Kemana Hendak Lari ??

Kemana Engkau hendak pergi dari kematian (QS 81:26). Sungguh kematian yang kamu lari dari padanya pasti akan kamu temui (QS 62:8). Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, meskipun engkau bersembunyi di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh (QS 4:78). Malaikat Maut yang diserahi tugas mencabut nyawamu akan mematikanmu untuk dikembalikan kepada Rabbmu (QS 32:11).

Maka apabila ajal kematian telah datang , tidaklah dapat mengundurkan barang sesaatpun dan tidak pula medahulukannya (QS 16:61). Jika nafas seseorang telah mendesak sampai ke kerongkongan (QS 75:26), Malaikat akan memukul dengan tangannya kepada orang yang sedang sakaratul maut seraya berkata “Keluarkanlah Nyawamu” (QS 6:93). Dan itu terjadi jika orang orang tersebut adalah orang dlolim dalam tekanan-tekanan sakratulmaut.

Maka jika orang tersebut adalah orang yang bertakwa , Malaikat akan mencambut nyawanya dengan keadaan yang baek , dan Malaikatpun berkata kepada mereka: “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan(QS 16:31-32).

Dan disaat saat kematiannya orang orang yang benar benar istikomah dalam ketaatan, para malaikat akan turun sambil menghibur dan berkata : “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS 41:30). Kami lah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta(QS 42:31) Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang(QS 42: 32).

“Dan siapakah manusia yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah,dan mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (QS 41:33) ”
Salam Rahayu _/\_
Ttd: Wong Edan BaGu