Artikel Singkat Tentang Motivasi Kehidupan: Karya; Wong edan Bagu/Djaka Tolos

IMG0055A1.Kekuatan Berpikir;
Dalam Posting kali ini saya akan sedikit berbagi kepada anda mengenai Seberapa Besar pengaruh pikiran anda dalam meraih kesuksesan. cukup menarik bukan?? Sekarang, saya minta anda untuk melupakan semua tugas-tugas yang belum anda kerjakan, Kelelahan anda bekerja, kesedihan anda karena ditinggal sang pacar, kegembiraan anda yang terlalu berlebihan akan sesuatu hal, Kelesuan karena anda memikirkan tagihan kartu kredit anda yang membengkak. Mengapa saya meminta anda untuk melupakan hal itu? Karena saya menginginkan anda untuk dapat membaca secara seksama dan santai tulisan ini, agar apa yang saya sampaikan disini dapat bermanfaat bagi anda.

Dalam tulisan ini saya lebih menekankan pada bagaimana pikiran anda dapat membantu anda meraih kesuksesan dalam hal apapun. Saya tidak akan menjelaskan teori-teori orang-orang terkenal. Namun saya akan mencoba memberikan sebuah cerita singkat yang ringan… Begini ceritanya… Suatu ketika seorang petinju kelas bulu mengalami kondisi yang sangat lemas sebelum melakukan pertandingan.

Sehingga membuatnya mendatangi dokter pribadinya untuk meminta suntikan dopping. Berikut percakap singkatnya: Temon berkata pada dokter pribadinya, “Dokter, badan saya sangat lemas. Bagaimana saya bisa bertanding kalau seprti ini dok? Saya mohon sekali dokter mau memberi saya suntikan doping.” Lalu dokter menjawab, “Baiklah saya akan memberi kamu suntikan tapi saya berharap hal ini tidak akan terulang lagi. Kamu tahu kan akibatna bisa fatal apabila kamu terbukti memakai doping?”. “Iya dok, saya juga sangat berharap hal ini tidak akan terulang lagi.” Kata Temon dengan sungguh-sungguh. Setelah dokter memberikan suntikan, Temon menjadi bersemangat.

Temon pun akhirnya memenangkan pertandingan tinju tersebut. Tetapi setelah beberapa hari pihak penyelenggara melakukan tes tehadap Temon karena dianggap telah menggunakan dopping. Namun sangat mengherankan bagi Temon bahwa hasil tes tersebut adalah sebalikna. Temon dinyatakan bersih dari dopping. Temon heran mengapa dia bisa lolos dari tes tersebut. Akhirna Temon menceritakan hal tersebut ke dokter pribadinya. Temon: “Dokter saya diperiksa oleh pihak penyelenggara pertandingan karena saya dicurigai menggunakan dopping sebelum pertandingan. Tetapi saya heran dok, mengapa hasilna tidak terbukti kalau saya menggunakan dopping?” Dokter: “Kamu tau Mon, yang saya suntikkan ke tubuh kamu waktu itu bukanlah dopping melainkan hanya cairan vitamin biasa. Yang membuat kamu bersemangat dan memenangkan pertandingan adalah pikiranmu.

2.MEDITASI TRANSSENDENTAL TM (Tanpa Mistik)
Dalam posting ini say akan sedikit berbagi mengenai meditasi Transendental Tanpa Mistik (Forem1973)yang jika anda lakukan dengan teratur dan penuh konsentrasi akan memberikan efek rasa rileks pada tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan kesadaran fisiologis tanpa asosiasi mistik. Berikun tahapan mencobanya 1.Duduk diam dalam posisi yang menyenangkan dan menutup mata

2.Relaksasikan semua otot, mulai dari kaki berjalan ke wajah. Buatlah semuanya relaksasi.
3.Bernapaslah melalui hidung. Perhatikan napas anda. Saat anda menghembuskan napas, ucapkan kata “satu” dalam hati. Sebagai contohnya, tarik napas…..hembuskan ,”satu”;tarik…..hembus,”satu” dan seterusnya. Lanjutkan selama 20 menit. Anda dapat membuka mata untuk memeriksa waktu, tetapi jangan menggunakan alarm. Jika anda selesai,Duduklah dengan tenang selama beberapa menit lagi dengan mata tertutup dan kemudian dengan mata terbuka.

4.Jangan menghawatirkan apakah anda berhasil dalam mencapai tingkat relaksasi dalam atau tidak. Pertahankan sikap pasip dan biarkan relaksasi terjadi mengikuti kecepatan sendiri. Tunggulah pikiran lain. Jika pikiran yang mengganggu itu muncul, abaikan mereka dengan mengatakan “ya” dan lanjutkan mengulang “satu.” Dengan berlatih, respon akan datang dengan sedikit upaya.
5.Latihlah tehnik satu atau dua kali setiap hari tetapi jangan dalam dua jam setelah makan, karena proses pencernaan tampaknya akan mengganggu perubahan subjektif.

# Selamat mencoba. Semoga memperoleh efek yang bermanfaat bagi anda.

3.Mengatasi masalah tanpa masalah;
Setiap manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. baik itu masalah yang dia anggap besar, sedang,ataupun kecil. Pernahkah anda merasakan suatu masalah?? jika pernah, bersyukurlah, karena itu merupakan suatu tanda bahwa anda diberikan sebuah pembelajaran dalam kehidupan. Saya hanya sedikit berbagi kepada para pembaca, cara yang dapat dilakukan dalam mengataasi masalah.

– mengatasi masalah dengan sendiri tanpa meminta bantuan kepada siapapun.
– Mengatasi masalah dengan meminta bantuan kepada orang lain. Seperti; teman, keluarga, pacar, guru spiritual, dll.
– Mengatasi masalah dengan mencoba menyerahkan diri, semakin mendekatkan diri dan menshare masalah kita kepada sang pencipta, pasrah kepada sang pencipta dengan menzerokan diri (Tidak ada yang lebih dari diri kita kecuali kekuasaan sang pencipta).
silahkan anda mencobanya, bandingkan mana yang lebih terasa nyaman dan memberikan efek yang positif bagi diri anda.

