Nasehat Spiritual: Mati Sebelum Mati “Wong Edan Bagu”

TOTO LENGGAH
Nasehat Spiritual:
Mati Sebelum Mati “Wong Edan Bagu”
Apabila kamu ‘mati’ dari mahluk, maka akan dikatakan kepada kamu, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada kamu”. Kemudian Allah akan mematikan kamu dari nafsu-nafsu badanniyah. Apabila kamu telah ‘mati’ dari nafsu badanniyah, maka akan dikatakan kepada kamu, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada kamu”. Kemudian Allah akan mematikan kamu dari kehendak-kehendak dan nafsu. Dan apabila kamu telah ‘mati’ dari kehendak dan nafsu, maka akan dikatakan kepada kamu, “Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada kamu”. Kemudian Allah akan menghidupkan kamu di dalam suatu ‘kehidupan’ yang baru.

Setelah itu, kamu akan diberi ‘hidup’ yang tidak ada ‘mati’ lagi. Kamu akan dikayakan dan tidak akan pernah papa lagi. Kamu akan diberkati dan tidak akan dimurkai. Kamu akan diberi ilmu, sehingga kamu tidak akan pernah bodoh lagi. Kamu akan diberi kesentosaan dan kamu tidak akan merasa ketakutan lagi. Kamu akan maju dan tidak akan pernah mundur lagi.

Nasib kamu akan baik, tidak akan pernah buruk. Kamu akan dimuliakan dan tidak akan dihinakan. Kamu akan didekati oleh Allah dan tidak akan dijauhi oleh-Nya. Martabat kamu akan menjadi tinggi dan tidak akan pernah rendah lagi. Kamu akan dibersihkan, sehingga kamu tidak lagi merasa kotor. Ringkasnya, jadilah kamu seorang yang tinggi dan memiliki kepribadian yang mandiri. Dengan demikian, kamu boleh dikatakan sebagai manusia super atau orang yang luar biasa.

Jadilah kamu ahli waris para Leluhurmu, para Rasul, para Nabi dan orang-orang yang shiddiq. Dengan demikian, kamu akan menjadi manikam bagi segala kewalian, dan wali-wali yang masih hidup akan datang menemui kamu. Melalui kamu, segala kesulitan dapat diselesaikan, dan melalui shalatmu, tanaman-tanaman dapat ditumbuhkan, hujan dapat diturunkan, dan malapetaka yang akan menimpa umat manusia dari seluruh tingkatan dan lapisan dapat dihindarkan. Boleh dikatakan kamu adalah polisi yang menjaga kota dan rakyat Tuhan.

Orang-orang akan berdatangan menemui kamu dari tempat-tempat yang dekat dan jauh dengan membawa hadiah dan oleh-oleh dan memberikan khidmat (penghormatan) mereka kepadamu. Semua ini hanyalah karena idzin Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa jua. Lisan manusia tak henti-hentinya menghormati dan memuji kamu. Tidak ada dua orang yang beriman yang bertingkah kepadamu. Wahai mereka yang baik-baik, yang tinggal di tempat-tempat ramai dan mereka yang mengembara, inilah karunia Allah. Dan Allah mempunyai kekuasaan yang tiada batas. Filosofi diatas, adalah benar adanya, namun sayang, selalu tersisip di setiap baitnya sebuah katanya “SEMOGA” Dan semoga inilah yang membuat apapun Perjuangan dan Pengorbanan Laku menjadi ngambang, tidak pasti, hingga pada akhirnya sia-sia. SEDULUR…. Ketahuilah…

Hilangnya Agama Itu, karena Empat Hal:
1. Pertama, karena anda tidak mengetahui apa yang anda amalkan.
2. Kedua, karena anda mengamalkan perkara-perkara yang anda tidak mengetahuinya.
3. Ketiga, karena anda tidak mau belajar hal-hal yang anda tidak mengerti, lalu anda terus menerus bodoh.
4. Keempat, anda menghalangi orang-orang yang belajar pengetahuan, dimana mereka tidak tahu.

Artinya… jika selama ini anda berada di ke empat posisi tersebut, di luar kesadaran dan pengetahuan anda. Anda sedang berusaha menghilangkan/menghapus agama yang sedang anda imani.

Wahai kaum sufi…. Oang-orang ahli spiritual… Jika anda menghadiri majlis dzikir, ternyata anda menghadirinya agar masalah anda terpecahkan. Anda malah kontra dengan nasehat kebajikan, lalu anda pelihara kesalahan dan ketergelinciran, bahkan anda tertawa dan main-main. Anda benar-benar mengkawatirkan, padahal anda bersama Allah Azza wajalla.
Sebaiknya Anda sesegera mungkin… Hendaknya anda berpijak pada Sang Penyebab, bukan pada akibat, dan bertawakallah padaNya.

Allah SWT berfirman: “Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah.”
Allah tidak menciptakan apapun itu, untuk bermain-main hampa, untuk berkhayal dan berandai-andai, bayang membayangkan, tidak pula mencipatakan apapun itu untuk makan dan minum, tidur dan kawin. Berbisnis dan sibuk dengan kepentinga-kepentingan yang tanpa Allah di dalamnya Atau macak manak masak.

