Enam Cara Untuk Mengatasi Ketakutan dan Keraguan:

Enam Cara Untuk Mengatasi Ketakutan dan Keraguan:
Oleh: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
Djawa Dwipa Hari Kamis pahing Tgl 15 Oktober 2015

Jika anda seperti kebanyakan orang, maka anda pasti memiliki tujuan atau mimpi yang bernilai yang ingin anda capai. Tujuan tersebut mungkin berhubungan dengan perkembangan pribadi seperti menurunkan berat badan, memperoleh kepercayaan diri, menemukan kedamaian batin, meningkatkan level energi anda, atau mengatasi depresi.

Atau, tujuan anda mungkin kembali ke sekolah, mendapatkan karir baru, atau membawa bakat kreatif anda ke hadapan publik. Memiliki tujuan adalah bagian yang cukup mudah. Mencoba untuk bergerak melalui rintangan yang ada dalam diri anda sendiri benar-benar dapat membuat anda takut dan anda mungkin akan lumpuh oleh ketakutan anda sendiri.

Jika anda mencoba untuk mencapai tujuan anda dan kemudian berhenti karena anda menghadapi hambatan yang tampaknya tidak dapat diatasi, jangan menyerah karena itulah sifat alami dari tujuan. Tujuan membawa anda ke sebuah wilayah baru dan membawa anda berhadapan dengan ketakutan dan keraguan anda sendiri. Poin utamanya adalah bukan tentang bagaimana menghindari rasa takut, tapi bagaimana membuat keputusan positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri anda saat ketakutan datang.

Setiap hari, banyak orang menyerah pada impian mereka karena keraguan dan ketakutan. Namun tidak harus seperti itu! Berikut adalah enam langkah untuk mengatasi keraguan dan ketakutan untuk mewujudkan tujuan dan mimpi-mimpi anda.

1. Membuat Keputusan;
Setelah anda menentukan impian atau tujuan anda, putuskan bahwa anda ingin hidup bahagia karenanya. Hal ini mungkin tampak klise, tetapi banyak orang tidak pernah memutuskan dan berkomitmen penuh untuk impian mereka. Mereka hanya terus “berpikir” tentang hal itu. Atau, ketika rintangan pertama muncul, mereka menyerah.

Buatlah komitmen untuk diri sendiri. Sekarang bukan saatnya untuk khawatir tentang bagaimana untuk mewujudkannya, atau bagaimana anda akan bergerak melalui tantangan anda. Sebaliknya, tanam benih impian anda dalam diri dan buatlah komitmen untuk mencintai benih ini sampai suatu hari anda memanen buah dari usaha anda.

Hormati komitmen anda untuk diri sendiri. Tidak ada yang bisa menjatuhkan anda selain anda sendiri. Buatlah komitmen tentang apa yang anda inginkan dan berdirilah kuat dalam komitmen anda. Tidak peduli seberapa menantang, seberapa takut, atau mungkin tampak tidak mungkin untuk dicapai, putuskan bahwa anda tetap akan meraihnya! Kenapa? Karena tidak ada alasan lain selain karena anda menginginkannya dan anda telah membuat keputusan untuk itu. Orang lain tidak akan melakukannya untuk anda.

2. Anda Bukan Budak Ketakutan Anda;
Ketika anda bergerak maju pada impian anda, keraguan dan ketakutan akan muncul lebih cepat dari apa yang anda perkirakan. Untuk terus bergerak melampaui rasa takut anda, akan sangat membantu jika anda belajar untuk memisahkan diri dari rasa takut, sebagai contoh, daripada anda berpikir “saya takut”, belajarlah untuk mengatakan, “ada bagian dalam diriku yang takut dan tidak ingin maju, namun di suatu tempat lain dalam diri saya ada juga keinginan untuk terus bergerak maju.”

Ketakutan adalah bukan tentang siapa anda, melainkan emosi yang anda alami. Kuncinya adalah mengenali rasa takut anda dan tetap bernapas. Bernapas akan menjaga energi terus bergerak dan mencegah anda terikat dalam pelukan ketakutan anda.

Tidak peduli seberapa menakutkan kelihatannya, putuskan untuk duduk bersama dengan rasa takut anda dengan menerima kehadirannya, namun bukan untuk menyetujuinya. Penerimaan membantu karena dengan menghindar tidak membuatnya pergi, mencari jalan lain juga tidak lantas membuatnya hilang, dan mengabaikan pun tidak membuat rasa sakit yang muncul berkurang. Jadi, tetaplah bernapas, kemudian katakan kepada diri sendiri bahwa meskipun anda merasakan ketakutan yang intensif, anda masih bisa mengambil tindakan. Tataplah ketakutan di depan mata dan biarkan mata anda tahu, lalu katakan “anda bukan bos saya!”. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan peralatan dan strategi baru untuk terus maju dengan impian anda sekali lagi.