4.Kajian Psikologi tentang Curhat;
Curhat masalah pribadi merupakan kebutuhan psikologis manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki keinginan untuk didengarkan, dihargai, diperhatikan, dan disayangi. Curhat sebenarnya penting untuk dilakukan oleh siapapun, bila jika kita mempunyai masalah ataupun saat kita merasa bahagia.

Saat kita memiliki masalah hendaknya berbagilah dengan orang lain, karena secara psikologis hal tersebut dapat mengurangi beban pikiran kita sehingga kita dapat lebih merasa rileks. Sama halnya ketika kita merasa bahagia, curhat juga penting dilakukan karena euphoria yang berlebihan sama tidak baiknya dengan memendam masalah. Kebahagiaan akan lebih indah jika kita bisa berbagi kebahagiaan itu dengan orang lain.

Berbagi masalah itu penting dilakukan karena beban masalah yang menumpuk dan berlarut-larut akan sangat mengganggu kondisi psikologis manusia dan bisa berakibat pada stress. Bahkan leebih jauh lagi, dapat menyebabkan depresi.
Namun perlu diingat, dalam berbagi kita perlu memperhatikan siapa orang yang kita ajak berbagi. Hendaknya orang tersebut bisa menjaga rahasia kita, karena mungkin kita ingin masalah itu tidak diketahui oleh orang lain. Lalu curhatlah mengenai masalah-masalah yang dianggap penting karena kita belum menemukan jalan keluarnya. Selain itu curhatlah mengenai masalah yang dihadapi dengan orang yang dianggap berpengalaman, karena akan sangat membantu dalam memberikan pandangan dan nasehat-nasehat bagi anda.

Orang-orang yang kita ajak curhat boleh saja memberikan opininya dan jalan keluar mengenai masalah yang kita hadapi tetapi keputusan mana yang harus diambil ada di tangan kita. Dengarkanlah dengan seksama orang yang Anda ajak berbagi, hargai setiap perkataannya. Satu Hal yang sangat penting dalam menghadapi masalah: Selesaikan masalah sebelum masalah lain timbul. Budayakan Curhat sebelum dilarang. ok!!!

5.Mengatasi Rasa Cemas;
Cemas memang terkadang hinggap di diri kita secara tiba-tiba. Cemas merupakan perasaan tidak enak, semacam ketakutan akan suatu hal. Banyak efek negative yang ditimbulkan ketika perasaan cemas melanda. Terkadang kita menjadi tidak bias berpikir jernih, menjadi tidak peka terhadap lingkungan sekitar, dan menjadi lebih tertutup. Hal ini jika berlarut-larut maka akan dapat mengganggu kondisi psikologis orang yang sering merasa cemas. Maka dari itu saya mencoba berbagi kepada Anda sedikit upaya
yang bisa dilakukan untuk menghilaangkan rasa cemas.

• Cobalah untuk relaksasi
Jika rasa cemas tiba-tiba melanda cobalah untuk relaksasi. Berikut cara praktis melakukan meditasi TM yang bias dilakukan, silahkan lihat di artikel saya sebelumnya, Meditasi Transsendental TM.

• Lakukan aktivitas yang lain untuk mengalihkan rasa cemas
Ketika rasa cemas datang, cobalah untuk mengalihkannya dengan melakukan aktivitas lain supaya anda tidak terlalu terfokus pada perasaan tersebut. Jika ada lawan bicara, maka berbincanglah atau Anda juga bias menceritakan kecemasan anda jika lawan bicara anda memang dapat anda percaya. Bisa juga dengan berolah raga. Karena dengan berolah raga maka akan mengurangi ketegangan. Atau lakukan hal-hal positif yang sekiranya anda sukai, misalnya

membaca, belanja, jalan-jalan, tamasya, atau mendengarkan musik kesukaan anda.
• Hindari kafein dan Alkohol
Pandangan mengenai kafein dan alkohol dapat menghilangkan rasa cemas itu tidak benar. Kadar kafein yang berlebih dapat menambah rasa cemas anda. Pilihlah air putih yang memberikan efek kesegaran dan relaksasi bagi tubuh anda.
• Percaya diri
Jika kecemasan anda datang karena ketidak yakinan anda terhadap sesuatu yang akan anda lakukan, maka sebaiknya anda berpikir untuk lebih percaya diri. Persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang dan yakinlah bahwa anda dapat melakukannya dengan baik dan benar.
• Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup ternyata sangat penting. Kurangnya waktu tidur dan istirahat dapat manimbulkan rasa cemas yang berlebihan karena pikiran dan tubuh anda sudah lelah. Anda juga bisa mempraktekan sedikit tips pada artikel tubuh kita juga perlu hadiah
• Back to zero

Cara ini menurut saya paling ampuh. Back to zero (Tidak ada yang lebih dari diri kita kecuali kekuasaan sang pencipta) merupakan cara ampuh dalam mengatasi masalah tanpa masalah.
Semoga dalam artikel singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam super.

6.Falsafah Jawa Sebagai Pembelajaran Berperilaku dalam Hidup;
Saya teringat sebuah falsafah Jawa yang sekiranya bisa menjadi pembelajaran terhadap perilaku kita selama hidup. Saya sudah lama mendengar falsafah ini namun entah dimana. Falsafah ini begitu terngiang-ngiang di benak saya karena maknanya yang begitu dalam. “Sak begja-begjane wong kang begjo, isih becik wong kang eling lan waspodo”, seperti yang ditulis oleh Raden Mas Ronggowarsito.