Ingatlah! Wahai orang-orang yang alpa dari kealpaanmu. Ingatlah, anda melangkahkan hatimu satu langkah, Allah menuju kepadamu beberapa langkah, dan Dia paling layak untuk anda rindukan dibanding yang lainNya. Selain Allah Ta’ala, ketika anda datang padanya, anda bisa tetap benar, baik raja, sulthan, pemerintah, maka kedatangan anda, atom anda adalah bukit, tetesannya adalah lautan, bintangnya adalah rembulan, rembulannya adalah matahari, sedikitnya adalah banyak, terhapusnya adalah tetapnya, fana’nya adalah baqo’nya, geraknya adalah tetapnya.

Pohonnya menjulang hingga menyentuh Arasy, dan akarnya membubung sampai ke bintang Tsurayya, dan dahan-dahannya melindungi dunia dan akhirat. Pohon apakah ini? Pohon Hikmah dan Pengetahuannya.

Dunia seperti lingkaran cincin, bukan dunia yang anda miliki, bukan akhirat yang anda kait, yang tidak dimiliki oleh raja maupun budak, tidak bisa dihalangi oleh apa pun atau diambil oleh siapa pun, tidak bisa dikotori. Jika anda bisa memenuhi semua itu, anda akan bagus ketika berada di tengah-tengah khalayak publik.

Anak muridku, anda jangan mencampur adukkan hal yang serius dengan guyonan. Jika hati anda belum mampu teguh, bagaimana anda bersama khalayak untuk anda baurkan bersama Khaliq, sedang anda berhati ganda dengan dunia?
Bagaimana anda bersama Allah?
Bagaimana anda bisa mencampuradukkan yang lahir dan yang batin?
Yang tak masuk akal dan yang masuk akal, hal-hal yang ada di sisi makhluk dan Khaliq?

Anak-anak dan murid-muridku…. Jadikan diriku sebagai cerminmu. Jadikan diriku sebagai cermin hati dan rahasia batinmu, sebagai cermin Laku Spiritual Hakikat Hidupmu!

Kemarilah mendekat kepadaku, anda akan melihat apa yang ada di dalam dirimu, sesuatu yang tidak bisa anda lihat ketika kalian jauh dariku. Jika anda punya hajat seputar agamamu, keluargamu, masyarakatmu, bisnismu dllmu, anda harus dekat denganku, karena aku tidak akan pernah menyembunyikan agama Allah Azza wa-Jalla. Tidak akan pernah mendustakan semua Firman-firmanNYA. Tak ada yang harus malu menyangkut agama dan Firman Allah Azza wa Jalla. Karena anda selama ini berada dalam pelukan kemunafikan. Tinggalkan duniamu yang ada di rumahmu, mendekatlah kepadaku. Karena aku berdiri di pintu gerbang akhirat. Tidak lama lagi aku akan masuk, sebelum aku masuk, aku ingin anda tau tentang apa saja dan bagaimana di dalam akherat itu. Bersamalah denganku dan dengarkan kata-kataku, dan amalkanlah/lakukanlah sebelum maut menjemputmu.

Aku ingin anda, bersih dari hijab dan rentangan jarak denganNYA. Aku tidak ingin pintuNya tertutup bagi anda setelah aku sebelum anda mengetahui semua dan segala isi di dalamnya, sngguh aku tidak ingin pintu itu tertutup ketika anda ada pada selainNya.

Dunia ini bagi suatu kaum, dan akhirat juga bagi suatu kaum. Begitupun Allah Ta’ala, juga bagi suatu kaum, yaitu kaum yang keyakini imannya cukup sesuai dengan firmanNYA, Tanpa ego dan politik seta rekayasa, yang ma’rifat dan mencintaiNya, yang bertaqwa dan khusyu’ kepadaNya, yang senantiasa prihatin hanya demi DIA. Suatu kaum yang penuh cinta kepadaNya, walau mata fisiknya tak memandangNYA, tetapi hatinya selalu memandangNYA, selalu merasakanNYA.

Sekali lagi… Anak-anak dan murid-muridku…. Jadikan diriku sebagai cerminmu. Jadikan diriku sebagai cermin hati dan rahasia batinmu, sebagai cermin Laku Spiritual Hakikat Hidupmu! Segeralah Kemari, mendekat kepadaku, masih terlalu banyak Inti-inti yang belum anda ketahui, belum anda pahami, belum anda mengerti. Karena itu…. Mendekatlah kepdaku sesegera mungkin, aku akan memberimu ilmu pengetahuan itu, selagi masih ada waktu, mumpung aku belum masuk, masih berdiri tegak di Pintu Gerbang Akherat karenamu dan untukmu sekalian yang aku cintai dan aku kasih sayangi.
HE HE HE . . . EDAN TENAN… SALAM RAHAYU KANTI TEGUH SLAMET BERKAH SELALU SAUDARA-SAUDARIKU SEMUANYA TANPA TERKECUALI… SEMOGA POSTINGAN SAYA INI. BISA LEBIH MENGENOG ke RASA dan BERMANFAAT BAGI siapapun yang Membacanya…
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan
https://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com
https://padepokanonlinekuncithepower.wordpress.com