KANTI TEGUH SLAMET BERKAH SELALU Untukmu Sekalian para Kadhang Konto dan Kanti Anom maupun Sepuh kinasihku, yang senantiasa di Ridhoi ALLAH Azza wa Jalla Jalla Jalaluhu. Pamrih saya berharap POSTINGAN SAYA KALI INI. Dapat Bermanfaat untuk semua Kadhang kinasihku sekalian tanpa terkecuali yang belum mengetahui ini dan Bisa Menggugah Rasa Hidup nya siapapun yang membacanya.
*Matur Nuwun ROMO….._/\_…..Terima Kasih.Terima Kasih. Terima Kasih*
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Handphon: 0858 – 6179 – 9966
https://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com