Saya mencoba menyimpulkan makna yang terkandung di dalamnya yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran hidup bagi saya dan juga Anda semua. Pembelajaran pertama kita sebagai manusia diharapkan untuk selalu ingat dengan Sang Pencipta saat kita masih dikaruniai kemampuan bernafas. Selalu sadar diri bahwa kita hidup bukan untuk di dunia saja tapi masih ada kehidupan yang kekal setelah ini. Kita harus selalu memiliki tujuan hidup yang tentunya membawa kebaikan dalam dalam hidup kita yang tentunya harus sejalan dengan jalan Sang Pencipta.

Pembelajaran yang kedua bahwa kita hendaknya selalu waspada dengan apa yang akan terjadi. Jadi bisa diartikan, selalu siapkanlah hati Anda untuk menghadapi apapun yang terjadi kepada Anda. Janganlah terlalu gembira apabila ada mendapat kebahagiaan, bukan berarti tidak boleh merasa senang tapi janganlah terlalu larut dalam kebahagiaan sehingga melupakan siapa diri Anda. Juga ketika Anda mendapat kesusahan, selalu siapkan mental Anda bahwa kehidupan tidak selalu dalam keadaan yang mapan. Terkadang Sang Pencipta memberi cobaan kepada kita, disitu kata waspada sangat berperan untuk pembelajaran sikap kita.
Masih banyak falsafah Jawa lain yang bisa menjadi pedoman hidup bagi kita semua dalam kehidupan sehari-hari.

7.Mencapai Kebermaknaan Hidup;
Kebermaknaan hidup sangat perlu dipahami oleh setiap manusia. Siapapun dia, Presiden, angota DPR, bahkan rakyat biasa, karena menurut Bastaman (1996) jika individu tidak berhasil menemukan dan memenuhi makna hidup biasanya menimbulkan semacam frustrasi eksistensial, dimana individu merasa tidak mampu lagi dalam mengatasi masalah-masalah personalnya secara efisien, merasa hampa, tidak bersemangat, dan tak lagi memiliki tujuan hidup.

Berkaitan dengan kebermaknaan hidup Victor E.Frankl (1985) seorang tokoh psikologi eksistensial dalam konsep logoterapinya mengatakan bahwa kebermaknaan hidup disebut sebagai kualitas penghayatan individu terhadap seberapa besar ia dapat mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi-potensi serta kapasitas yang dimilikinya, dan terhadap seberapa jauh ia telah berhasil mencapai tujuan-tujuan hidupnya, dalam rangka memberi makna atau arti kepada kehidupannya. Frankl (2003) dalam buku terjemahannya mengatakan bahwa masing-masing individu memiliki pengertian yang berbeda tentang makna karena setiap orang berada dalam medan sendiri dan memiliki misi sendiri dalam hidupnya.

Frankl (Koeswara, 1987) juga mengemukakan bahwa manusia bisa menemukan makna melalui realisasi nilai-nilai manusiawi yang mencakup nilai kreatif, nilai estetis, nilai etis dan nilai pengalaman (experiential value). Ini berarti bahwa manusia, di samping melalui kehidupan keagamaan, bisa menemukan atau menciptakan makna hidup melalui kerja, melalui pertemuan dengan keindahan dan kebenaran, melalui pertemuan dan cinta dengan sesama, dan melalui pengalaman-pengalaman. Berikut ini saya akan sedikit berbagi mengenai metode-metode Menurut Bastaman (dalam Kitab, 1998) dalam menemukan kebermaknaan hidup sebagai upaya untuk menemukan kembali kesadaran akan makna dan orientasi hidup, diantaranya:

a.Pemahaman pribadi dan pengubahan sikap. Manfaat dari metode ini adalah untuk (1) mengenali keunggulan-keunggulan dan kelemahan-kelemahan pribadi, (2) menyadari keinginan dari mesa kecil hingga sekarang serta memahami kebutuhan-kebutuhan apa yang mendasari keinginan-keinginan itu, (3) merumuskan secara lebih jelas dan nyata hal-hal yang diinginkan untuk masa mendatangkan dan menyusun rencana secara realistis untuk mencapainya.

b.Bertindak positif, yakni menerapkan hal-hal yang baik dan positif dalam berperilaku dan tindakan nyata sehari-hari.

c.Pengakraban hubungan, yakni hubungan akrab seorang pribadi dengan pribadi yang lain sedemikian rupa sehingga dihayati sebagai hubungan yang dekat, mendalam, saling percaya dan saling memahami. Jadi terdapat semacam dukungan sosial. Dengan cara ini seseorang merasa dirinya berharga dan bermakna, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain, karena hal ini merupakan salah satu sumber makna bagi manusia.

d.Pendalaman tri nilai. Tri nilai di sini adalah (1) pendalaman nilai-nilai kreatif, yaitu dengan memberikan sesuatu yang berharga bagi kehidupan, (2) pendalaman nilai-nilai penghayatan, dimana individu mencoba memahami, meyakini dan mengahayati berbagai nilai yang ada dalam kehidupan, seperti keindahan, kebijakan, keimanan, kebajikan dan cinta kasih, (3) pendalaman nilai-nilai bersikap, yakni memberi kesempatan kepada seseorang untuk mengambil sikap yang tepat terhadap kondisi dan peristiwa yang hadir dalam kehidupannya. Dengan mengambil sikap yang tepat maka beban pengalaman tragis akan berkurang, bahkan mungkin peristiwa itu dapat memberikan pengalaman yang berharga dan menimbulkan makna tertentu, yang dalam sehari-hari disebut dengan hikmah.

e.Ibadah. Dalam pengertian umum ibadah adalah segala kegiatan melaksanakan apa yang diperintahkan Tuhan, dan mencegah diri dari hal-hal yang dilarang-Nya menurut ketentuan agama.Sedangkan dalam pengertian khusus ibadah adalah ritual untuk mendekatkan diri kepada Allah melaui cara yang diajarkan dalam agama.