3. Ubah Sikap Anda Tentang Kegagalan;
Suatu ketika, saya pernah menerima email berisi sebuah kutipan motivasi, kira-kira bunyinya seperti ini, “Anda mencoba sesuatu, beberapa berhasil, beberapa tidak, dan anda telah melakukan lebih dari sekedar berhasil.” Kata-kata sederhana ini menunjukkan bahwa formula untuk sukses adalah jika anda ingin berkembang dan berhasil, anda juga harus bersedia untuk gagal. Tentu saja, tidak ada orang yang benar-benar ingin mengalami kegagalan.

Namun, jika anda ingin sukses di sesuatu hal yang baru, anda mungkin akan mengalami kemunduran, hambatan, dan kegagalan sepanjang jalan. Untuk menjadi sukses, definisikan kembali kegagalan dengan cara membiarkan diri anda untuk melihat kegagalan sebagai sebuah “informasi”. Kegagalan hanyalah sebuah umpan balik yang memberitahu anda agar mengevaluasi kinerja anda, melakukan penyesuaian terhadap rencana anda, dan kemudian mencoba melakukan pendekatan yang berbeda. Jadi ketika anda mengalami kegagalan – bangkitlah, bersihkan debu yang mengotori, akses informasi yang didapat, revisi rencana anda, dan mulai kembali.

4. Membangun Otot Kepercayaan Diri Anda;
Meskipun proses mencapai impian anda akan memunculkan stres, ketakutan, keraguan, namun pengalaman-pengalaman tersebut adalah tepat apa yang anda perlukan untuk terciptanya sebuah kepercayaan diri. Anda tidak akan cukup menjadi mandiri jika perjalanan yang anda tempuh sangatlah mudah, sebaliknya anda harus melalui jalan yang sulit. Hal itu karena untuk menerobos apa yang menahan anda, anda harus tetap berjalan melalui keraguan anda. Anda tidak bisa hanya berjalan di sekitar, mengharapkan untuk pergi dengan sendirinya atau menganalisa bagaimana menghindari pengalaman-pengalaman pahit tersebut.

Ini adalah tantangan-tantangan dari perjalanan anda yang menawarkan ratusan peluang untuk membangun otot kepercayaan diri anda dan mendapatkan keahlian dari pengalaman-pengalaman tersebut. Setiap hambatan, kemunduran, atau kegagalan menawarkan anda kesempatan baru untuk percaya pada diri sendiri, bukannya jatuh pada keraguan dan ketakutan.

5. Putuskan Anda Tidak Harus Melakukan Apapun;
Berikut ini adalah percobaannya. Selama 48 jam ke depan, hilangkan kata-kata “Saya harus” dari kosa kata anda dan ganti menjadi kata-kata “Saya memilih untuk”. Dibanding anda berkata, “Saya harus terus maju meraih tujuan saya”, lebih baik anda mengatakan “Saya memilih untuk mengambil tindakan spesifik hari ini”. Atau, anda bisa sama efektifnya dengan mengatakan,”Saya memilih untuk tidak mengambil langkah tindakan hari ini”. Kedua pilihan tersebut memungkinkan anda untuk memahami bahwa anda adalah orang yang mengendalikan pilihan anda. Anda menetapkan prioritas. Anda bertanggung jawab. Anda memiliki kontrol. Rasakan bagaimana perubahan sederhana dari kata-kata ini mempengaruhi anda.

6. Tanyakan Pada Diri Sendiri Pertanyaan-Pertanyaan yang Menginspirasi;
Beberapa jenis pertanyaan dapat membawa anda mendapatkan wawasan dan motivasi baru. Tanyakan kepada diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut, biarkan diri anda menjawabnya dari hati anda, dan perhatikan di mana kebenaran akan membawa anda :

Apakah impian anda cukup penting untuk mengubah gaya hidup anda sehari-hari?

Apakah anda ingin bertanggung jawab atas keputusan-keputusan dalam hidup anda?
Apakah anda memiliki keberanian untuk pergi menuju apa yang anda inginkan dengan keuletan dan melihatnya sampai akhir?

Dapatkah anda menerima bahwa rasa takut adalah bagian dari perjalanan dan anda tetap bergerak maju?

Dapatkah anda mengakui bahwa rasa takut hanya dapat menjadi penguasa anda jika memang anda membiarkan hal itu terjadi?

Mampu mengatasi keraguan dan ketakutan sehingga anda dapat mewujudkan kehidupan yang anda impikan adalah salah satu pengalaman terbaik di dunia! Kendalikan kehidupan anda dengan Hidup yang terlatih 6 langkah sederhana diatas dan pelajari cara untuk menjinakkan Perasaan takut dan buatlah hidup anda menjadi lebih bahagia dan sukses. Mau Lebih dari Sekedar ini…?! Wahyu Panca Ga’ib solusinya… He he he . . . Edan Tenan. SALAM RAHAYU HAYU MEMAYU HAYUNING KARAHAYON KANTI TEGUH SLAMET BERKAH SELALU Untukmu Sekalian para Saudara-Saudari kinasihku yang senantiasa di Ridhoi ALLAH Azza wa Jalla Jalla Jalaluhu. SEMOGA POSTINGAN SAYA KALI INI. Bermanfaat untuk Para Saudara-Saudari yang belum mengetahui ini, dan Bisa menggugah Rasa Hidupnya siapapun yang membacanya . Terima Kasih.
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
https://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com