8.Tubuh Kita Juga Perlu Hadiah;
Pada posting kali ini saya mengajak semua pembaca untuk flashback ke masa lalu Anda mengenai berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan untuk memanfaatkan tubuh kita untuk bekerja. Coba ingat-ingat berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan untuk mengerjakan tugas sekolah, mengerjakan tugas kantor, mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, dan pekerjaan lain yang memanfaatkan tubuh Anda untuk bekerja. Stop!!! Jangan paksakan untuk mengingatnya karena saya yakin Anda tidak akan dapat mengingatnya.

Saya akan memberikan contoh untuk anda. Misalkan Anda bekerja setiap hari selama 8 jam, berarti seminggu Anda bekerja selama 56 jam, dan sebulan Anda menghabiskan waktu 224 jam dalam sebulan untuk bekerja. Jika Anda melakukannya selama 35 tahun berarti Anda bekerja selama hampir 11 tahun untuk bekerja. Nah cukup jelas bukan bahwa hampir sepertiga hidup Anda digunakan untuk bekerja. Ini belum termasuk waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, atau pekerjaan lain yang mungkin menyita banyak waktu Anda, Karena kita telah banyak memanfaatkan tubuh untuk bekerja alangkah pentingnya apabila kita memberikan hadiah bagi tubuh kita. Hadiah menurut saya merupakan suatu bentuk penghargaan atau ucapan terima kasih yang kita berikan kepada tubuh karena telah memanfaatkannya untuk bekerja. Saya akan mengklasifikasikan bentuk-bentuk hadiah yang dapat diberikan kepada tubuh kita, yaitu:

1. Mendekatkan diri pada Allah
Mendekatkan diri kepada Allah melalui apapun bentuknya. Sebagai umat manusia pastilah kita diwajibkan untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Misalkan bagi umat Islam dengan menjalankan ibadah sholat lima waktu, puasa, dan disertai ibadah sunah lain seperti sholat sunah, puasa sunah, membaca Al Quran, berdzikir dan sebagainya. Dengan mendekatkan diri kepada Allah kita harus merasa yakin bahwa Anda akan merasakan ketentraman hati atau rohani yang sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan jasmani kita. Jangan sampai tidak beribadah kepada Allah agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena Anda telah melupakan kewajiban sebagai umat manusia.

2. Istirahat dan manjakan tubuh
istirahat dan memanjakan tubuh. Istirahat merupakan hadiah yang sangat penting bagi tubuh. Kita harus memperlakukan tubuh sesuai kemampuannya, jangan sampai memforsir diri sendiri karena akan membuat tubuh menjadi sakit. Istirahat dapat berupa tidur yang cukup, saya tidak bisa mematok berapa jam Anda harus tidur karena kebutuhan untuk tidur setiap orang itu berbeda. Banyak bentuk-bentuk hadiah lain juga seperti pijat refleksi, mendengarkan musik kesukaan Anda, refreshing dengan teman atau keluarga, spa, meditasi, memanjakan tubuh di salon dan bentuk hadiah lain yang sekiranya dapat mengendurkan ketegangan otot-otot di tubuh.

3. Menjaga asupan makanan dan menjalankan pola hidup yang sehat
Tubuh kita memerlukan makanan yang sehat dan bergizi. Sudah jelas berupa empat sehat lima sempurna dengan kadar yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Dapat juga ditambah dengan vitamin dan suplemen makanan jika diperlukan. Tidak kalah pentingnya bagi tubuh adalah pola hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Jangan sampai melupakan olahraga, karena olahraga diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan dengan keluarnya keringat dapat mengeluarkan toksin-toksin di dalam tubuh. Anda janga menganggap berat olahraga, banyak bentuk olahraga yang terkadang tidak kita sadari. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kegemaran Anda. Misalkan dengan berkebun.

4. Hubungan sosial dengan masyarakat
Hubungan sosial juga merupakan hadiah bagi tubuh. Sebenarnya lebih ke masalah rohani tetapi kita tidak bisa memisahkan masalah jasmani dan rohani karena keduanya saling mendukung. Kita harus selalu berhubungan baik dengan keluarga, teman, tetangga, maupun orang lain. Dengan hubungan sosial kita dapat saling berbagi baik dalam keadaan senang atau susah, jadi jika kita mempunyai masalah kita bisa share agar meringankan masalah sehingga dapat mengurangi beban hidup.

Saya hanya sebatas mencurahkan isi pikiran saya, jika anda setuju dan merasa harus melakukan dalam hidup anda, lakukanlah dan rasakan apa efek yang terjadi dalam diri anda.

9.Perkembangan Dewasa Akhir;
Memasuki lanjut usia merupakan periode akhir dalam rentang kehidupan manusia di dunia ini. Banyak hal penting yang perlu diperhatikan guna mempersiapkan memasuki masa lanjut usia dengan sebaik-baiknya. Kisaran usia yang ada pada periode ini adalah enam puluh tahun ke atas. Ada beberapa orang yang sudah menginjak usia enam puluh,tetapi tidak menampakkan gejala-gejala penuaan fisik maupun mental. Oleh karena itu, usia 65 dianggap sebagai batas awal periode usia lanjut pada orang yang memiliki kondisi hidup yang baik.
Karakteristik
1. Adanya periode penurunan atau kemunduran. Yang disebabkan oleh faktor fisik dan psikologis.
2. Perbedaan individu dalam efek penuaan. Ada yang menganggap periode ini sebagai waktunya untuk bersantai dan ada pula yang mengaggapnya sebagai hukuman.
3. Ada stereotip-stereotip mengenai usia lanjut. Yang menggambarkan masa tua tidaklah menyenangkan.
4. Sikap sosial terhadap usia lanjut. Kebanyakan masyarakat menganggap orang berusia lanjut tidak begitu dibutuhkan karena energinya sudah melemah. Tetapi, ada juga masyarakat yang masih menghormati orang yang berusia lanjut terutama yang dianggap berjasa bagi masyarakat sekitar.
5. Mempunyai status kelompok minoritas. Adanya sikap sosial yang negatif tentang usia lanjut.
6. Adanya perubahan peran. Karena tidak dapat bersaing lagi dengan kelompok yang lebih muda.
7. Penyesuaian diri yang buruk. Timbul karena adanya konsep diri yang negatif yang disebabkan oleh sikap sosial yang negatif.
8. Ada keinginan untuk menjadi muda kembali. Mencari segala cara untuk memperlambat penuaan.

Tugas Perkembangan
1. Menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik. Misalnya adanya perubahan penampilan pada wajah wanita, menggunakan kosmetik untuk menutupi tanda-tanda penuaan pada wajahnya. Pada bagian tubuh, khususnya pada kerangka tubuh, mengerasnya tulang sehingga tulang menjadi mengapur dan mudah retak atau patah.
2. Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya penghasilan keluarga.
3. Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
4. Menjalin hubungan dengan orang-orang disekitarnya.
5. Membentuk pengaturan kehidupan fisik yang memuaskan.
6. Menyesuaikan diri dengan peran sosial secara luwes dan harmonis.

Perkembangan Fisik
Kebanyakan perubahan fisik pada lansia mengalami hal yang sama, misalnya rambut yang memutih, kulit keriput, dan gigi yang tanggal. Pada periode ini penurunan fungsi organ tampak jelas.

Otak dan sistem syaraf
Sistem syaraf berubah dengan tanda adanya penurunan kecepatan belajar sesuatu yang diikiti dengan menurunnya kemampuan intelektual. Beberapa peneliti memperkirakan 5 sampai 10% neuron akan berhenti tumbuh sampai kita mencapai usia 70 tahun, setelah itu hilangnya neuron menjadi dipercepat. Aspek yang signifikan dari proses penuaan adalah pada neuron-neuron yang tidak mengganti dirinya sendiri yang menyebabkan hilangnya sebagian kecil kemampuan pada masa dewasa akhir.

Isi Perut
Mengalami perubahan bentuk karena berhentinya pertumbuhan khususnya ditandai dan diketahui lewat limpa, hati, alat reproduksi, jantung, paru-paru, pankreas, dan ginjal. Perubahan yang paling besar terjadi pada jantung dengan tanda bertambahnya ukuran jantung sesuai dengan bertambahnya usia dan terus tumbuh bahkan sampai setelah tubuh berhenti bekerja.

Perubahan Fungsi Fisiologis
Berkurangnya tingkat metabolisme dan menurunnya kekuatan otot-otot juga mengakibatkan pengaturan suhu badan menjadi sulit. Selain itu, pada usia lanjut terjadi penurunan dalam jumlah waktu tidur yang diperlukan dan kenyenyakan tidurnya. Orang usia lanjut pada umumnya menderita gangguan susah tidur (insomnia). Lalu, perubahan dalam pencernaan mungkin merupukan perubahan yang paling kelihatan dalam fungsi pengaturan pencernaan. Kesulitan dalam makan sebagian diakibatkan pada gigi yang tanggal yang merupakan gejala umum bagi orang usia lanjut dan juga karena daya penciman dan perasa yang menjadi kurang tajam. Sehingga menyebabkan jenis makanan yang paling lezat menjadi terasa tidak enak.

Perkembangan sensori
Perubahan sensori fisik pada masa dewasa akhir melibatkan semua indera pada manusia. Kebanyakan perubahan mulai terlihat pada dewasa madya tapi lebih terlihat jelas pada masa dewasa akhir. Pada usia lanjut fungsi seluruh organ pengindraan kurang mempunyai sensitifitas dan efisiensi kerja dibandingkan yang dimiliki oleh orang yang lebih muda. Lebih lanjut lagi, pemakaian kaca mata dan alat bantu dengar hampir secara sempurna dapat mengatasi kerusukan indera melihat atau kehilangan pendengaran.

Sistem peredaran darah
Tidak lama berselang terjadi penurunan jumlah darah yang dipompa oleh jantung dengan seiringnya pertambahan usia sekalipun pada orang dewasa yang sehat. Bagaimanapun, kita mengetahui bahwa ketika sakit jantung tidak muncul, jumlah darah yang dipompa sama tanpa mempertimbangakan usia pada masa dewasa. Kenyataannya para ahli penuaan berpendapat bahwa jantung yang sehat dapat menjadi lebih kuat selama kita menua dengan kapasitas meningkat bukan menurun (Fozard, 1992).
Meningkatnya tekanan darah yang terjadi akibat bertambah kerasnya dinding pembuluh arteri aorta dan pusat merupakan gejala umum bagi orang yang berusia lanjut.

Sistem pernafasan
Kapasitas paru-paru akan menurun pada usia 20 hingga 80 tahun sekalipun tanpa penyakit. Paru paru kehilangan elatisitasnya, dada menyusut, dan diafragma melemah. Meskipun begitu, berita baiknya adalah bahwa orang dewasa lanjut dapat memperbaiki fungsi paru paru dengan latihan-latihan memperkuat diafragma.

Seksualitas
Penuaan menyebabkan beberapa perubahan penurunan dalam hal seksualitas manusia, dan terdapat perubahan yang lebih banyak pada laki laki dari pada perempuan. Rubin (Harlock,…) mengatakan bahwa hubungan seksual tidak mungkin berhenti secara otomatis pada usia berapapun. Mereka yang tidak melakukan hubungan seksual pada usia lanjut, biasanya disebabkan oleh penyakit yang diderita pasangannya.

Kesehatan
Semakin tua, kemungkinan terkena beberapa penyakit atau penurunan kondisi tubuh semakin meningkat. Penyakit yang biasanya menyerang usia lanjut adalah radang sendi dan osteoporosis.
Perkembangan Kognitif

Fungsi Kognitif
Perdebatan tentang Penurunan Intelegensi
Isu mengenai penurunan intelektual selama tahun-tahun dewasa merupakan suatu hal yang provokatif. David Weschler (1972), yang mengembangkan skala intelegensi Weschler, menyimpulkan bahwa masa dewasa dicirikan dengan penurunan intelektual karena adanya proses penuaan yang dialami setiap orang. Namun, menurut Horn (1980) ada beberapa kemampuan yang menurun (kecerdasan yang mengalir) sementara kemampuan lainnya tidak (kecerdasan yang mengkristal)

Kecepatan Memproses, Mengingat, Dan Memecahkan Masalah
Sekarang telah diterima secara luas bahwa kecepatan memproses informasi mengalami penurunan pada masa dewasa akhir. Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa orang-orang dewasa lanjut kurang mampu mengeluarkan kembali informasi yang telah disimpan dalam ingatannya dan secara efektif menggunakan imajinasi mentalnya di dalam ingatan.

Meskipun kecepatan memproses informasi kita secara pelan-pelan menurun pada masa dewasa akhir, namun terdapat variasi individual di dalam kecakapan ini. Dan ketika penurunan itu terjadi, hal ini tidak secara jelas menunjukkan pengaruhnya terhadap kehidupan kita di dalam beberapa segi yang substansial.
Penggantian pengalaman mungkin bisa menjelaskan bagaimana orang-orang yang lebih tua mempertahankan keterampilan-keterampilan mereka pada beberapa wilayah-wilayah kognitif, diantaranya ingatan dan pemecahan masalah. Jika kita mengamati ingatan dan pemecahan masalah di dalam dunia nyata, kita mungkin menemukan sedikit penurunan pada masa dewasa akhir.

Pendidikan, Pekerjaan, dan Kesehatan
Pendidikan, pekerjaan, dan kesehatan adalah tiga komponen yang paling berpengaruh dalam fungsi kognitif dari orang-orang dewasa lanjut. Pada saat ini mereka telah memperoleh pendidikan yang lebih baik. Pendidikan memiliki korelasi positif dengan skor-skor pada tes-tes intelegensi. Orang-orang dewasa lanjut mungkin melanjutkan pendidikan untuk sejumlah alasan.
Pengalaman kerja menekankan pada orientasi kognitif. Peningkatan penekanan pada proses informasi di dalam pekerjaannya mungkin mempertinggi kecakapan intelektual individu. Sedangkan, kesehatan yang buruk berkaitan dengan tes-tes intelegensi pada masa dewasa akhir. Olahraga terkait dengan perbaikan fungsi kognitif diantara orang-rang dewasa usia lanjut.

Fase Penurunan
Hipotesis fase penurunan (terminal drop hypotesis), yang menyatakan bahwa kematian didahului oleh suatu pengurangan fungsi kognitif kira-kira pada suatu periode 5 tahun pertama sebelum kematian. Jadi jarak dari kematian pada suatu populasi yang kemudian meninggal seharusnya berkorelasi dengan kemampuan pada tes-tes fungsi kognitif yang diberikan pada mereka sepanjang periode kritis 5 tahun.
Pada penelitian-penelitian yang membandingkan orang-orang dewasa lanjut dan dewasa muda yang mungkin berada pada periode 5 tahun dari kematiannya. Penyakit-penyakit kronis yang dialami orang-orang dewasa lanjut ini mungkin dapat menurunkan motivasi, kewaspadaan serta energi untuk menunjukkan kompetensi mereka ketika menjalankan tes fungsi kognitif.

Kebijaksanaan
Kebijaksanaan merupakan pengetahuan seseorang ahli mengenai aspek-aspek praktis dari kehidupan yang memungkinkan munculnya keputusan yang bermutu mengenai hal-hal yang penting dalam kehidupan. Satu aspek dari kebijaksanaan yang terlihat meningkat saat orang beranjak tua adalah ia menjadi lebih fleksibel di dalam mengubah dan mengakomodasi tujuan-tujuan hidup terhadap keadaan kehidupan yang baru dan kondisi-kondisi pribadi yang baru (Brandstadter & Renner, 1990). Orang-orang dewasa lanjut seperti halnya mereka yang lebih muda lebih cenderung mencari kepuasan dari pada mencari kesenangan yang sukar diperoleh (Dittman-Kohli,1992)

Penalaran Mekanik Dan Penalaran Pragmatis
Penalaran mekanik merupakan perangkat keras dari pikiran dan merefleksikan rancangan neurofisiologis dari otak yang berkembang secara evolutif. Pada tingkat operasional, penalaran kognitif melibatkan kecepatan dan ketepatan memproses, termasuk masukan sensoris, ingatan visual dan motorik, pembedaan, perbandingan, dan pengkategorisasian. Karena pengaruh yang kuat dari faktor biologis, hereditas, dan kesehatan pada penalaran mekanik, maka penurunan penalaran mekanik menjadi mungkin seiring dengan proses penuaan.

Sebaliknya penalaran pragmatis (cognitive pragmatis) merujuk pada dasar kultural ”perangkat lunak” dari pikiran. Pada tingkat operasional, penalran pragmatis termasuk keterampilan membaca, menulis, berbahasa, kualifikasi pendidikan, keterampilan-ketrampilan profesional, dan juga tipe-tipe pengetahuan mengenai diri dan keterampilan-ketrampilan hidup yang membantu kita untuk menguasai dan mengatasi kehidupan.
Karena pengaruh yang kuat dari kebudayaan, terhadap penalaran pragmatis maka peningkatan penalaran pragmatis pada usia lanjut menjadi mungkin. Penalaran ini akan tetap meningkat pada usia lanjut meskipun dengan adanya penurunan pada penalaran mekanik.

Pekerjaan dan Pensiun
Pekerjaan
Pria lanjut usia biasanya lebih tertarik pada jenis pekerjaan yang statis daripada pekerjaan yang bersifat menantang,. Akibatnya, mereka lebih puas pada pekerjaannya daripada orang yang lebih muda. Beberapa orang tetap mempertahankan produktivitasnya sepanjang kehidupannya. Orang-orang dewasa lanjut ini mungkin mengikuti agenda pekerjaan yang melelahkan bagi pekerja yang lebih muda.

Pensiun
Robert Atchley (1976) menggambarkan 7 fase pensiun yaitu:
– Fase jauh (remote). Kebanyakan individu melakukan sesuatu untuk mempersiapkan fase pensiun
– Fase dekat (near), pekerja mulai berpartisipasi dalam program pra-pensiun
– Fase bulan madu, mereka melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya dan menikmati aktivitas dengan waktu luang yang lebih banyak.
– Fase kecewa, orang berusia lanjut menyadari bahwa bayangan pra-pensiun mereka tentang fase pensiun tidak realistis.
– Fase reoreientasi, mulai mengembangkan alternatif kehidupan yang lebih realistis
– Fase stabil, sudah memutuskan apa yang mereka pilih dan bagaimana menjalani pilihan tersebut.
– Fase akhir, peran mereka sudah bergantung karena mereka sudah tidak dapat berfungsi secara mandiri.

Kesehatan Mental
Keseahtan mental tidak hanya dilihat dari ketidakhadiran gangguan-gangguan mental, berbagai kesulitan dan frustasi, tetapi juga merefleksikan kemampuan seseorang untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan dengan cara efektif dan memuaskan.

Depresi
Depresi yang dimaksud adalah suatu gangguan suasana hati dimana individu merasa sangat tidak bahagia., kehilangan semangat, dan bosan. Orang yang menderita depresi seperti ini mudah kehilangan stamina, tidak merasa sehat, nafsu makan kurang, lesu, dan kurang bergairah.

Kecemasan
Gangguan kecemasan adalah gangguan psikologis yang dicirikan dengan ketegangan motorik (seperti gelisah dan gemetar), hiperaktivitas (pusing, jantung berdebar, atau berkeringat), dan pikiran yang mencemaskan. Penelitian membuktikan bahwa orang usia lanjut memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan kecemasan daripada depresi (George dkk, 1988)
Perkembangan Sosio-Emosional

Fase Akhir Erikson
Erik Erikson (1968) memandang tahun-tahun akhir kehidupan merupakan suatu masa untuk melihat kembali apa yang telah kita lakukan dengan kehidupan kita. Menurut teori perkembangan psikososial Erikson, periode dewasa akhir seharusnya telah mencapai integritasnya. Integritas disini diartikan sebagai satu tahap dimana individu yang berada pada periode dewasa akhir merasakan dan mengalami kepuasan dalam menjalani kehidupannya. Jika usia lanjut tidak dapat mencapai integritas maka akan merasakan keputusasaan, penyesalan terhadap apa yang ia perbuat atau yang tidak dapat diperbuat selama hidupnya sehingga merasa takut menghadapi kematian.
Stereotipe pada Orang Usia Lanjut
Orang berusia lanjut mungkin tidak dipekerjakan untuk pekerjaan yang baru atau dikeluarkan dari pekerjaan yang lama karena dianggap terlalu kaku. Mereka mungkin ditolak secara sosial, karena dipandang sudah pikun dan membosankan. Orang usia lanjut mungkin disingkirkan dari kehidupan keluarga karena dipandang sebagai sosok yang sakit dan parasit. Persepsi-persepsi ini memang sangat tidak berkeprimanusiaan, tetapi seringkali terjadi secara nyata dan menyakitkan.

Kepuasan Hidup
Kepuasan hidup adalah kesejahteraan psikologis secara umum atau kepuasan terhadap kehidupan secara keseluruhan. Kepuasan hidup mempengaruhi kesejahteraan psikologis pada orang dewasa lanjut. Pendapatan, kesehatan, suatu gaya hidup yang aktif, serta jaringan pertemanan dan keluarga menjadi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan hidup pada usia lanjut.

Partisipasi Sosial
Dengan makin bertambahnya usia seseorang, maka partisipasi sosialnya semakin berkurang dan cakupannya juga menyempit. Terdapat banyak alasan mengapa partisipasi seseorang dalam kegiatan sosial menurun sejalan dengan bertambahnya usia. Alasan kesehatan menurun, yang secara umum biasa digunakan alasan pokok.
Kerawanan Sosial (social hazard)
Ada beberapa kerawanan yang khas pada usia lanjut yaitu :
• Menerima adanya stereotipe tentang usia lanjut yang diberikan masyarakat. Hal ini membuat para orang usia lanjut merasa inferior.
• Perasaan tak berdaya dan inferior yang disebabkan oleh perubahan fisik dan penurunan daya tarik maupun karena perasaan ditolak oleh masyarakat.
• Tidak mau melepaskan atau mengganti gaya hidup yang lama.
• Menyadari bahwa mereka mulai menjadi pelupa, sulit mempelajari hal-hal baru lalu menarik diri dari aktifitas-aktifitas yang bersifat kompetitif.
• Perasaan bersalah karena tidak menyumbangkan tenaga lagi bagi masyarakat.
• Pendapatan yang berkurang mengurangi kesempatan untuk kegiatan-kegiatan diwaktu luang.
• Kurangnya kontak sosial karena kesehatan yang tidak memungkinkan atau keadaan finansial yang terbatas.

PERSPEKTIF ISLAM
Fase lanjut usia yang dalam islam disebut arzal al-‘umr atau disebut juga syuyukh, yang berarti fase ketika melewati masa puncak kekuatan fisik lalu menurun kembali menjadi tidak berdaya. Pada fase ini pula ditandai dengan menurunnya kemampuan memori sehingga tak mampu lagi mengingat secara baik berbagai informasi yang ernah diperoleh dan disimpan sebelumnya.

Tugas perkembangan menurut pandangan Islam:
1. Terinternalisasi sifat-sifat rasul yang agung, sebab Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul ketika usianya menginjak 40 tahun. Sifat-sifat yang dimaksud seperti jujur, dapat dipercaya, menyampaikan kebenaran, dan memiliki kecerdasan spiritual.
2. Meningkatkan kesadaran akan peran sosial dengan niatan amal salih.
3. Meningkatkan ketakwaan dan kedekatan kepada Allah SWT, melalui perluasan diri dengan mengamalkan ibadah-ibadah sunnah.
4. Mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi kematian.
Pada fase ini, seseorang terkadang tidak mampu mengaktualisasikan potensinya, bahkan kesadarannya menurun atau bahkan menghilang. Kondisi ini disebabkan oleh menuanya syaraf-syaraf dan organ-organ tubuh lainnya, sehingga terjadilah kepikunan (al-haram).ketika orang berusia lanjut mengalami kepikunan maka ia terbebas dari tuntutan agama seperti shalat, puasa, dan ibadah-ibadah lain.

Kesimpulan
Ada pebedaan perubahan individual yang menonjol sebagai akibat dari usia lanjut, dengan penuaan yang bersifat fisik mendahului penuaan psikologis yang merupakan kejadian yang bersifat umum. Perubahan fisik termasuk perubahan dalam penampilan, perubahan yang berada pada sistem organ dalam, perubahan dalam fungsi psikologis, perubahan pada sistem syaraf, perubahan penampilan, dan kemampuan seksual. Perubahan yang bersifat sangat umum terhadap kemampuan motorik, termasuk perubahan kekuatan fisik dan kecepatan dalam bergerak, bertambahnya waktu yang diperlukan untuk belajar keterampilan, konsep dan prinsip baru, dan ada kecenderungan sikapnya canggung dan kikuk. Sementara itu banyak hal- hal yang menyebabkan perubahan kemampuan mental, kurangnya rangsangan lingkungan dan kurang motivasi terhadap kesadaran mental yang ada untuk membedakan kondisi yang paling bersifat umum dan paling serius.

10.Coba Lihat ke Dalam Diri Anda… Cari, Temukan itu, dan Dobrak dengan ACTION!;
Apakah di antara anda ada yang pernah bertanya mengapa ada orang kaya dan orang miskin? Apakah seseorang menjadi kaya karena ditakdirkan kaya? Atau apakah kekayaan itu hanya merupakan hak orang-orang pintar?
Kalau hanya orang pintar yang berhak kaya, maka seharusnya Albert Einstein menjadi orang paling kaya di zamannya. Namun nyatanya tidak. Setahu saya, lewat film yang pernah saya tonton, kehidupan Einstein justru tergolong menyedihkan untuk orang jenius seperti dia.
Mungkin kalau anda juga mau perhatikan di sekeliling anda, banyak orang yang anda rasa tidak lebih pandai dari anda namun kehidupannya lebih baik dibandingkan anda. Ada juga yang dulunya mungkin lebih tidak punya apa-apa dibandingkan anda, namun sekarang sudah melampaui anda
Mengapa bisa demikian?
Stop, jangan terburu-buru menyalahkan Tuhan tidak adil atau menyemburkan hal-hal negatif lainnya.
Yang perlu anda lakukan adalah melihat ke dalam diri anda apakah ada yang memang belum beres sehingga kehidupan anda tidak kunjung berubah.

Seperti apa itu misalnya Pak WeB?
Mungkin ada keyakinan yang salah yang menghalangi perubahan hidup anda. Atau mungkin juga ada alasan yang membuat anda “nyaman” dan membenarkan kondisi yang anda alami sekarang ini
Coba lihat ke dalam diri anda… cari dan temukan itu.
Ketika anda sudah tahu apakah hal di dalam diri anda yang menghalangi perubahan hidup anda, bebaskan diri anda dari hal tersebut.

Berikutnya, yakinlah bahwa siapa pun anda, apapun latar belakang anda, bagaimanapun keadaan anda sekarang, anda juga berhak sukses seperti orang-orang lain di luar sana. Dan tidak ada yang bisa menghalangi anda untuk meraihnya. Tidak ada yang bisa menghalangi anda untuk SUKSES.
Semuanya sekarang bergantung pada anda.
Tidak ada yang paling peduli terhadap kesuksesan anda kecuali anda sendiri. Tidak ada yang mau bekerja sangat keras demi sukses anda kecuali anda sendiri.

Tentu anda tetap perlu menjalin kerjasama dan terus belajar. Dan itu hanya mungkin bila anda mau investasi waktu, tenaga, dan dana pada hal yang anda percayai akan menjadi pintu pembuka pengubah kehidupan anda selanjutnya.
Sukses bukan cuma untuk anda sendiri. Tapi juga untuk keluarga anda, anak anda, dan orang-orang yang anda cintai.
Temukan dimana passion anda yang membuat anda bersemangat tiap bangun pagi untuk melakukannya lagi, lagi, dan lagi… sehingga anda tetap akan bersemangat melakukan hal itu saat ini dan sampai bertahun-tahun mendatang… dan bahkan meski orang-orang di sekeliling anda meragukan apa yang anda lakukan, anda akan tetap melakukannnya dengan yakin dan penuh kesungguhan.
Temukan apa yang menjadi penghambat keberhasilan anda dan dobrak sekarang dengan action!

Semoga Kata MOTIVASI dan Inspirasi diatas Dapat dan bisa bermanfaat bagi semuanya tanpa terkecuali. Tetap semangat tiap hari di tempatnya masing2x. Dan…… Salam ACTION! KANTI TEGUH RAHAYU SLAMET dari Saya: Wong edan Bagu/Djaka Tolos…..